Penerapan Sistem Akuntansi dalam Meningkatkan Akuntabilitas Keuangan: Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaaktiva.v5i2.1434Kata Kunci:
Akuntansi Sektor Publik, Mts Negeri, Sistem Akuntansi, Transparansi, Akuntabilitas., Akuntansi Sektor Publik, Mts Negeri, Sistem Akuntansi, Transparansi, AkuntabilitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem akuntansi pada MTs Negeri 7 Kediri sebagai institusi pendidikan negeri yang memerlukan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen keuangan yang meliputi proses pencatatan transaksi, penyusunan laporan keuangan, sistem pengendalian internal, serta kepatuhan terhadap Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Negeri 7 Kediri telah menerapkan sistem akuntansi sesuai dengan SAP yang meliputi pencatatan transaksi keuangan secara sistematis, penyusunan laporan realisasi anggaran, laporan neraca, dan laporan arus kas dengan menggunakan basis kas untuk pengakuan pendapatan dan belanja yang didukung oleh aplikasi sistem informasi Manajemen keuangan. Namun terdapat beberapa kendala yaitu keterbatasan sumber daya manusia yang memahami akuntansi sektor publik, perlunya peningkatan kompetensi teknologi informasi, dan koordinasi antar unit kerja yang perlu diperkuat. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi tenaga administrasi keuangan, optimalisasi sistem informasi Manajemen keuangan, dan penguatan sistem pengendalian internal untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan guna mendukung akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan publik di lingkungan pendidikan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 nurafifah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


