Pelatihan Jurnalistik untuk Literasi Media Digital bagi Siswa SMAN 7 Padang
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i6.820Kata Kunci:
pelatihan, jurnalistik, karya sastra, literasi, media digitalAbstrak
Pelatihan jurnalistik untuk literasi media digital ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat di kalangan generasi muda dalam menuliskan sejarah kehidupan. Pelatihan ini berlangsung di SMAN 7 Padang dengan diikuti oleh 25 orang siswa. Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Padang. Materi yang diberikan adalah Teknik Penulisan Feature. Teknik Penulisan Berita dan Wawancara, Pengambilan dan Penyuntingan Video dan Foto, Teknik Unggah Karya Jurnalistik ke Internet, serta Teknik dan Praktik Karya Non Jurnalistik serta Pembuatan Rubrik Karya Sastra dan Seni dan Pembentukan Pengurus Peserta didik tidak hanya diberikan teori, tetapi juga praktik menulis, seperti menulis berita, feature, karya sastra, termasuk mengambil video dan mengunggah video ke internet. Lalu, karya-karya tersebut dinilai oleh narasumber. Kemudian, diambil para pemenang karya jurnalistik terbaik di setiap materinya. Karena antusias peserta mengikuti pelatihan ini, sangat dibutuhkan kegiatan lanjutan. Untuk keberlanjutan kegiatan ini, di akhir pelatihan dilakukan pemilihan Redaksi Majalah Sekolah. Harapan nantinya mereka bisa mengemban tugas dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari di sekolahnya
Unduhan
Referensi
Suhandang, (2016). "Pengantar Jurnalistik. Edisi Revisi". Penerbit Nuansa Cendekia, Bandung.
O. U. Effendy, (2011). "Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek". Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Curtis D. MacDougall, (1968). Interpretative Reporting. Macmillan; Newyork.
S. I. Astuti, (2016). "Jurnalisme Radio Teori dan Praktik". Peneribit Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
B. Adi, (2010). "Jurnalistik Televisi". Penerbit graha Ilmu, Yogyakarta.
Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, (2022). “KBBI Edisi VI”.
I. Suryawati and Z. A. Naufal, “Jurnalistik suatu pengantar?: teori & praktik,” Bogor Ghalia Indones., p. 114, 2014, [Online]. Available: https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=274185
W. James Potter, (2013). "Media Literacy". SAGE Publications, Los Angeles.
Dyna Herlina Suwarto, (2012). “Gerakan Literasi Media di Indonesia”, Peneribit Rumah Sinema, Yogyakarta.
F. Martin and A. K. Betrus, (2019). "Digital Media for Learning". Springer. doi: 10.1007/978-3-030-33120-7.
M. A. Fatira et al., “Pembelajaran Digital,” J. Refleks. Kepemimp., vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2021.
S. Livingstone and N. Thumim, “Assessing the media literacy of UK adults: a review of the academic literature,” Semin. Media Lit., no. March, p. 54, 2003, [Online]. Available: http://eprints.lse.ac.uk/21673/
D. Suherdi et al., (2021). “Peran Literasi Digital Di Masa Pandemi". Peneribit Cattleya Darmaya Fortuna, Deli Serdang.
M. Muzakkir, R. Juliana, and M. Murhaban, “Pelatihan Penulisan Feature Jurnalistik Bagi Calon Insan Pers pada Harian Serambi Indonesia,” J. Pengabdi. Masy. Darma Bakti Teuku Umar, vol. 3, no. 2, p. 166, 2022, doi: 10.35308/baktiku.v3i2.4362.
As Haris Sumadiria, (2011). "Jurnalistik Indonesia (Menulis Berita dan Feature) Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Remaja Rosdakarya; Bandung.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.