Penerapan Marketplace Sebagai Media Peningkatan Efisiensi Penjualan pada PT. Sinar Bakery

Penulis

  • Syafiul Hamidani STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau
  • Robi Yanto STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau
  • Juminovario Universitas Musi Rawas
  • Syafri Aprudi Universitas Musi Rawas

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i5.987

Kata Kunci:

marketplace, UMKM, digitalisasi

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak signifikan terhadap strategi pemasaran dan penjualan produk. Salah satu inovasi yang berkembang pesat adalah penggunaan platform marketplace sebagai media penjualan. Sebelumnya, PT. Sinar Bakery hanya mengandalkan penjualan konvensional melalui toko fisik dan pemesanan langsung. Hal ini membatasi jangkauan pasar dan menimbulkan kendala efisiensi dalam proses distribusi dan promosi. Karena hal itu maka dirasa perlu diadakannya pelatihan dan pendampingan tentang penggunaan marketplace, Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penjualan pada PT. Sinar Bakery melalui penerapan platform marketplace sebagai media distribusi dan promosi digital. PT. Sinar Bakery merupakan usaha mikro yang sebelumnya mengandalkan metode penjualan konvensional dengan jangkauan pasar yang terbatas. Ruang lingkup kegiatan mencakup pelatihan dan pendampingan penggunaan marketplace (seperti Shopee dan Tokopedia) sebagai media pemasaran dan transaksi. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dalam program pengabdian masyarakat, yang terdiri dari tahapan identifikasi masalah, pelatihan, pendampingan teknis, serta monitoring dan evaluasi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil penjualan sebelum dan sesudah implementasi marketplace. Hasil menunjukkan adanya peningkatan volume penjualan sebesar 40%, efisiensi biaya operasional sebesar 20%, serta perluasan jangkauan pasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. K. Juliany, M. Salamuddin, and Y. K. Dewi, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-MARKETPLACE BANK SAMPAH BERBASIS WEB,” 2018.

A. Fauziah, D. W. P. S. Nugroho, and E. S. Wardana, “KEPUASAN PELANGGAN BELANJA ONLINE (Pada Marketplace Tokopedia Situs www.tokopedia.com/klikbarcode),” SLSI, vol. 19, no. 2, pp. 218–229, Jun. 2021, doi: 10.26623/slsi.v19i2.3156.

T. Suryanto, “Penerapan E-Marketplace pada Distro Silver Squad,” in Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, 2018, pp. 159–164.

S. Hamidani, R. Yanto, V. Amalia, and E. Etriyanti, “Pelatihan Penerapan Media Pembelajaran Daring dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Ikhlas,” Jur. Abd. Masy. Ind. (JAMSI), vol. 2, no. 1, pp. 119–124, Jan. 2022, doi: 10.54082/jamsi.171.

A. Alfiarini, D. Apriadi, and S. Hamidani, “Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan MarketPlace bagi UMKM Desa Srikaton Provinsi Sumatera Selatan,” Jur. Abd. Masy. Ind. (JAMSI), vol. 2, no. 4, pp. 1203–1208, Jun. 2022, doi: 10.54082/jamsi.399.

A. Supriyatno, Q. Ranggala, H. Riskiya, D. Pratiwi, and S. Chairunnisa, “Optimalisasi dan Bimbingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Pemasaran Berbasis Marketplace untuk Memperluar Jangkauan dan Meningkatkan Penjualan,” ABDI DHARMA, vol. 5, no. 1, pp. 31–42, 2025.

S. Hamidani and H. JuIiansa, “Sistem Informasi Tabungan Pada SMA AI-IkhIas IubukIinggau Berbasis Web Mengunakan PHP MYSQI,” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), vol. 10, no. 2, pp. 198–205, 2024.

Ahmadi, Hengki Juliansa, “Analisa Penilaian Menggunakan MOORA dalam Menentukan Dosen Pengampu Mata Kuliah,” jb, vol. 5, no. 1, pp. 29–34, Apr. 2023, doi: 10.52303/jb.v5i1.92.

F. Ilmiyah, S. N. A. W, I. A. Q. N, and A. Zunaidi, “Sosialisasi Penanggulangan Tingginya Angka Pernikahan Dini di Desa Tambakrejo-Wonotirto-Blitar,” komatika, vol. 2, no. 2, pp. 29–33, Dec. 2022, doi: 10.34148/komatika.v2i2.508.

A. Tamsuri, “LITERATUR REVIEW PENGGUNAAN METODE KIRKPATRICK UNTUK EVALUASI PELATIHAN DI INDONESIA,” JIP, vol. 2, no. 8, pp. 2723–2734, 2022.

D. Kusumayanti and S. Wibisono, “Pendampingan Promosi Digital Bagi UMKM Kota Bogor,” JADKES, vol. 1, no. 2, pp. 171–180, Dec. 2020, doi: 10.37641/jadkes.v1i2.521.

M. Sholeh, J. Triyono, and Rr. Y. Rachmawati, “PENDAMPINGAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT DENGAN MEMANFAATKAN MARKETPLACE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN,” j. penelit. dan pengabdi. kpd. masy. unsiq, vol. 7, no. 2, pp. 158–164, May 2020, doi: 10.32699/ppkm.v7i2.965.

V. Amalia, S. Hamidani, I. Dwi Utami, and M. Putri Male, “Perancangan Sistem Monitoring Penilaian Kinerja Guru Pada Sma Negeri 3 Kota Lubuklinggau Berbasis Website,” jb, vol. 6, no. 2, pp. 54–62, Oct. 2024, doi: 10.52303/jb.v6i2.148.

Moch. Rizal Fuadiy, “EVALUASI PEMBELAJARAN SEBUAH STUDI LITERATUR,” Europ. j. multidiscip. stud., vol. 4, no. 3, p. 88, Jan. 2017, doi: 10.26417/ejms.v4i3.p88-95.

E. Sugiarti, M. Mukrodi, and S. Mawardi, “MONITORING KINEJA DOSEN?:Manfaat Dan Dampaknya Terhadap Perguruan Tinggi,” SJR, vol. 4, no. 4, pp. 816–822, Oct. 2021, doi: 10.37481/sjr.v4i4.386.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-04

Cara Mengutip

Hamidani, S., Yanto, R., Juminovario, J., & Aprudi, S. (2025). Penerapan Marketplace Sebagai Media Peningkatan Efisiensi Penjualan pada PT. Sinar Bakery. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(5), 235–238. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i5.987