Pemanfaatan Gemini Artificial Intelligence (AI) sebagai Sarana Pendukung Literasi Informasi bagi Mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Penulis

  • Hanifatus Salmi Addin Universitas Negeri Padang
  • Malta Nelisa Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.956

Kata Kunci:

Artificial Intelligence, Gemini AI, literasi informasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaataan Gemini AI sebagai sarana pendukung literasi media, literasi visual, dan literasi digital. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan pada penelitian ini yaitu 12 orang mahasiswa aktif Departemen Ilmu Informasi dan perpustakaan angkatan 2021-2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Gemini AI sebagai sarana pendukung literasi informasi bagi mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan secara umum sangat membantu proses literasi informasi, baik itu literasi media, literasi visual, dan literasi digital.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, M. K., Ali, A. M., & Hasanah, A. (2024). Efektivitas Fitur Chatgpt, Gemini Dan Claude Ai Dalam Membantu Guru Membuat Bahan Ajar. Indonesian Journal of Science Education and Technology, 4(1), 58–71.

Asari, A.et al. (2023). Literasi Media. Malang: Litnus

Ayuningtyas, G. F., Fahranie, H. K., Muslimah, I., Hadiansyah, S., Elzahra, S., & Setiawan, B. (2024). Pengaruh Penggunaan AI Terhadap Peningkatan Critical Thinking Mahasiswa Teknologi Pendidikan The Influence of Using AI on Improving Critical Thinking in Educational Technology Students. Action Research Journal Indonesia, 6(4), 405–416.

Bawden, D. (2008). Origins and Concepts of Digital Literacy. Shear&Knobel, 17–32. https://www.researchgate.net/publication/291334632

Eisenberg, M., Lowe, C. ., & Spitzer, K. . (2004). Information Literacy: Essential Skills for The Information Age. Connecticut: Libraries Unlimited.

Hildawati et al. (2024). Literasi Digital: Membangun Wawasan Cerdas dalam Era Digital terkini. Bantul: Green Pustaka Indonesia.

Nazarius, A., Saputra, F., Noor Kamala sari, N., & Handrianus Pranatawijaya, V. (2024). Penerapan Gemini Ai Dalam Pembuatan Deskripsi Produk E-Commerce. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 3721–3725.

Nurannisa, S. (2017). Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 48–59.

Prihartono, H. (2024). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk Meningkatkan Literasi Umpan Balik Penulisan Cerpen Menggunakan Gemini. Prosiding Seminar Nasional Keguruan Dan Pendidikan, 1, 140–144.

Putri et al. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, 615–630

Yollanda, F., & Ramona. (2024). Tren Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Pembelajaran Mahasiswa?: Kajian Litaratur. SINTAMA:Jurnal Sistem Informasi, Akuntansi Dan Manajemen, 4(2), 225–234.

Yuni. (2021). Literasi Informasi. Jakarta: Pustaka Taman Ilmu.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Salmi Addin, H., & Nelisa, M. (2025). Pemanfaatan Gemini Artificial Intelligence (AI) sebagai Sarana Pendukung Literasi Informasi bagi Mahasiswa Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 5(1), 101–105. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.956