Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Pengembalian Buku Di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat

Penulis

  • Fanisa Amelita Zahra universitas negeri padang
  • Rini Asmara Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.944

Kata Kunci:

kepuasan pemustaka, layanan pengembalian buku, kualitas layanan perpustakaan, pemustaka, perpustakaan umum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pemustaka terhadap layanan pengembalian buku di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan teori Libqual dan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang pemustaka yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pemustaka merasa puas terhadap layanan pengembalian buku, terutama pada aspek kesopanan petugas, prosedur pengembalian, kejelasan sanksi, kecepatan layanan, dan sarana prasarana. Namun demikian, terdapat beberapa aspek yang masih perlu ditingkatkan untuk lebih mengoptimalkan kualitas layanan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak instansi dalam upaya meningkatkan mutu layanan perpustakaan, khususnya pada proses pengembalian buku.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, R. A. (2019).Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan Digital dalam menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0.

Khoirunissa, N. R., Erwina, W., & Rohman, A. S. (2023). Survei Kepuasan Pengguna terhadap Kualitas Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 8(2), 334. https://doi.org/10.30829/jipi.v8i2.15989

Pratiwi Febriani. (2022). Persepsi Pemustaka terhadap layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Universitas Hasanuddin Fakultas Teknik Gowa.

Oktafiani, R. (2024). Pelaksanaan Pelayanan Sirkulasi dalam Peningkatan Literasi Mahasiswa Perpustakaan Induk UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439.

Amal, E. (2019). Analisis Pelayanan Perpustakaan Pada Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sigi.

Hartini, E., & Hanum, A. N. L. (2018). Manajemen Layanan Sirkulasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(5)

Muzakkiyah, Iftakh. 2021. Pengaruh Tata Ruang dan Fasilitas Perpustakaan terhadap Kenyamanan Pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Malang. Skripsi Sarjana, Universitas Brawijaya. https://repository.ub.ac.id/id/eprint/189683/

Nur Amalia, O., & Christiani, L. (2020).Analisis tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan Perpustakaan dengan Metode Libqual+TM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Amelita Zahra, F., & Asmara, R. (2025). Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Pengembalian Buku Di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 5(1), 64–70. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.944