Pelatihan Mikrokontroler Arduino pada Guru SMA Negeri 2 Padang

Penulis

  • Hadi Syahputra Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Risa Nadia Ernes Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Nanda Tommy Wirawan Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i4.870

Kata Kunci:

Pendidikan, Mikrokontroler, Arduino

Abstrak

Tridharma perguruan tinggi sudah menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen pada setiap perguruan tinggi yang salah satunya adalah kegiatan pengabdian terhadap masyarakat. Kegiatan disusun dan dilaksanakan tim kegiatan pengabdian fakultas ilmu komputer Universitas Putra Indonesia YPTK Padang yang telah dibentuk dalam usaha mengembangkan kualitas dari sumber daya manusia sehingga bisa mengikuti perkembangan teknologi era globalisasi pada industry 4.0. Dalam upaya meraih tujuan tersebut, diselenggarakan sosialiasasi dan pelatihan perancangan alat berbasis mikrokontroler arduino di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Padang. Dalam kegiatan ini peserta adalah para guru yang mendapatkan pengetahuan dasar mengenai perangkat sensor elektronika, serta ilmu komputer robotika, dimana perangkat yang dibuat menggunakan aplikasi software dengan script pengkodean yang memiliki output yang dapat membuat komponen sensor bekerja sesuai dengan perintah pemprograman. Tujuan diadakannya pelatihan ini dimaksudkan untuk peningkatan wawasan, pengetahuan, dan inovasi serta keterampilan tenaga pendidik. Selain itu pelatihan ini dapat meningkatkan kreativitas peserta dalam pengunaan berbagai macam perangkat elektronika dengan pemanfaatan mikrokontroler arduino uno. Adapun hasil dari kegiatan ini, Pelatihan mikrokontroler ini mendapatkan tanggapan peserta serta feed back yang sangat baik serta cukup meningkatkan rasa ingin tahu peserta pelatihan yang sebelumnya belum cukup mengenal mengenai bidang elektronika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Banzi and M. Shiloh, Getting Started with Arduino, 3rd ed. Sebastopol, CA: Maker Media, 2014.

S. Monk, Programming Arduino: Getting Started with Sketches, 2nd ed. New York: McGraw-Hill Education, 2016.

A. Margolis, Arduino Cookbook, 3rd ed. Sebastopol, CA: O’Reilly Media, 2020.

K. G. Vamshi Krishna and S. G. Hari Prasad, “Development of an Arduino-based IoT system for smart home automation,” International Journal of Engineering Research & Technology, vol. 8, no. 5, pp. 232–235, 2019.

N. A. Riyadi, “Pelatihan Pembuatan Alat Praktikum Elektronika Menggunakan Arduino untuk Guru SMK,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), vol. 3, no. 1, pp. 45–52, 2020.

S. Wahyudi, R. Hidayat, and L. Puspitasari, “Pelatihan Mikrokontroler Arduino Uno untuk Guru-Guru Sekolah Menengah,” Jurnal Abdimas, vol. 4, no. 2, pp. 117–123, 2021.

A. Kusumah et al., “Pemanfaatan Arduino untuk Pembelajaran IoT bagi Guru SMK,” Jurnal Inovasi Teknologi dan Pendidikan, vol. 5, no. 3, pp. 155–161, 2022.

H. J. Rifa’i, “Simulasi Sistem Elektronika Menggunakan Proteus Sebagai Media Pembelajaran,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 33–40, 2021.

M. Kurniawan, “Pengenalan dan Pemrograman Arduino untuk Pemula,” Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI), vol. 5, no. 2, pp. 115–122, 2019.

A. D. Santoso, “Metode Pelatihan Partisipatif dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 22–27, 2021.

D. Nugraha et al., “Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Mikrokontroler Berbasis Arduino,” Jurnal Teknologi dan Pendidikan, vol. 7, no. 2, pp. 89–96, 2020.

I. Pratama and Y. Mulyono, “Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Menggunakan Arduino,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol. 6, no. 1, pp. 54–60, 2021.

R. A. Putra, “Evaluasi Efektivitas Pelatihan Menggunakan Pre-Test dan Post-Test,” Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, vol. 3, no. 1, pp. 101–108, 2022.

M. A. Yusuf and L. Widodo, “Implementasi Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban Berbasis Arduino dan DHT11,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 6, no. 1, pp. 44–49, 2020.

H. N. Maulana, “Penerapan Metode Workshop dalam Pelatihan Guru Berbasis Teknologi,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 5, pp. 211–217, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-09

Cara Mengutip

Syahputra, H., Ernes, R. N. ., & Wirawan, N. T. . (2025). Pelatihan Mikrokontroler Arduino pada Guru SMA Negeri 2 Padang. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(4), 150–154. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i4.870