Strategi Pustakawan dalam Menghadapi Pemustaka Generasi Z di Perpustakaan Universitas Negeri Padang
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.957Kata Kunci:
strategi pustakawan, generasi Z, perpustakaan perguruan tinggi, layanan informasi, teknologi digitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pustakawan dalam menghadapi pemustaka Generasi Z di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Generasi Z merupakan generasi yang tumbuh di era digital dan memiliki karakteristik yang berbeda dibanding generasi sebelumnya, seperti kecenderungan mengakses informasi secara cepat dan lebih memilih platform digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari kepala perpustakaan dan pustakawan yang memiliki pengalaman dalam melayani pemustaka Generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan menerapkan strategi berdasarkan tiga indikator kompetensi, yaitu: (1) kompetensi manajemen informasi melalui penyediaan layanan digital seperti Sidaring, e-journal, dan e-book; (2) kompetensi interpersonal dengan membangun komunikasi yang ramah, santai, dan interaktif dengan pemustaka; serta (3) kompetensi teknologi informasi dengan memanfaatkan media sosial dan teknologi digital sebagai sarana promosi dan interaksi layanan. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan pemustaka dan mempertahankan eksistensi perpustakaan di era digital.
Unduhan
Referensi
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Indonesia 2023.
Julianti, S. A. (2022). Kompetensi seorang pustakawan dalam menguasai teknologi informasi untuk mengelola perpustakaan digital pada era 4.0. LIBRIA, 14(2).
Mustofa, M. B., Ulvi, S., & Wuryan, S. (2024). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pustakawan dalam Layanan Sirkulasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1).
Rahayu, R., Riski, S., & Juita, V. (2020). Kapabilitas teknologi informasi, kinerja perusahaan dan nilai perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 13(1).
Setiawan, D. (2020). Pengembangan kompetensi pustakawan di era teknologi informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(2).
Wicaksono, Moch. Fikriansyah. (2019). Pengaruh Kompetensi Pustakawan Pelatihan Terhadap Kinerja. Libraria, Vol 7. No. 1.
Zahira, N., & Nasution, M. I. P. (2025). Perbandingan Perilaku Manajemen Informasi Generasi Z dan Millennials di Era Digital. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 2(1). https://doi.org/10.61722/jrme.v2i1.3261
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1). https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.