Analisis Kesetiaan Pelanggan pada Penjualan Filter Rokok di CV. Karunia Abadi dengan Metode K-Means

Penulis

  • Aditya Wisnu Pangarso Universitas Nadhlatul Ulama Sidoarjo
  • Neny Kurniati
  • Arda Surya Editya

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.932

Kata Kunci:

data mining,, filter rokok,, k-means,, loyalitas pelanggan,, segmentasi pelanggan,, sum of squared errors,

Abstrak

Peningkatan persaingan dalam industri rokok mendorong distributor untuk memahami perilaku pelanggan guna mempertahankan loyalitas mereka. Kesetiaan pelanggan menjadi faktor kunci dalam keberlangsungan bisnis, terutama bagi CV. Karunia Abadi sebagai distributor filter rokok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesetiaan pelanggan terhadap penjualan filter rokok menggunakan metode K-Means Clustering. Data yang digunakan mencakup frekuensi pembelian dan jumlah transaksi pelanggan dalam periode tertentu. Setelah melalui tahap preprocessing data, jumlah klaster yang menghasilkan kelompok pelanggan berdasarkan pola transaksi mereka. Evaluasi hasil klasterisasi menggunakan Sum of Squared Errors menunjukkan bahwa metode K-Means memiliki performa terbaik dibandingkan dengan metode DBSCAN dan Hierarchical Clustering. Temuan ini diharapkan dapat membantu CV. Karunia Abadi dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, seperti program loyalitas bagi pelanggan dengan transaksi tinggi dan promosi khusus bagi pelanggan dengan transaksi rendah untuk meningkatkan retensi pelanggan..

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

P. I. Pangestu, T. Hermanto and D. Irmayanti, "Analisis Segementasi Pelanggan Berbasis Recency Frequency Monetary (RFM) Menggunakan Algoritma K-Means," Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 7, no. 3, 2023.

A. H. Fazri, A. Muhammad and P. A. W. Purnama, "Algoritma K-Means Cluster Untuk Segmentasi Pelanggan," Computer Based Information System Journal, vol. 11, no. 2, pp. 42-51, 2023.

N. A. P. Haryandini, . W. Prihartono and F. , "Analisi Segmentasi Pelanggan untuk Menyusun Strategi Promosi menggunakan K-Means : Studi Kasus PT XYZ," JITET (Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan) , vol. 13, no. 1, 2025.

Holwati, E. Widodo and W. Hadikristanto, "Pengelompokan Untuk Penjualan Obat Dengan Menggunakan," Bulletin of Information Technology (BIT), vol. 4 , no. 2, pp. 408 - 413 , 2023.

H. Astuti, "Penerapan Data Mining Menggunakan Metode K-Means Clustering Untuk Pengelompokkan," Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT), vol. 6, no. 1, 2021.

R. B. Ardi, F. Ely Nastiti and S. Sumarlinda, "Algoritma K-Means Clustering untuk Segmentasi Pelanggan Studi Kasus : Fashion Viral Solo," INFOTECH journal , vol. 9, no. 1, pp. 124-131, 2023.

Bambang, . A. Wahyudi and T. A. Wahyudi, "Analisis Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan," Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 61-70, 2019.

M. D. Ryandra, N. Yudi Setiawan and N. Hendrakusma Wardani, "Penenrapan Algoritma K-Means Clustering untuk Segmentasi Pelanggan Berdasarkan Model RFM pada Resik Aquatict," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , vol. 9, no. 2, 2025.

A. Azis and S. , "Penerapan Data Mining untuk Menentukan Ketersediaan Stok Barng Berdasarkan Permintaan Konsumen di PT Indonesia Thai Summit Plastech Menggunakan K-Means Clustering," Manajemen Informatika dan Komunikasi (JIMIK) , vol. 5, no. 3, 2024.

C. H. Ardana , A. A. A. Aisyah Ainur Khoyum and M. Faisal , "Segmentasi Pelanggan Penjualan Online Menggunakan Metode K-Means Clustering," JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga) , vol. 9, no. 1, pp. 1-9, 2024.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Pangarso, A. W., Kurniati, N. ., & Editya, A. S. (2025). Analisis Kesetiaan Pelanggan pada Penjualan Filter Rokok di CV. Karunia Abadi dengan Metode K-Means. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 5(1), 58–63. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.932