Literasi Keuangan di Wilayah Perbatasan: Sosialisasi untuk Siswa SMA dalam Menghadapi Tantangan Ekonomi Global

Penulis

  • Alien Kurnia Warya Selia Universitas Borneo Tarakan
  • Achmad Dicky Romadhan Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i2.909

Kata Kunci:

literasi keuangan, siswa SMA, wilayah perbatasan, tantangan ekonomi global

Abstrak

Pengelolaan keuangan yang baik merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap individu, terutama di tengah tantangan ekonomi global yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan siswa SMA di wilayah perbatasan melalui sosialisasi yang berbasis pada pemahaman dasar tentang pengelolaan keuangan pribadi, investasi, serta perencanaan keuangan jangka panjang. Wilayah perbatasan sering kali menghadapi keterbatasan akses terhadap pendidikan keuangan yang memadai, yang menyebabkan kesenjangan pemahaman di antara para pelajar mengenai isu-isu ekonomi yang lebih besar. Metode pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dengan cara tatap muka langsung dan menggunakan ceramah interaktif serta tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa siswi SMA N 4 Tarakan mendapatkan pemahaman mengenai literasi keuangan yang lebih baik, serta meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya perencanaan keuangan dalam menghadapi tantangan ekonomi global. Kegiatan ini juga memberikan rekomendasi bagi pihak-pihak terkait untuk terus memperluas akses terhadap pendidikan literasi keuangan di wilayah-wilayah yang kurang terlayani.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrock, J. W. 2007. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup (5th ed). Jakarta: Erlangga.

Murtazova, K., & Ibragimova, K. 2021. Global economic transformation in modern conditions: problems and challenges. 106, 01007. https://doi.org/10.1051/SHSCONF/202110601007

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet, Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Burnett, A. 2023. On-campus consumer society: behavioral models and their impact on students. https://doi.org/10.31219/osf.io/ywjbq

Medin, A. 2024. Robbing Students of Future Earnings and America’s Economic Growth: The Lack of Financial Literacy Courses in Public Schools. https://doi.org/10.70251/hyjr2348.233242

Raut, R. K. 2020. Past behavior, financial literacy and investment decision-making process of individual investors. International Journal of Emerging Markets.

Chen, T., & Wang, C. 2022. Financial literacy education and high school students - overview, analysis, suggestions and implications. International Journal of Services, Economics and Management, 13(1), 1. https://doi.org/10.1504/ijsem.2022.121883

Taj, S., & Reddy, Ch. P. (2024). Assessing the Role of Financial Literacy in Enhancing Personal FinancialDecision-Making among Students. 16(1), 25–31. https://doi.org/10.70599/rvim/2024/303

Kovács, L., & Terták, E. 2019. Financial Literacy Theory and Evidence. Bratislava: Verlag Dashöfer, 150 p.

Hwang, J. 2024. A research investigation of the knowledge and behavior of high school students in the domain of financial literacy and personal finance. World Journal Of Advanced Research and Reviews, 23(3), 3143–3153. https://doi.org/10.30574/wjarr.2024.23.3.2002

Ekasasmita, W., Rahmi, N., Maratuttahirah, M., Miftahulkhairah, M., Sarmila, S., & Putri, A. 2024. Empowering High School Students through Financial Planning Education at SMAN 5 Parepare, South Sulawesi. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(4), 567-572.

Irdiana, S., Lukiana, N., & Kasim, K. T. 2024. Implications of Financial Literacy, Lifestyle, and Social Factors on Student Financial Behavior. Assets: Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 8(2), 111–117. https://doi.org/10.30741/assets.v8i2.1320

Widayati, Irin. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 1. Madiun: IKIP PGRI Madiun.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-31

Cara Mengutip

Selia, A. K. W., & Romadhan, A. D. (2025). Literasi Keuangan di Wilayah Perbatasan: Sosialisasi untuk Siswa SMA dalam Menghadapi Tantangan Ekonomi Global. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(2), 77–82. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i2.909