Gambaran Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Bekal Sehat Anak Prasekolah
Kata Kunci:
Edukasi gizi, pengetahuan, sikap, bekal sehat, anak prasekolah, status gizi, leaflet.Abstrak
Masalah gizi kurang pada anak balita masih menjadi tantangan kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi anak adalah pengetahuan dan sikap orang tua, khususnya ibu, terhadap pemberian asupan makanan yang bergizi seimbang. Di lingkungan pendidikan anak usia dini, seperti taman kanak-kanak, pemenuhan kebutuhan gizi melalui bekal makanan dari rumah turut berperan dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran edukasi pengetahuan dan sikap wali murid tentang bekal makanan sehat dan bergizi untuk anak prasekolah di TK Hijriah III Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan rancangan penelitian one group pre-test and post-test. Sampel 40 responden dipilih menggunakan teknik non-probability sampling yang berjenis sampling jenuh. Hasil analisis univariat menunjukkan peningkatan signifikan pada tingkat pengetahuan wali murid, dari 20% sebelum edukasi menjadi 100% setelah edukasi dalam kategori pengetahuan baik. Sikap wali murid juga meningkat dari 82,5% menjadi 100% dalam kategori sikap baik. Namun, hasil pengukuran status gizi anak menunjukkan bahwa sebagian besar berada dalam kategori gizi lebih (47,5%) dan obesitas (12,5%), sedangkan hanya 40% anak yang memiliki status gizi normal. Kesimpulan, edukasi menggunakan media leaflet menunjukkan adanya peningkatan terhadap pengetahuan dan sikap wali murid setelah diberikan edukasi. Disarankan edukasi gizi dilakukan secara lebih komprehensif melalui konseling, pelatihan praktis, dan pemantauan berkala, serta melibatkan seluruh anggota keluarga untuk mendukung perubahan perilaku yang berkelanjutan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Eliza Eliza, Rianti, Ayu, Mardiana Mardiana, sri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.