Implementasi Metode SEO (Search Engine Optimization) Untuk Optimasi E-Commerce Penjualan Barang Outdoor Berbasis Web

Penulis

  • Hadi Syahputra Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v3i2.578

Kata Kunci:

E-Commerce, Metode SEO, Website, Online Marketing

Abstrak

Website salah satu teknologi internet tidak hanya sebagai media informasi tetapi menjadi proses pendukung bisnis perusahaan, akan tetapi penjualan melalui website belum cukup efektif jika tidak didukung dengan strategi promosi yang baik. SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu teknik promosi dengan cara memanfaatkan pengoptimalan mesin pencari agar website yang sudah kita buat berada diperingkat teratas atau halaman pertama (first page) sebuah halaman mesin pencari. Penggunaan teknologi dalam strategi pemasaran dilakukan guna meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dihasilkan. Toko Shelter outdoor berkeinginan untuk membangun sistem penjualan online yang dapat mengelola data produk dengan baik dan sebagai media promosi yang lebih efektif, lebih efisien. Tujuan dari penelitian ini agar pelanggan mengetahui stok barang dan pelanggan dapat memesan produk secara online tanpa harus datang ketempat dan untuk membuat situs web e-commerce sebagai sarana untuk memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembelian dimanapun konsumen berada. Pada Toko Shelter Adventure atau individu sendiri akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, dengan adanya web e-commerce dapat digunakan sebagai jasa promosi dan komunikasi atas produk yang ditawarkan. Penelitian ini mengadopsi aplikasi PHP sebagai media pembuatan website e-commerce karena memiliki fitur lengkap dan banyak modul yang tersedia secara gratis. Jenis penilitan yang dilakukan adalah kualitatif.

Referensi

Hilda Herasmus, Eka Lia Febrianti, 2023, “Sistem PenjualanOn-LineBerbasis E-Commercepada Toko Sepatu YGT Store”, Jurnal Pustaka DataVol.3No.1 (2023) 7–11, E ISSN: 2809-7483

. Purnama, N. I., & Putri, L. P. (2021). Analisis PenggunaanE-Commerce Di Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 556–561

. Pahlevi, R. (2022, 03 06). IniProduk yang Paling Banyak Dibeli di E-Commerce Retrieved from Databoks

Hendrawan, F. (2021). "Manfaat Dan Dampak E-Commerce Pada Toko Donga". Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN), http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6654

Halilintar, R. B., & Ariyus, D. (2018). Implementasi Seo ( Search Engine Optimization ) Pada Website Agc ( Auto Generated Content ) Untuk Meningkatkan Serp ( Search Engine Result Page ) Studi Kasus : Website Gallery (pp. 13–18). ISSN 2355-7699.

Himawan, Asep Saefullah dan sugeng santoso , 2014,Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online E (-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis deskriptip. STMIK Raharja ,Tangerang , Scientific journal of informaties vol 1.No, 1, Mei 2014. ISSN 2407-7658.

Rahmat Hidayat, Siti Marlina, Lila Dini Utami, 2017, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website dengan Metode Waterfall”, Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK) 2017 ISBN: 978-602-61268-4-9

Rozi, Zaenal A, dan SmitDev Community, 2016. Modern Web Design. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, ISBN: 978-602-02-7924-4

Wendi Wirasta. S.T dan Imam Febriansyah, 2014, Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Alat- Alat Pesta Berbasis Web Di Narda Pesta. STIM LPKIA , Jurnal LPKIA. Vol.1, No.1

Noni Rahmawati1,Herry Mulyono, 2016, Analisis Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website Pada Toko Billy. Jambi, Jurnal Manajemen Sistem Informasi, Vol 1. No, 2. ISSN 2540-8011

Yukel Vinros Diandra1, WifraSafitri, Firdaus, 2023, “Penjualan Sparepart Sepeda Motor Berbasis Web Menggunakan Model Customer Relatioship Management(CRM)”, Jurnal Pustaka Data Vol.3No. 1 (2023) 42–45, E ISSN: 2809-7483

Novendri. (2019). Pengertian Web. Lentera Dumai, 10(2), 46–57

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-30