Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Makanan Lunak Di Rumah Sakit Islam Ar-Rasyid Palembang

Penulis

  • Manuntun Rotua Polkesbang Jurusan Gizi
  • Winda Rahmawati
  • Podojoyo Podojoyo
  • Natasha Weisdania Sihite

Kata Kunci:

Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, pelayanan gizi, makanan lunak, pasien,

Abstrak

Kepuasan pasien adalah tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien setelah menggunakan layanan kesehatan dan membandingkannya dengan harapan minimal yang diinginkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan makanan lunak di Rumah Sakit Islam Ar-Rasyid Palembang. Penelitian dilakukan pada bulan Januari - Mei 2024, dengan sampel sebanyak 38 orang diambil dengan cara accidental sampling. Metode penelitian  Deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan hasil data univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan waktu penyajian makanan sudah tepat sebesar 100%, responden menyatakan cita rasa makanan sudah baik sebesar 77,12%, sikap pramusaji sudah ramah sebesar 100%, penampilan pramusaji yang rapih 100%, kebersihan alat 100% sudah bersih dan kepuasan pasien terhadap pelayanan makanan sebesar 97,4%, hal ini membuktikan bahwa pelayanan makanan di Rumah Sakit Islam Ar-Rasyid Palembang sudah baik dan memberikan kepuasan pada pasien. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-02

Cara Mengutip

Rotua, M., Rahmawati, W. ., Podojoyo, P., & Weisdania Sihite, N. . (2025). Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Makanan Lunak Di Rumah Sakit Islam Ar-Rasyid Palembang. Jurnal Pustaka Padi (Pusat Akses Kajian Pangan Dan Gizi), 4(1, April), 19–26. Diambil dari https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakapadi/article/view/913