Implementasi Branding, Packaging dan Digital Marketing Produk UMKM Sari Yoga
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i3.924Kata Kunci:
Branding, Packaging, Digital MarketingAbstrak
Pelestarian makanan tradisional Bali merupakan upaya penting dalam menjaga keberagaman budaya dan mendukung perekonomian lokal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk jajanan tradisional Bali melalui pengembangan branding dan pemasaran digital. Studi kasus dilakukan pada usaha Sari Yoga di Kabupaten Gianyar yang memproduksi berbagai jenis jajanan tradisional. Hasil wawancara menunjukkan adanya beberapa kendala yang dihadapi, seperti kurangnya identitas merek, kemasan yang sederhana, dan minimnya promosi digital.Untuk mengatasi permasalahan tersebut upaya yang dilakukan berupa pengembangan logo usaha, desain kemasan yang menarik, serta pembuatan akun media sosial. Diharapkan melalui kegiatan ini, jajanan tradisional Bali dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas, terutama generasi muda. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pemasaran dan kewirausahaan serta perkembangan teknologi informasi yang dapat menjadi strategi pemasaran sehingga dapat menjangkau wilayah yang sangat luas dengan cara promosi online. Metode yang digunakan adalah memberikan materi dengan ceramah dan pelatihan membuat promosi online pada sosial media instagram. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada peningkatan jumlah penjualan pada mitra usaha yang semula hanya konventional menjadi siap bersaing secara online. Hasil dari kegiatan ini adalah promosi online pada sosial media instagram.
Unduhan
Referensi
L. Lestriani et al., “Implementasi Pengabdian Masyarakat Melalui Branding, Packaging, dan Digital Marketing: Studi Kasus Produk UMKM Kue Basah di Desa Cileungsing,” J. Pengabdi. West Sci., vol. 3, no. 05, pp. 581–594, 2024, doi: 10.58812/jpws.v3i05.1167.
D. R. Putri, N. K. Deniari, I. G. P. M. Yusadara, N. M. J. Cahyani, K. D. Santika, and G. H. M. Wicaksana, “Branding dan Marketing Digital Produk Makanan,” Bhakti Persada J. Apl. IPTEKS, vol. 8, no. 1, pp. 9–17, 2022.
J. Ahmad, H. Bayu, A. M. Anggiri Jauzy, A. Baiq Yolanda Ika, R. Tapaul, and P. Eka S, “Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing pada Produk Umkm Keripik Talas di Lingkungan Bagek Longgek, Kelurahan Rakam Ahmad,” J. Pengabdi. Magister Pendidik. Ipa, vol. 4, no. 3, pp. 162–166, 2021.
D. I. K. Gianyar, “PUSAT KULINER TRADISIONAL KHAS BALI,” vol. 11, no. April, pp. 57–63, 2019.
I Nyoman Sutapa, A A Istri Krisna Gangga Dewi, and I Gusti Agung Ayu Sekarini, “Pengelolaan Keuangan Bisnis Modern Melalui Digitalisasi bagi Kelompok Pengrajin Keris Blahbatuh,Kabupaten Gianyar Bali,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 4, no. 3, pp. 367–377, 2023, doi: 10.37339/jurpikat.v4i3.1490.
D. Vinsensia, Y. Utami, N. Jannah, and ..., “Penerapan Inovasi Desain Kemasan Sebagai Branding Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” J. Pengabdi. …, vol. 4, no. 3, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1470
A. Feby, W. Prawesti, A. Christyanti, A. N. Sari, S. A. Cahyani, and Z. A. Achmad, “Implementasi Pendampingan Digital Branding dan Packaging pada UMKM Omah Dayang,” J. Pengabdi. Masy. Nusant., vol. 5, no. 2, pp. 85–96, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unimman.ac.id/index.php/pengabmas/article/view/303
R. D. Kusuma, S. S. U. Sutjipto, and Y. Hermawan, “Pelatihan Optimasi Media Sosial Untuk Peningkatan Omzet UMKM?: Personal Branding Lewat Instagram,” J. Abdimas Dedik. Kesatuan, vol. 2, no. 2, pp. 155–160, 2021, doi: 10.37641/jadkes.v2i2.1304.
J. Jecki and E. Kesumahati, “Perancangan Strategi Branding dan Social Media Marketing Pada Toko Crystalnkiss,” Soc. Engagem. J. Pengandian Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 46–53, 2023.
I. Ilmiah and N. Hariyana, “Pendampingan Dan Penerapan Branding Produk Sebagai Strategi Pemasaran UMKM ‘Rempeyek Mak Sri,’” J. Pengabdi. Kpd. …, vol. 4, no. 3, pp. 1627–1634, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1163%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1163/875
Retno Dwi Astutik, Nurul Aulia Dewi, Aptania Fairuz Wardani, Amilia Eka Putri, Daffa Samdya Adabi Selay, and Mu’tasim Billah, “Implementasi Branding Dan Digital Marketing Untuk Strategi Pemasaran UMKM Di Desa Ngampungan,” SAFARI J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 3, no. 3, pp. 49–57, 2023, doi: 10.56910/safari.v3i3.692.
T. Rizaldi and H. A. Putranto, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing dan Branding Pada UMKM,” Semin. Nas. Has. Penelit. dan Pengabdi. Masy., pp. 56–59, 2018.
P. Sukmasetya, H. Apriyani, T. Wahyuni, B. S. Wulan, W. Nugroho, and A. H. Ardiyansah, “Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono,” J. Pengabdi. Masy. Progresif Humanis Brainstorming, vol. 4, no. 3, pp. 322–328, 2021, doi: 10.30591/japhb.v4i3.2331.
S. Buwarda, “Optimalisasi Pemasaran Melalui Brand Packaging dan E-commerce Sebagai Media Promosi Online Usaha Roti Nakku,” IbMAS ATIM J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 44–51, 2022, doi: 10.61844/ibmasatim.v1i1.166.
R. Anugrah et al., “Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 740–746, 2022, doi: 10.31004/cdj.v3i2.4702.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Gusti Agung Ayu Sekarini, Anak Agung Sandatya Widhiyanti, Ni Komang Gita Meliana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.