Dampak Artificial Intelligence (AI) terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang

Authors

  • Elisa Ramadani Universitas Negeri Padang
  • Desriyeni Desriyeni Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.950

Keywords:

Kecerdasan buatan, proses pembelajaran, mahasiswa, Perpustakaan dan Ilmu Informas, Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Artificial Intelligence (AI) terhadap proses pembelajaran mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 78 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik probability sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Artificial Intelligence (AI) memberikan dampak positif yang signifikan terhadap efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran mahasiswa. Hal ini tercermin melalui peningkatan kemampuan mahasiswa dalam mengakses informasi, menyusun tugas akademik, serta menyesuaikan gaya belajar secara lebih personal dan interaktif. Temuan analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa variabel Artificial Intelligence (AI) berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,584. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sangat direkomendasikan sebagai pendukung utama dalam proses pembelajaran mahasiswa, khususnya di era digital saat ini.

Kata kunci: Artificial Intelligence, proses pembelajaran, mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahmahafida, N. I., & Sinag, W. B. (2022). Analisis Problematika Lukisan Ciptaan Artificial Intelligence Menurut Undang-Undang Hak Cipta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9688–9696.

Wijaya, J., Kennedy, W., Zhang, H. Y., Hafsa, Z. S., & Vincent, V. (2023). Dampak Extra Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kota Batam. SEIKO?: Journal of Management & Business, 6(2), 2023–2228.

Aryasa, K. B., & Ahmadjayadi, C. (2023). AINOMICS Economics Artificial Intelligence. PT Elex Media Komputindo.

Sukmayadi, T., Maarif, M., Fitri, H. R., Dewi, A. K., Merkuri, Y. G., & Haryanti, A. N. (2024). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Literasi Kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 245–256.

Hasni, Batusalu, E., & Kambira, J. (2023). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja, 1–13.

Lutfi, A. M. (2024). Analisis Dampak Teknologi Artifivial Intellegence AI terhadap Kualitas Pembelajaran Matematika. ????, 15(1), 37–48.

Published

2025-05-18

How to Cite

Ramadani, E., & Desriyeni, D. (2025). Dampak Artificial Intelligence (AI) terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 5(1), 89–93. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.950