Aplikasi Ujian Masuk Berbasis CBT dengan Kecerdasan Buatan Studi Kasus STT Payakumbuh

Penulis

  • Ranti Irsa Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh
  • Rini Budiarni Politeknik Negeri Padang
  • Arif Rizki Marza Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v4i1.782

Kata Kunci:

CBT, Kecerdasan Buatan, Deteksi Kecurangan, Personalisasi Soal

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan sistem ujian masuk berbasis CBT yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI) di Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan ujian dengan fitur seperti penilaian otomatis untuk soal esai, deteksi kecurangan, dan personalisasi soal. AI berperan dalam menganalisis jawaban, memantau perilaku peserta, dan memberikan umpan balik kustom. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan dalam kecepatan penilaian, pengurangan kecurangan, dan pengalaman peserta yang lebih baik. Studi ini menegaskan potensi besar AI dalam meningkatkan kualitas sistem ujian di institusi pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ranti Irsa, Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh

 

 

Rini Budiarni, Politeknik Negeri Padang

 

 

Arif Rizki Marza, Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh

 

 

Referensi

Sutopo, H. 2009. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Flash, PHP, idan iMySQL. Jurnal iInformatika.

Sibero. Alexander F.K. i2013. Web iProgramming Power Pack. Yogyakarta: MediaKom. [3] Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. 2014, Rekayasa Perangkat Lunak. Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung. [4] Bartram, D. (2017). Computer?based testing and the Internet. The Blackwell handbook of personnel selection, 397-418. [5] Wang, M., & Huang, Z. (2019). Enhancing test security through AI: A review. Educational Measurement: Issues and Practice, [6] McDonald, J. (2017). Computer-based tests in educational settings: Innovations and best practices. Journal of Computer Assisted Learning

Salamah, Irma & , Lindawati & Fadhli, Muhammad & Kusumanto, Rd. (2020). EVALUASI PENGUKURAN WEBSITE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM POLSRI DENGAN METODE WEBQUAL 4.0. Jurnal Digit. 10. 1. 10.51920/jd.v10i1.151.

Anisyah, Hairun & Sutabri, Tata. (2023). Analisa kepuasan pengguna terhadap Aplikasi ThatQuiz dengan Metode WebQual 4.0. SMATIKA JURNAL. 13. 131-139. 10.32664/smatika.v13i01.763.

Alvianto, Adhika. "Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dalam Situasi Pandemi Covid-19." Ta'dibuna, vol. 3, no. 2, 2020, pp. 13-26, doi:10.30659/jpai.3.2.13-26.

Syaputra, A., & Amalia, R. (2023). Pengukuran Kualitas Website Institut Ilmu Kesehatan Dan Teknologi Muhammadiyah Menggunakan Metode WebQual 4.0. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(3), 1227–1237. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i3.2841

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Irsa, R., Budiarni, R., & Rizki Marza, A. (2024). Aplikasi Ujian Masuk Berbasis CBT dengan Kecerdasan Buatan Studi Kasus STT Payakumbuh. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 4(1), 22–25. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v4i1.782