Analisis Sentimen pada Trailer Deadpool vs Wolverine Menggunakan Model Machine Learning

Penulis

  • Verio Renedominick Matana University
  • Simon Barus Matana University

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.892

Kata Kunci:

Machine Learning, Analisis Sentimen, Klasifikasi Text, Social Media, YouTube

Abstrak

Media sosial telah menjadi platform utama bagi masyarakat dalam memberikan tanggapan terhadap konten

hiburan, termasuk trailer film. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen komentar publik terhadap

trailer film Deadpool vs Wolverine di YouTube menggunakan empat model pembelajaran mesin. Data komentar

dikumpulkan melalui YouTube Data API v3 dan diproses menggunakan teknik preprocessing standar. Pelabelan

sentimen menggunakan Sentiment Intensity Analyzer menghasilkan tiga kategori: positif, negatif, dan netral. Hasil

analisis menunjukkan dominasi komentar netral (7.072) dan positif (6.289) dibanding negatif (2.690).

Perbandingan performa model menunjukkan Logistic Regression memiliki akurasi tertinggi (86,61%), diikuti

Decision Tree (85,89%), Naive Bayes (79,08%), dan KNN (60,07%). Penelitian ini mengidentifikasi tantangan

terkait ketidakseimbangan distribusi data dan memberikan wawasan tentang efektivitas berbagai model

pembelajaran mesin dalam analisis sentimen konten hiburan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Simon Barus, Matana University

 

 

Referensi

S. Adelia, E. Milanda, J. Santari, D. T. Kesuma, E.

Silvia, and F. Kurniawan, “Analisis Sentimen Belajar

Programming Pada Media Sosial Youtube Menggunakan

Algoritma Klasifikasi Naive Bayes,” 2023. [Online]. Available:

https://journal-computing.org/index.php/journal-ita/index

B. Gunawan, H. Sasty, P. #2, E. Esyudha, and P. #3,

“JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Sistem

Analisis Sentimen pada Ulasan Produk Menggunakan Metode

Naive Bayes,” vol. 4, no. 2, pp. 17–29, 2018, [Online]. Available:

www.femaledaily.com

G. Nusantara Bakry, “ANALISIS SENTIMEN DAN

JARINGAN AKTOR TERHADAP KOMERSIALISASI

TRAGEDI PADA VIDEO YOUTUBE TRAILER FILM VINA?:

SEBELUM TUJUH HARI SENTIMENT AND NETWORK

ANALYSIS ACTOR OF COMERSIALIZATION OF

TRAGEDY ON TRAILERS YOUTUBE FILM VINA?: BEFORE

SEVEN DAYS,” Jurnal Komunikasi dan Media, vol. 05, no. 01,

pp. 1–13, 2024.

A. Nursalim and R. Novita, “SENTIMENT

ANALYSIS OF COMMENTS ON GOOGLE PLAY STORE,

TWITTER AND YOUTUBE TO THE MYPERTAMINA

APPLICATION WITH SUPPORT VECTOR MACHINE,”

Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), vol. 4, no. 6, pp. 1305–1312,

, doi: 10.52436/1.jutif.2023.4.6.1059.

I. Afdhal et al., “Penerapan Algoritma Random Forest

Untuk Analisis Sentimen Komentar Di YouTube Tentang

Islamofobia,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi

Informasi, vol. 5, no. 1, 2022.

S.-Iong. Ao, Twitter Sentiment Analysis Using Natural

Language Toolkit and VADER Sentiment. International

MultiConference of Engineers and Computer Scientists 2019

IMECS 2019, March 13-15, 2019, Hong Kong, 2019.

A. Karimah and G. Dwilestari, “ANALISIS

SENTIMEN KOMENTAR VIDEO MOBIL LISTRIK DI

PLATFORM YOUTUBE DENGAN METODE NAIVE

BAYES,” 2024. [Online]. Available:

https://www.kaggle.com/datasets/billycemerson/anali

S. A. H. Bahtiar, C. K. Dewa, and A. Luthfi,

“Comparison of Naïve Bayes and Logistic Regression in

Sentiment Analysis on Marketplace Reviews Using Rating-Based

Labeling,” Journal of Information Systems and Informatics, vol.

, no. 3, pp. 915–927, Aug. 2023, doi:

51519/journalisi.v5i3.539.

Syahril Dwi Prasetyo, Shofa Shofiah Hilabi, and Fitri

Nurapriani, “Analisis Sentimen Relokasi Ibukota Nusantara

Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan KNN,” Jurnal KomtekInfo, pp. 1–7, Jan. 2023, doi:

35134/komtekinfo.v10i1.330.

Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Top 10 Traveler

Ranked Hotel di Kota Makassar Menggunakan Algoritma

Decision Tree dan Support Vector Machine,” Media Online), vol.

, no. 1, pp. 323–332, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1153.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Renedominick, V., & Barus, S. (2025). Analisis Sentimen pada Trailer Deadpool vs Wolverine Menggunakan Model Machine Learning. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 5(1), 01–06. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.892