Dampak Artificial Intelligence (AI) terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.950Kata Kunci:
Kecerdasan buatan, proses pembelajaran, mahasiswa, Perpustakaan dan Ilmu Informas, Universitas Negeri PadangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Artificial Intelligence (AI) terhadap proses pembelajaran mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 78 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik probability sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Artificial Intelligence (AI) memberikan dampak positif yang signifikan terhadap efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran mahasiswa. Hal ini tercermin melalui peningkatan kemampuan mahasiswa dalam mengakses informasi, menyusun tugas akademik, serta menyesuaikan gaya belajar secara lebih personal dan interaktif. Temuan analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa variabel Artificial Intelligence (AI) berpengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,584. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sangat direkomendasikan sebagai pendukung utama dalam proses pembelajaran mahasiswa, khususnya di era digital saat ini.
Kata kunci: Artificial Intelligence, proses pembelajaran, mahasiswa
Unduhan
Referensi
Rahmahafida, N. I., & Sinag, W. B. (2022). Analisis Problematika Lukisan Ciptaan Artificial Intelligence Menurut Undang-Undang Hak Cipta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9688–9696.
Wijaya, J., Kennedy, W., Zhang, H. Y., Hafsa, Z. S., & Vincent, V. (2023). Dampak Extra Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kota Batam. SEIKO?: Journal of Management & Business, 6(2), 2023–2228.
Aryasa, K. B., & Ahmadjayadi, C. (2023). AINOMICS Economics Artificial Intelligence. PT Elex Media Komputindo.
Sukmayadi, T., Maarif, M., Fitri, H. R., Dewi, A. K., Merkuri, Y. G., & Haryanti, A. N. (2024). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Literasi Kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 245–256.
Hasni, Batusalu, E., & Kambira, J. (2023). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja, 1–13.
Lutfi, A. M. (2024). Analisis Dampak Teknologi Artifivial Intellegence AI terhadap Kualitas Pembelajaran Matematika. ????, 15(1), 37–48.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.