Memanfaatkan Budaya Populer sebagai Media untuk Belajar Bahasa Inggris di Kalangan Pelajar
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i6.806Kata Kunci:
budaya populer, produk budaya populer, pembelajaran Bahasa Inggris, kemampuan berbahasaAbstrak
Pembahasa tentang produk budaya populer untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris bagi para pelajar menjadi penting karena ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan wawasan atau pengetahuan mengenai teknik belajar Bahasa Inggris. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan agar para pengajar di Yayasan Winfield dapat dibekali cara atau metode yang menarik dengan memanfaatkan produk budaya populer seperti film, video, lagu, TV seri atau novel yang diminati anak-anak muda untuk melatih kemampuan berbahasa dan pengembangan kosakata dalam Bahasa Inggris. Penggunaan media produk budaya populer dapat dikatakan efektif karena menarik dan digemari oleh pelajar. Kegiatan PKM yang dirancang dalam bentuk online discussion dapat menjadi wadah sharing dan tanya-jawab antar sesama pendidik yang antusias terhadap teknik mengajar dengan media produk budaya populer.
Unduhan
Referensi
Adi, I. R. (2011). Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basri, Z. Z., V. L. Septiyanti, & F. Holisah. (2019). "Peranan Popular Culture dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Menciptakan Autonomous Learner di Abad 21". Jurma: Jurnal Program Mahasiswa Kreatif 3 (1): 49-55.https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/pkm-p/article/view/379.
Liu, Y. & A. M. Y. Lin. (2017). "Popular Culture and Teaching English to Speakers of Other Language (Tesol)". S. Thomas & S. May (Eds.). Language, Education and Technology (Encyclopedia of Language and Education). Switzerland: Springer. http://dx.doi.org/10.1007/978-3-319-02237-6_38.
Messianik, A (2023). "Komodifikasi Budaya Populer di Generasi Z (Studi Kasus Anak Muda Sidoarjo) Popular Culture Commodification On Z Generation (Case Study Sidoarjo’s Young Generation)". Jurnal Dinamika Sosial Budaya 25 (1): 220-223.
http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.4387.
Placer, M. F., A. Calambro, S. Nano, & C. G. Ngo. (2024). "Pop Culture and English Languagr Learning Motivation among AB English Students". International Journal Corner of Educational Research 3(1):39-46. http://dx.doi.org/10.54012/ijcer.v3i1.237.
Ratnawati & L. Angraeni. (2021). "Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu dan Media Audio Visual". Madaniya 2 (1): 79-86. http://dx.doi.org/10.53696/27214834.40.
Ridaryanthi, M. (2014). "Bentuk Budaya Populer dan Komstruksi Perilaku Konsumen Studi terhadap Remaja". Jurnal Visi Komunikasi 13 (1): 87-104.http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v13i1.379.
Rizka, D. I., F. Rianto & L. Indriani. (2023). "Pop Culture in Education: Amusing Way to Enhance Students' Listening Skill". Journal of Language, Literature, and English Teaching
(JULIET) 4(1): 48-56. http://dx.doi.org/10.31629/juliet.v4i1.3942.
Romeo, R. & T. Ryan. (2023). "Popular Culture as an Educative Teaching Tool in the Elementary Classroom". International.Journal Learning and Instruction 5 (2): 51-72.
https://dx.doi.org/10.26418/ijli.v5i2.61429.
Rudy. (2021). "Film Amerika sebagai Media untuk Pendidikan Karakter". Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) 1(2): 118–123.
https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/66.
Rudy, R. (2024). “Hua Mulan” in Chinese Philosophy: A Study of the Disney Film Mulan (2020). IdeBahasa 6 (1): 94-102. https://doi.org/10.37296/idebahasa.v6i1.155.
Simorangkir, I. (2014). "Analyzing American Popular Culture Products To Explore Cultural Values". DEIKSIS 6 (1): 19-31. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v6i01.512.
Singh, A. K. (2022). "A Study of Popular Culture and Its Impact on Youth's Cultural Identity". The Creative Launcher 7 (6): 160-157. https://doi.org/10.53032/tcl.2022.7.6.16.
Storey, J. (2006). Cultural Theory and Popular Culture: An Introduction. Harlow: Pearson Longman.
Sudiran. (2021). "The Development of Pop Culture into English Language Teaching Materials". Journal NX-A Multidisciplinary Peer Reviewed Journal 6 (06): 475-481.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.