Peningkatan Infrastruktur Digital: Pendampingan Aktivasi Layanan Internet di SMAN 3 Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakapaket.v4i2.1269Kata Kunci:
infrastruktur digital, layanan internet, pendampingan teknologi, transformasi digital , sekolah, literasi digitalAbstrak
Kegiatan Pendampingan Aktivasi Layanan Internet di SMAN 3 Payakumbuh merupakan bagian dari upaya peningkatan infrastruktur digital di lingkungan pendidikan guna mendukung proses pembelajaran yang lebih modern, inklusif, dan berbasis teknologi. Dalam kegiatan ini, dilakukan serangkaian pendampingan teknis dan edukatif untuk memastikan layanan internet yang tersedia dapat diakses dan dimanfaatkan secara optimal oleh pihak sekolah, baik oleh tenaga pendidik maupun peserta didik. Pendampingan mencakup pengecekan instalasi jaringan, konfigurasi perangkat keras dan lunak, serta pelatihan dasar pemanfaatan internet untuk kegiatan belajar mengajar. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa aktivasi layanan internet berjalan lancar dan mendapat respon positif dari warga sekolah. Melalui pendampingan ini, diharapkan SMAN 3 Payakumbuh dapat mengakselerasi transformasi digital sekolah secara berkelanjutan dan mampu mengintegrasikan teknologi informasi dalam setiap aspek kegiatan pendidikan
Referensi
H. Aliyah and S. Masyithoh, “Tinjauan Literatur: Peran Teknologi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah,” J. Teknol. Pendidik. Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2023.
M. R. A. Pradana, “Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efektivitas Manajemen Pendidikan di Sekolah,” J. Rev. Pendidik. Pengajaran, vol. 7, no. 3, pp. 123–130, 2023.
R. Firmansyah et al., “Digitalisasi Sekolah sebagai Metode Pembelajaran di Era Pendidikan 4.0,” J. Sos. Humaniora dan Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 49–55, 2023
D. H. F. Astuti et al., “Perencanaan Strategik Berbasis Teknologi dalam Era Pendidikan Digital,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 9, no. 4, pp. 150–160, 2024
L. Maryani et al., “Strengthening School Management with Digital Education Technology to Improve the Quality of Educational Output,” Indones. J. Educ. Res. Rev., vol. 6, no. 2, pp. 446–465, 2023
D. C. Aini et al., “Pendampingan Edukasi Penggunaan Internet yang Efektif di Desa Margodadi,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 3, no. 4, pp. 461–470, 2023
A. Salim et al., “Peran Manajemen Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan di Era Disrupsi,” J. Educ. Res., vol. 4, no. 3, pp. 1290–1297, 2023
A. Fattah et al., “Peningkatan Pengetahuan Literasi Digital di Kalangan SMK melalui Program Gerakan Literasi Digital,” J. Pengabdi. Masy. Riset Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 25–35, 2023
D. E. Subroto et al., “Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang,” J. Pendidik. West Sci., vol. 1, no. 7, pp. 473–480, 2023
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020–2035. Jakarta: Kemdikbudristek, 2021
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Reski Yulian Fauzan, Muhammad Reyan Dirul Adha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.