Optimalisasi Pembelajaran Sistem Proteksi Tenaga Listrik melalui Pelatihan Simulasi Teknikal di Politeknik Negeri Padang

Penulis

  • R. Reski Eka Putra Politeknik Negeri Padang
  • Muhammad Rivaldi Harjian Universitas Mataram
  • Fadhel Putra Winarta Politeknik Negeri Padang
  • Ricky Wahyudi Politeknik Negeri Padang
  • Muhammad Fahreza Politeknik Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakapaket.v4i2.1240

Kata Kunci:

case-based learning, ETAP simulation, protection system, vocational education

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Program Studi D3 Teknik Listrik Politeknik Negeri Padang dalam memahami dan menganalisis sistem proteksi tenaga listrik melalui pelatihan intensif perangkat lunak Electrical Transient Analyzer Program (ETAP). Tantangan yang dihadapi mahasiswa adalah terbatasnya keterampilan praktis dalam menggunakan perangkat lunak simulasi kelistrikan sebagai penunjang pembelajaran mata kuliah sistem proteksi. Pelatihan dilaksanakan dalam enam sesi pertemuan tatap muka dengan total durasi 12 jam pelajaran (JP). Metode pelatihan mengadopsi pendekatan berbasis studi kasus, dengan sistem distribusi 20 kV sebagai contoh penerapan. Materi pelatihan mencakup simulasi arus hubung singkat dan koordinasi proteksi. Evaluasi dilakukan melalui pretestposttest dan kuesioner kepuasan. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman konsep sistem proteksi sebesar 35,1% berdasarkan nilai posttest, dan 81,8% peserta mampu membangun model sistem distribusi lengkap di ETAP. Keberhasilan kegiatan juga ditunjukkan melalui antusiasme peserta dan telah menghasilkan modul praktikum berbasis ETAP yang siap digunakan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model berkelanjutan dalam mendukung capaian pembelajaran berbasis keterampilan praktik melalui integrasi teknologi dalam proses pendidikan vokasi.

Referensi

World Economic Forum, “Future of Jobs Report 2025,” Geneva, 2025.

C. Terron-Santiago, J. Burriel-Valencia, J. Martinez-Roman, and A. Sapena-Bano, “An Active Approach for Teaching and Learning Electrical Technology,” Knowledge, vol. 4, no. 2, pp. 194–212, Apr. 2024, doi: 10.3390/knowledge4020010.

E. Andreenkov and S. Shunaev, “Application of Simulation Modeling as a Replacement for Laboratory Practice in Engineering Education,” in 2022 VI International Conference on Information Technologies in Engineering Education (Inforino), Moscow, Russian Federation: IEEE, Apr. 2022, pp. 1–6. doi: 10.1109/Inforino53888.2022.9782940.

A. Arizaldi, S. Salahuddin, M. Muhammad, V. Jain, G. P. Pandey, and M. J. Watane, “Short Circuit Analysis on Distribution Network 20 kV Using Etap Software,” Journal of Renewable Energy, Electrical, and Computer Engineering, vol. 1, no. 2, pp. 49–57, Sep. 2021, doi: 10.29103/jreece.v1i2.5232.

N. Bouchikhi et al., “Optimal distributed generation placement and sizing using modified grey wolf optimization and ETAP for power system performance enhancement and protection adaptation,” Sci Rep, vol. 15, no. 1, p. 13919, Apr. 2025, doi: 10.1038/s41598-025-98012-0.

IEEE Std 242-2001: Recommended Practice for Protection and Coordination of Industrial and Commercial Power Systems. New York, USA: IEEE, Inc, 2001. doi: 10.1109/IEEESTD.2001.93369.

S. Tauladan, H. Novia Syamsir, and M. Sahar, “Pelatihan Electrical Transient Analysis Program Software (ETAP) Mendukung Program Teaching Factory (TEFA) pada Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” BATOBO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 02, no. 02, pp. 111–118, 2024, doi: https://doi.org/10.31258/batobo.2.2.111-118.

A. Junaidi and R. Rahmaniar, “Effectiveness of Learning Electric Power System Transmission using Higher Other Thinking Skill based Simulation,” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 14, no. 3, pp. 4105–4116, Aug. 2022, doi: 10.35445/alishlah.v14i3.1227.

L. M. Hayusman, T. Hidayat, C. Saleh, I. M. Wartana, and T. Herbasuki, “Pelatihan Software ETAP (Electrical Transient Analyzer Program) Bagi Siswa dan Guru SMK Nasional Malang,” Industri Inovatif?: Jurnal Teknik Industri, vol. 7, no. 1, pp. 7–11, 2017.

K. Karsiyem, “Workshop Mampu Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Implementasi Blended Learning,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 2, pp. 354–362, Mar. 2023, doi: 10.51169/ideguru.v8i2.572.

Knowledge Innovation Centre, “Guide to Design, Issue and Recognise Micro-Credentials,” Turin, Italy, 2022.

S. Nyström and S. Ahn, “Teaching with simulators in vocational education and training – From a storing place to a new colleague,” Teach Teach Educ, vol. 138, pp. 1–7, Feb. 2024, doi: 10.1016/j.tate.2023.104409.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

R. Reski Eka Putra, Muhammad Rivaldi Harjian, Fadhel Putra Winarta, ricky wahyudi, & Muhammad Fahreza. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Sistem Proteksi Tenaga Listrik melalui Pelatihan Simulasi Teknikal di Politeknik Negeri Padang. Jurnal Pustaka Paket, 4(2), 1–5. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakapaket.v4i2.1240