Hubungan Motivasi Usaha Dengan Keberhasilan Usaha Pada UMKM Cirengcageur Group Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaaktiva.v3i2.626Kata Kunci:
motivasi usaha, keberhasilan usaha, usaha mikro kecil menengahAbstrak
Usaha Kecil Menengah (UMKM) merupakan suatu unit usaha yang berfungsi sebagai katup pengaman, baik dalam menyediakan alternatif kegiatan usaha produktif, alternatif penyaluran kredit, maupun dalam hal penyerapan tenaga kerja. Dalam mengukur keberhasilan usaha tentunya dibuktikan oleh adanya ide-ide inovatif yang dapat membantu memotivasi keberhasilan usaha. Motivasi usaha juga menjadi pendorong keberhasilan usaha, sehingga dalam berwirausaha seseorang akan termotivasi untuk mendapatkan keuntungan berupa laba, peluang usaha, dan kemandirian untuk mengendalikan nasib usahanya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi hubungan motivasi usaha dengan keberhasilan usaha baik secara simultan maupun parsial pada Usaha Kecil Mikro Menengah Cireng Cageur Group Kota Bogor. Kuesioner didistribusikan kepada 35 pelaku usaha yang diambil dengan Teknik Nonprobability Sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan asosiatif. Hasil penelitian ini menunjukan korelasi atau hubungan dari variable independent yaitu motivasi usaha dengan variable dependen yaitu keberhasilan usaha memiliki korelasi yang kuat dan positif (0,60 – 0,799). Artinya semakin tinggi motivasi usaha maka semakin baik keberhasilan usaha.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Chintia, Dwi Gemina, Tini Kartini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.