Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Guru di SDN Cilenggang 02 Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i2.899Kata Kunci:
Pelatihan, Quizizz, guru, teknologi pembelajaran, evaluasi interaktifAbstrak
Pelatihan penggunaan aplikasi digital dalam pembelajaran menjadi kebutuhan penting bagi guru di era pendidikan 4.0. Salah satu aplikasi yang dapat menunjang proses pembelajaran interaktif adalah Quizizz. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi pembelajaran melalui pemanfaatan aplikasi Quizizz. Pelatihan dilaksanakan di SDN Cilenggang 02 Kota Tangerang Selatan dengan melibatkan seluruh guru sebagai peserta. Metode pelatihan meliputi pemaparan materi, demonstrasi penggunaan aplikasi, praktik langsung, dan diskusi reflektif. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat, mengelola, serta memanfaatkan Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan ini juga meningkatkan antusiasme guru untuk menerapkan teknologi digital dalam kegiatan belajar mengajar. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi.
Unduhan
Referensi
Azis, A., Abou-Samra, R., & Aprilianto, A. (2022). Online Assessment of Islamic Religious Education Learning. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(1), 60-76.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.
Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017, June). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).
Manurung, I. F. U., & Nurhairani, N. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Mengidentifikasi Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd. Js (Jurnal Sekolah), 4(2), 297-301.
Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202.
Paksi, H. P., Ariyanti, L. (2020). Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Permendikbud No.23 Tahun 2020 tentang standar penilaian pendidikan.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2016). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suhartatik, T. (2020). Best Practice Implikasi Media Quizizz Berbasis Android Terhadap Kualitas Pembelajaran Dalam Mencetak Siswa Berprestasi Di Tingkat Nasional. Malang: Ahlimedia Press.
Wijayanti, A., Subekti, E. E., Agustini, F., & Cahyadi, F. (2021). PELATIHAN ONLINE ASSESSMENT MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI
GURU SD. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, No. 2, pp. 24-33).
Woit, D., & Mason, D. (2003, January). Effectiveness of online assessment. In Proceedings of the 34th SIGCSE technical symposium on Computer science education (pp. 137-141).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.