Peningkatan Literasi Matematika Melalui Program Pembinaan Klub Matematika Pada Siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i3.940Kata Kunci:
klub matematika, pelatihan matematika, pelatihan olimpiadeAbstrak
SMA Negeri 1 Palangka Raya merupakan salah satu sekolah menengah atas negeri yang sudah lama berdiri di kota Palangka Raya. Namun belum ada ruang untuk mewadahi siswa-siswi SMA Negeri 1 Palangka Raya yang memiliki minat di bidang matematika. Kendala sumber daya yang kompeten merupakan salah satu alas an mendasar. Hal ini juga mempengaruhi kesiapan siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya menghadapi olimpiade di bidang matematika. Padahal cukup banyak siswa yang ternyata memiliki minat di bidang matematika. Karenanya, kegiatan pembinaan klub matematika di SMA Negeri 1 Palangka Raya dipandang perlu. Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahap, yaitu 1) penjajakan, 2) oenyusunan jadwal pelatihan, 3) sosialisasi kegiatan dan perekrutan peserta, 4) pelatihan, dan 5) evaluasi. Melalui kegiatan ini, literasi matematika siswa dapat ditingkatkan melalui pelatihan di bidang seperti geometri, aljabar, dan teori bilangan. Pelatihan ini tidak hanya memperdalam pemahaman siswa tetapi juga mempersiapkan mereka untuk kompetisi serta memberikan wadah bagi pengembangan minat matematika.
Unduhan
Referensi
Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir lateral siswa SD dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24–30.
Sumarni, E., Adawiah, E. R., & Yurna, Y. (2023). Sarana Berpikir Ilmiah (Bahasa, Logika, Matematika Dan Statistika). Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 106–122.
Wahyudin. (2017). Literasi Matematika dalam Kurikulum 2013: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 95–102
Chavez, L. N. (2023). Creation of a College Math Club for High School Students (The University of Texas Rio Grande Valley). The University of Texas Rio Grande Valley. Retrieved from https://scholarworks.utrgv.edu/etd/1204
Ariyanti, G., Rahajeng, R., Rahabistara, A., Biologi, P., Widya, U., & Madiun, M. (2019). Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika dan IPA Bagi Siswa SMP di Kota Madiun. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Pebriyanto, Y., Wahyudiah, R., Jefriyanto, W., Bryan, K., Costapierro, Y., Putra, C., … Raya, P. (2033). Pembinaan Olimpiade Sains melalui Pemberdayaaan Klub Matematika dan IPA Bagi Siswa SMPN 10 Palangka Raya. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(10). Retrieved from http://bajangjournal.com/index.php/JPM
Hidayat, W. (2020). Pembinaan Olimpiade Matematika Melalui Pendekatan Berbasis HOTS di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 55–67.
Astuti, P. (2018). Kemampuan literasi matematika dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 263–268
Kurniawan, R., & Djidu, H. (2021). Kemampuan literasi matematis siswa: Sebuah studi literatur. Jurnal Edumatic, 2(01), 24–30.
Ningsih, S., & Junaedi, I. (2018). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Klub Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 51(3), 112–122.
OECD. (2019). PISA 2018 Results. OECD Publishing.
Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–108.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI.
Permana, I. S., & Ariyanto, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Edukasi Matematika, 12(1), 30–42.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mega Yumia, Robiatul Witari Wilda, Febrianto Afli, Regina Wahyudyah Sonata Ayu

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.