Pemanfaatan Platform for Open Exploration Artificial Intelligence (POE AI) Terhadap Kemandirian Berpikir dalam Menentukan Judul Skripsi Mahasiswa

Penulis

  • azlan ladike arisandi Universitas Negeri Padang
  • Rini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i2.1130

Kata Kunci:

POE AI, kemandirian berpikir, mahasiswa, judul skripsi, teknologi pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan POE AI (Platform for Open Exploration for Artificial Intelligence) berpengaruh terhadap kemandirian berpikir mahasiswa dalam menentukan judul skripsi. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh maraknya penggunaan kecerdasan buatan, khususnya POE AI, yang dapat membantu mahasiswa dalam menemukan ide judul skripsi. Namun, penggunaan yang berlebihan tanpa diimbangi dengan kemampuan berpikir mandiri dapat menimbulkan masalah seperti ketidak sesuaian topik penelitian dan minimnya pemahaman terhadap isu yang diangkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi angkatan 2021 Universitas Negeri Padang sebanyak 85 orang, dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis berdasarkan empat indikator utama dari teori konstruktivisme Piaget: asimilasi, akomodasi, keseimbangan kognitif, dan tahap operasional formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POE AI memiliki peran positif dalam memberikan referensi ide awal, namun kemandirian berpikir tetap menjadi faktor kunci dalam menghasilkan judul skripsi yang kreatif, relevan, dan mendalam. Dengan demikian, diperlukan keseimbangan antara penggunaan teknologi dan penguatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Kata kunci: POE AI, kemandirian berpikir, mahasiswa, judul skripsi, teknologi pendidikan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agusnaya, N., & Nirmala, P. (2024). Skala Literasi AI terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa dalam Konteks Pendidikan Level Perguruan tinggi di Era Digital. Journal of Vocational, Informatics and Computer Education, 2(2), 103–116. https://doi.org/10.61220/voice.v2i2.20243

Biologi, J., & Pendidikan, D. A. N. (2023). Otus Education. 1(2), 48–62.

Explain, O., Pada, P. O. E., Kelas, S., & Bulung, V. S. D. (2023). 3 1,2,3. 08, 6346–6358.

Faisal, M. (2024). Dampak Kecerdasan Buatan ( AI ) terhadap Pola Pikir Cerdas Mahasiswa di Pontianak. 60–66.

Fitrianingsih, E., Mulyani, H., & Lepiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di Sman Rawajitu Selatan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(2), 147. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i2.4440

Hanila, S., & Alghaffaru, M. A. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Perkembangan Teknologi Pada Pembelajaran Siswa Sma 10 Sukarami Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2), 221–226. https://doi.org/10.37676/jdm.v2i2.4890

Marito, W., & Riani, N. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Mahasiswa UPMI pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 223–233. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1073

Maula, S. R., Aprillian, S. D., & Rachman, A. W. (2024). Ketergantungan Mahasiswa Universitas Jember Terhadap Artificial Intelligence ( AI ). 2(1).

Nurhidayah. (2021). Peguruang: Conference Series. 3(November), 10–14.

Zega, T. O., & Batubara, A. K. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence (AI) terhadap Digital Literasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Angkatan 2021 UIN Sumatera Utara, Medan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 3371–3390. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i6.2838

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-02

Cara Mengutip

arisandi, azlan ladike, & Asmara, R. (2025). Pemanfaatan Platform for Open Exploration Artificial Intelligence (POE AI) Terhadap Kemandirian Berpikir dalam Menentukan Judul Skripsi Mahasiswa. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 5(2), 188–192. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i2.1130