Analisis Pola Transaksi Penjualan Untuk Rekomendasi Menu Menggunakan Algoritma Apriori

Penulis

  • Yulya Muharmi Universitas Lampung
  • Wahyu Aji Pulungan Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i2.1128

Kata Kunci:

algoritma apriori, asosiasi, data transaksi, strategi promosi

Abstrak

Sou Space merupakan Coffee Shop yang tengah berkembang di wilayah Tulang Bawang Barat dan menyediakan berbagai pilihan makanan serta minuman. Dalam menghadapi persaingan bisnis kuliner yang semakin kompetitif, dibutuhkan strategi promosi yang berbasis data dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kombinasi menu yang sering dibeli bersamaan oleh pelanggan menggunakan algoritma apriori. Data yang dianalisis berasal dari transaksi penjualan di Sou Space. Proses analisis dilakukan secara manual dan divalidasi menggunakan perangkat lunak Tanagra versi 1.4.41, dengan ambang minimum confidence sebesar 80%. Hasil yang diperoleh menunjukkan dua aturan asosiasi yang signifikan, yaitu: (1) pembelian Nugget Mozarella cenderung diikuti dengan pembelian French Fries, dan (2) pembelian Sou Green berkaitan dengan pembelian Nugget Mozarella. Pola pembelian ini dapat dijadikan dasar bagi manajemen dalam merancang strategi promosi, seperti menu bundling atau diskon kombinasi, untuk meningkatkan penjualan serta kepuasan pelanggan. Temuan ini membuktikan bahwa algoritma apriori mampu mengolah data transaksi secara efektif untuk mendukung pengambilan keputusan dalam kegiatan promosi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. N. Merliani, N. I. Khoerida, N. T. Widiawati, L. A. Triana, and P. Subarkah, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Untuk Rekomendasi Menu Makanan Dan Minuman,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 9–16, 2022, doi: 10.25077/teknosi.v8i1.2022.9-16.

Lindiani Lindiani, Indah Registiana, Fauzan Fajrullah, and Indah Noviyanti, “Analisis Strategi Promosi Bisnis UMKM Coffee Shop Dengan Menggunakan Media Sosial,” J. Bintang Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 75–93, 2024, doi: 10.55606/jubima.v2i2.3061.

V. Arinal and I. Rusmarhadi, “Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Strategi Penjualan Produk Umkm Raja Geprek Pada Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 7, no. 5, pp. 1482–1494, 2024, doi: 10.31539/intecoms.v7i5.11673.

A. Pirman, A. Hanifa, and G. Triyono, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Penjualan Makanan Ringan dan Minuman Kesehatan,” Decod. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 204–215, 2024, doi: 10.51454/decode.v4i1.244.

D. Permata Sari, W. Buana, and M. Febri Mayang Sari, “Implementasi Data Mining pada Penjualan Barang dengan Tekhnik K Means,” J. Pustaka AI (Pusat Akses Kaji. Teknol. Artif. Intell., vol. 5, no. 1, pp. 106–112, 2025, doi: 10.55382/jurnalpustakaai.v5i1.955.

R. Junianto and H. M. Nawawi, “Analisis Pola Penjualan pada Coffee Shop Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus?: Kopislashtea ) Sales Pattern Analysis at a Coffee Shop Using the Apriori Algorithm ( Case Study?: Kopislashtea ),” vol. 15, pp. 29–39, 2025, doi: 10.34010/jati.v15i1.14229.

H. Fathurrahman, A. S. Sunge, and S. Butsianto, “Association Relationship Analysis in Finding Sales of Goods With Apriori Algorithm,” J. Comput. Networks, Archit. High Perform. Comput., vol. 6, no. 3, pp. 1224–1231, 2024, doi: 10.47709/cnahpc.v6i3.4258.

F. N. Sugeng Ariyadi and E. Mailoa, “Analisis Pola Minat Konsumen Dengan Algoritma Apriori,” J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 15, no. 2, pp. 269–276, 2024, doi: 10.51903/jtikp.v15i2.873.

B. Sugito and S. Wahyuni, “Optimasi Strategi Penjualan Am2000 Tirtamart Dengan Algoritma Apriori Untuk Mengidentifikasi Produk Favorit Pelanggan,” Bull. Inf. Technol., vol. 5, no. 4, pp. 278–286, 2024, doi: 10.47065/bit.v5i2.1707.

Robby Suganda and Achmad Solichin, “Analisis Transaksi Penjualan Produk Minuman Kopi Menggunakan Metode Association Rule Dengan Algoritma Apriori,” KRESNA J. Ris. dan Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 23–32, 2024, doi: 10.36080/kresna.v4i1.132.

T. Kurniana, A. Lestari, and E. D. Oktaviyani, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Transaksi Penjualan Berbasis Web pada Cafe Sakuyan Side,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 13–23, 2023, doi: 10.24002/konstelasi.v3i1.7005.

R. P. Aditya, F. Fahrullah, and N. W. W. Sari, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Paket Menu Pada Cafe Abc Berbasis Website,” J. Simantec, vol. 11, no. 2, pp. 223–230, 2023, doi: 10.21107/simantec.v11i2.16343.

S. M. A. Ade Irma Amanda, Debi Setiawan, and Liza Trisnawati, “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menganalisis Pola Minat Beli Konsumen Di Coffee Shop,” JEKIN - J. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 25–32, 2023, doi: 10.58794/jekin.v3i1.483.

R. Afandi, R. Martiansyah, L. M. Sari, S. F. Intan, and J. Pulungan, “Application of the Apriori Algorithm to Determine the Pattern of Transactions for Purchasing Drinks and Food at Coffe Gubuk Penerapan Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Transaksi Pembelian Minuman dan Makanan di Coffe Gubuk,” vol. 1, no. 2, pp. 111–118, 2022.

B. E. D. Sitorus, D. R. Manalu, and Y. Y. P. Rumapea, “Kombinasi Paket Menu Makanan Dengan Algoritma Apriori Pada Cafe Habitat Coffee,” Method. J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 22–26, 2024, doi: 10.46880/mtk.v10i1.2599.

C. Adam and K. Handoko, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola,” J. Jupiter, vol. 15, pp. 597–606, 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Muharmi, Y., & Aji Pulungan, W. . (2025). Analisis Pola Transaksi Penjualan Untuk Rekomendasi Menu Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 5(2), 265–273. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v5i2.1128