Peningkatan Motivasi Belajar Matematika pada Konsep Perkalian Bilangan melalui Peran Aktif Orang Tua
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i1.855Kata Kunci:
Motivasi, belajar, perkalian, matematika, orang tuaAbstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk melatih orang tua tentang teknik sederhana dan efektif untuk membantu anak-anak menghafal perkalian 1 sampai 10 dan memecahkan soal perkalian dengan cepat. Metode pengabdian dibagi tiga tahap, mulai tahap persiapan, pelaksanaan dan tahap penutup. Pengabdian juga memberikan kegiatan pretest dan posttest pada peserta, untuk mengetahui pemahaman orang tua terhadap materi perkalian. Selain itu, peserta diminta untuk mengisi angket. Hal ini untuk mengetahui seberapa aktif peran orang tua dalam membantu siswa di rumah terutama dalam pelajaran perkalian. Pada pelaksanaan kegiatan penyampaian materi dibagi beberapa tahap. Pada tahap pertama penyampaian materi strategi yang dapat digunakan orang tua untuk memfasilitasi pembelajaran perkalian di rumah. Tahap kedua identifikasi masalah yang dihadapi siswa dalam mempelajari matematika. Tahap ketiga difokuskan pada metode pengajaran yang efektif dan sederhana untuk menghafal tabel perkalian mulai dari perkalian 1 hingga 10. Tahap keempat penyajian soal perkalian sederhana dan menunjukkan metode yang efisien dan mudah untuk menyelesaikannya. Selanjutnya, mendorong keterlibatan aktif peserta melalui diskusi. Sesi praktik memungkinkan orang tua untuk menerapkan teknik-teknik dan metode-metode yang diperkenalkan, memperkuat kemampuan mereka dalam mendukung pembelajaran anak. Hasil pengabdian ini telah membuat orang tua termotivasi dan memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap konsep perkalian. Pelatihan ini telah menunjukkan bahwa partisipasi aktif orang tua tidak hanya meningkatkan pengalaman belajar tetapi juga mengatasi tantangan potensial yang mungkin dihadapi anak-anak dalam pendidikan matematika.
Referensi
M. I. Saputra, I. G. N. Japa, and A. H. Simamora, “Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 5, no. 2, pp. 280–291, 2022, doi: 10.23887/jippg.v5i2.49815.
R. Lestari, Habibi, and S. Bastari, “Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Gumay Ulu),” J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2024, doi: 10.58222/jurip.v3i1.777.
R. Wijaya, D. Yadewani, and P. Nagara, “Pengaruh Pemanfaatan Hybrid Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa di Masa Post Pandemi,” Target J. Manaj. dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 27–38, 2023, doi: 10.30812/target.v5i1.2872.
R. Wijaya and D. Yadewani, “HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA AMIK JAYANUSA PADANG (Studi Kasus?: AMIK Jayanusa Padang),” J. Teknol. Inf. Pendidik., vol. 9, no. 3, pp. 59–71, 2016, [Online]. Available: http://tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/download/110/73
F. Widiastuti and S. Rahmah, “Matematika dan Berpikir Kritis di Era Global,” Gunung Djati Conf. Ser., vol. 32, pp. 52–60, 2023.
R. Armanza and B. Asyhar, “Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Tipe Kepribadian,” J. Tadris Mat., vol. 3, no. 2, pp. 163–176, 2020, doi: 10.21274/jtm.2020.3.2.163-176.
B. N. Nasution, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Peserta Didik,” Educ. J. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 334–341, 2023.
N. F. Zainal, “Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah,” J. basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3584–3593, 2022.
Y. S. H. Khalil and S. Arifin, “Implementasi Problem Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam Analisis Persfektif Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 6, pp. 6414–6425, 2024.
R. Saputra, N. Novaliyosi, S. Syamsuri, and A. Hendrayana, “Systematic Literature Review: Strategi Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 1697–1710, 2024, doi: 10.31004/cendekia.v8i2.3312.
I. Radila, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Pada Materi Perbandingan Melalui Model Pembelajaran Somatic , Auditory , Visual , Intellectual (SAVI) Pada Siswa SMP,” 2023.
L. N. I. Prawesti et al., Media Pembelajaran (Lakeisha), 1st ed., no. Februari. Klaten: Penerbit Lakeisha, 2024.
F. N. Aini, S. Suprakarti, and P. Sari, “Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying,Cooperating, Transfering) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Datar di Kelas VII-2 SMP Negeri 47 Jakarta,” J. Ris. Pembelajaran Mat. Sekol., vol. 1, no. 1, pp. 67–75, 2017, doi: 10.21009/jrpms.011.08.
S. Maharsi, “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Bidang Akuntansi Manajemen,” J. Akunt. dan Keuang., vol. 2, no. 2, pp. 127–137, 2000.
A. F. Rahma, “Menghadapi tantangan Abad 21: Strategi Pembelajaran matematika yang Inovatif,” no. October, 2024.
M. Meylina and R. Wijaya, “Mengoptimalkan Perkembangan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Parenting Orang Tua,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 4, no. 3, pp. 98–104, 2024, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v4i3.718.
M. Meylina and S. Mulyaningsih, “Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata untuk Pemuda di Daerah Wisata Pariaman,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 4, no. 1, pp. 6–12, 2024, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v4i1.649.
A. Siregar, Y. Hartati, P. Podojoyo, and I. Telisa, “Edukasi dan Pendampingan Pemilihan Bahan Makanan untuk Imunitas Tubuh bagi Guru dan Orang Tua Murid TK Anggrek Palembang,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 4, no. 4, pp. 121–124, 2024, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v4i4.717.
Nataherwin, R. Dwi, P. Ningsih, and L. Lestari, “Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Penjualan dalam Suatu Bisnis untuk Siswa,” vol. 4, no. 6, pp. 205–210, 2024.
R. Wijaya and D. Yadewani, “Pelatihan Perkalian Bilangan Dasar Dengan Metode Jarimatika?: Belajar Menjadi Menyenangkan,” J. Pengabdi. Masy. Akad., vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2022, doi: 10.54099/jpma.v1i2.92.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.