Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kualitas Desain Produk Bagi Usaha Menengah
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakapaket.v3i1.540Kata Kunci:
Desain Produk, Usaha Menengah, Inovasi, Canva, Pelatihan DesainAbstrak
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas desain produk bagi usaha menengah melalui pemanfaatan aplikasi Canva. Peserta pelatihan diberikan pemahaman mendalam tentang antarmuka dan fitur dasar Canva, serta diajak untuk mengembangkan kemampuan desain mereka. Fokus utama adalah penerapan identitas merek ke dalam desain produk, menciptakan konsistensi visual yang mendukung citra merek. Melalui pendekatan praktis dan studi kasus, peserta diajak untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam penggunaan elemen desain serta memahami pentingnya desain produk dalam mempengaruhi persepsi pelanggan. Diskusi antara peserta juga menjadi bagian integral dari pembelajaran, memfasilitasi pertukaran pengalaman dan umpan balik untuk mencapai hasil yang optimal. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas desain produk dan daya saing usaha menengah di pasar yang semakin kompetitif.
Referensi
V. Sofica, A. Fauzi, A. Mukhayaroh, and M. H. Fakhriza, “Pelatihan Desain Foto Produk UMKM Menggunakan Aplikasi Canva Pada PKK Papan Mas Bekasi,” vol. 4, no. 1, pp. 47–56, 2024.
S. Saputra and A. Mulyadi, “Jurnal of Community Development in Islamic Studies Fakultas Agama Islam – Universitas Islam 45 PELATIHAN TEKNIK SIMAK ULANG UCAP,” no. April, pp. 8–13, 2023.
Sulastri, Chichi Andriani, and Yuki Fitria, “Pkm Pengembangan Kampung Entrepreneur Berbasis Digital Marketing Sebagai Media Promosi Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang,” J. Community Serv., vol. 2, no. 2, pp. 133–142, 2020, doi: 10.56670/jcs.v2i2.43.
P. Dan and U. Mikro, “PROMOSI DI MEDIA Abstrak,” vol. 02, no. November, pp. 469–475, 2023.
T. Setiawan and F. H. A. Putro, “Pemanfaatan Gaphics Designer Software Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk Umkm Di Cepogo Boyolali,” J. Ekon. Sos. Hum., vol. 2, no. 12, pp. 53–56, 2021, [Online]. Available: https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/530
B. Zaman, P. T. Pungksanti, and S. Handayani, “Peningkatan Kemampuan Pembuatan Materi Iklan Produk UMKM Desa Truko Kendal Menggunakan Canva,” Tematik, vol. 4, no. 2, pp. 232–237, 2023.
L. Sari, J. Then, and H. Felisa, “Marketplace Sebagai Platform Penjualan Kepada Kelompok Usaha Gollu Rade,” vol. 5, pp. 1–9, 2022.
W. R. Adawiyah, E. Tajib, and A. Haq, “Kreatif dan Berdaya Saing?: Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Berwirausaha,” vol. 2, no. 1, pp. 61–66, 2023.
A. Karim and D. Asrani, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ),” vol. 4, no. 3, pp. 279–285, 2024, doi: 10.47065/jpm.v4i3.1582.
N. U. Putri, “Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Masyarakat Dan Staf Pemerintahan Desa Sidosari Lampung Selatan,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 1, p. 63, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i1.1769.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pustaka Paket (Pusat Akses Kajian Pengabdian Komputer dan Teknik)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.