Peningkatan Kapasitas Pemasaran Digital UMKM Sulawesi Selatan melalui Workshop Teknis Kecerdasan Buatan

Penulis

  • Bahrul Ulum Ilham Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Agunawan ITB Nobel Indonesia Makassar
  • Aulya Zakila Ifani ITB Nobel Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i2.897

Kata Kunci:

Kecerdasan Buatan, UMKM, Pemasaran Digital, Literasi Digital, Workshop

Abstrak

Workshop Teknis Kecerdasan Buatan yang bertujuan meningkatkan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan melalui penerapan Kecerdasan Buatan (AI). Pelaksanaan kegiatan sebagai respons terhadap tantangan rendahnya literasi digital, keterbatasan adopsi teknologi kecerdasan buatan bagi UMKM, dan kebutuhan inovasi pemasaran. Workshop ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing pelaku UMKM di Sulawesi Selatan. Materi pelatihan mencakup topik esensial seperti pengembangan digital mindset, pemahaman etika dan keamanan digital, dasar-dasar AI, pengenalan tools AI yang relevan, serta praktik prompting untuk pembuatan konten pemasaran digital. Dilaksanakan dengan dukungan dari ABDSI Sulawesi Selatan, Bank Indonesia Sulawesi Selatan dan ITB Nobel Indonesia. Pelaksanaan workshop menggunakan metode ceramah, diskusi, dan praktik langsung. Hasil evaluasi menunjukkan dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman dan persepsi kemampuan peserta dalam memanfaatkan AI, mengindikasikan bahwa pelatihan teknis yang terarah memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan adopsi teknologi di sektor UMKM dan meningkatkan eksistensi pasar mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

H. Limanseto, “Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah,” https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah.

B. U. Ilham, “Hari Jadi Sulsel 353 Tahun: Optimisme Membangun Sulsel Yang Tangguh dan Ekonomi Berdaulat,” https://www.mediasulsel.com/hari-jadi-sulsel-353-tahun-optimisme-membangun-sulsel-yang-tangguh-dan-ekonomi-berdaulat/, Makassar, Oct. 14, 2022.

R. A. Putri and A. D. Sari, “Studi Literatur Digitalisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Era Masyarakat 5.0,” Jurnal MABIS (Manajemen dan Bisnis), vol. 3, no. 2, pp. 145–158, 2022.

Y. G. Wibowo, “Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan,” JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA, vol. 7, no. 1, pp. 127–134, Jun. 2021, doi: 10.32528/jmbi.v7i1.5072.

Ditjen Aptika, “Indeks Literasi Digital Indonesia Tahun 2021-2022,” Jakarta, May 2024.

H. Syahira, “Skor Indeks Masyarakat Digital 37,8 dari 100: Literasi Digital RI Masih Rendah,” https://kumparan.com/kumparantech/skor-indeks-masyarakat-digital-37-8-dari-100-literasi-digital-ri-masih-rendah-1zTXxrvrAHO, Jakarta, Dec. 20, 2022.

Y. Pongtambing, S. Pitrianti, M. Sadno, H. Admawati, and E. A. Sampetoding, “Peran dan Peluang Kecerdasan Buatan dalam Proses Bisnis UMKM,” ININNAWA, vol. 01, no. 02, pp. 201–206, Nov. 2023.

Admin, “STMIK Kharisma Makassar-PLUT SULSEL: Sukses Melalui Kecerdasan Buatan & Pemasaran Digital,” https://bisniskumkm.com/stmik-kharisma-makassar-plut-sulsel-sukses-melalui-kecerdasan-buatan-pemasaran-digital/.

M. Suhayati, “Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah,” Jakarta, 24, Dec. 2023.

T. Jana, “Tren kecerdasan buatan (AI) teratas untuk 2024,” https://yellow.ai/id/blog/ai-trends/.

E. Irawan, “Literature Review: Literasi Digital, Literasi Ekonomi, Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah,” EBISMAN?: eBisnis Manajemen, vol. 1, no. 4, 2023.

D. Meisari, “Usaha Mikro Kecil Indonesia, Yuk Naik Kelas!,” https://kbr.id.

L. Erza, “Sudah Saatnya UKM Indonesia Harus Naik Kelas,” Majalah SWA Online https://swa.co.id/, Jakarta, Apr. 20, 2021.

Admin ABDSI, “Pemberdayaan UMKM Sebagai Objek Atau Subjek?,” https://abdsi.id/berita/pemberdayaan-umkm-sebagai-objek-atau-subjek/.

Alfian, “ABDSI Didukung PLUT dan BI Sulsel Gelar Wokrshop AI Bagi UMKM ,” https://makassar.tribunnews.com/2025/03/20/abdsi-didukung-plut-dan-bi-sulsel-gelar-wokrshop-ai-bagi-umkm, Makassar, Mar. 20, 2025.

Hiryanto, “Pedagogoi, Andragogi dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemebrdayaan Masyarakat,” Dinamika Pendidikan, vol. 22, no. 1, pp. 65–71, May 2017.

B. U. Ilham and A. Muawwal, “Pelatihan Manajerial Usaha Bagi UMKM Binaan PLUT Sulawesi Selatan,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 4, no. 1, pp. 26–31, Jan. 2024, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v4i1.645.

U. Zamilah and R. Alendra Yusiyaka, “PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PELATIHAN TATA RIAS IBU RUMAH TANGGA DI BUKIT MEKAR WANGI,” 2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-31

Cara Mengutip

Ilham, B. U., Agunawan, A., & Ifani, A. Z. . (2025). Peningkatan Kapasitas Pemasaran Digital UMKM Sulawesi Selatan melalui Workshop Teknis Kecerdasan Buatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(2), 55–59. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i2.897