Analisis Penerapan Aplikasi Mobile terhadap pelaku UMKM “Kopi Sepeda” di Kota palembang
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.907Kata Kunci:
UMKM, Aplikasi Mobile, UTAUT2, Kopi Sepeda, Transformasi DigitalAbstrak
Penerapan aplikasi mobile terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kopi Sepeda di Kota Palembang dengan menggunakan pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Model UTAUT2 digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi adopsi teknologi, meliputi performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, price value, dan habit. Metode penelitian ini mencakup tahap analisis kebutuhan, perancangan arsitektur sistem, implementasi aplikasi, serta evaluasi melalui penyebaran kuesioner dan uji coba langsung kepada 30 pelaku UMKM. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar konstruk UTAUT2, seperti performance expectancy, effort expectancy, facilitating conditions, price value, habit, dan hedonic motivation memiliki pengaruh signifikan terhadap minat dan perilaku penggunaan aplikasi. Aplikasi mobile yang dikembangkan terbukti efektif dalam membantu pelaku UMKM dalam mencatat transaksi, mengelola stok, dan menyusun laporan keuangan secara digital. Dengan demikian, pemanfaatan aplikasi mobile yang dirancang berdasarkan kebutuhan pengguna dan pendekatan UTAUT2 dapat meningkatkan efisiensi bisnis dan mendorong transformasi digital pada sektor UMKM.
Unduhan
Referensi
.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.