Aplikasi Ujian Masuk Berbasis CBT dengan Kecerdasan Buatan Studi Kasus STT Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v4i1.782Kata Kunci:
CBT, Kecerdasan Buatan, Deteksi Kecurangan, Personalisasi SoalAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi penerapan sistem ujian masuk berbasis CBT yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI) di Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan ujian dengan fitur seperti penilaian otomatis untuk soal esai, deteksi kecurangan, dan personalisasi soal. AI berperan dalam menganalisis jawaban, memantau perilaku peserta, dan memberikan umpan balik kustom. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan dalam kecepatan penilaian, pengurangan kecurangan, dan pengalaman peserta yang lebih baik. Studi ini menegaskan potensi besar AI dalam meningkatkan kualitas sistem ujian di institusi pendidikan.
Unduhan
Referensi
Sutopo, H. 2009. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Flash, PHP, idan iMySQL. Jurnal iInformatika.
Sibero. Alexander F.K. i2013. Web iProgramming Power Pack. Yogyakarta: MediaKom. [3] Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. 2014, Rekayasa Perangkat Lunak. Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung. [4] Bartram, D. (2017). Computer?based testing and the Internet. The Blackwell handbook of personnel selection, 397-418. [5] Wang, M., & Huang, Z. (2019). Enhancing test security through AI: A review. Educational Measurement: Issues and Practice, [6] McDonald, J. (2017). Computer-based tests in educational settings: Innovations and best practices. Journal of Computer Assisted Learning
Salamah, Irma & , Lindawati & Fadhli, Muhammad & Kusumanto, Rd. (2020). EVALUASI PENGUKURAN WEBSITE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM POLSRI DENGAN METODE WEBQUAL 4.0. Jurnal Digit. 10. 1. 10.51920/jd.v10i1.151.
Anisyah, Hairun & Sutabri, Tata. (2023). Analisa kepuasan pengguna terhadap Aplikasi ThatQuiz dengan Metode WebQual 4.0. SMATIKA JURNAL. 13. 131-139. 10.32664/smatika.v13i01.763.
Alvianto, Adhika. "Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dalam Situasi Pandemi Covid-19." Ta'dibuna, vol. 3, no. 2, 2020, pp. 13-26, doi:10.30659/jpai.3.2.13-26.
Syaputra, A., & Amalia, R. (2023). Pengukuran Kualitas Website Institut Ilmu Kesehatan Dan Teknologi Muhammadiyah Menggunakan Metode WebQual 4.0. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(3), 1227–1237. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i3.2841
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.