Pendampingan Pembuatan Kemasan dan Logo untuk UMKM Jamu Merpati Jaga Raga

Penulis

  • Galuh Mira Saktiana Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i6.817

Kata Kunci:

jamu, burung, merpati, logo, kemasan, UMKM

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat dari LPPM Untar ini memberikan pendampingan untuk usaha baru yang dinamakan dengan JAGA RAGA. Usaha baru ini didirikan di Klaten pada tahun 2024 dan masih sangat baru dan perlu pendampingan lebih lanjut. Usaha ini bergerak dalam bidang jamu merpati yang terbuat dari bahan alami. Alamat lengkapnya berada di Buntalan, Kalitengah, RT 044, RW 019 Wedi Klaten. Pendampingan yang akan dilakukan meliputi penjelasan mengenai standart packaging dan pentingnya logo agar dikenal oleh para calon konsumen. Apa saja yang harus ditulis pada kemasan jamu merpati tersebut. Adapun produk yang ingin dijual adalah jamu yang terbuat dari 25 ramuan herbal dan rempah-rempah untuk kesehatan burung merpati. Produk yang masih baru tentu saja memiliki masalah yang harus diselesaikan. Masalah utama yang terjadi pada usaha ini adalah memperkenalkan produk yang masih baru dan belum dikenal oleh konsumen. Adapun pendampingan yang diberikan adalah memberikan arahan dalam pemilihan kemasan, label dan logo untuk jamu merpati tersebut sesuai dengan bisnis yang dilaksanakan UMKM tersebut. Pemilihan bahan kemasan, bentuk kemasan, serta ketahanan kemasan menjadi salah satu pendampingan yang akan dilakukan. Selain itu pemilihan warna dan bentuk tulisan juga sangat diperlukan untuk menunjang kemasan agar menjadi daya tarik bagi konsumen, sehingga UMKM akan dikenal produknya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Intan, G. (2022, March 28). Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital pada 2024. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/jokowi-targetkan-30-juta-umkm-go-digital-pada-2024/6504633.html

Febriyantoro, M. T. dan Arisandi, D. (2018), “Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean”, JMD :Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, Vol. 1, No. 2, pp. 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Ilham, B. U. (2023), “Pendampingan Kurasi Produk padaUMKM Gaddeta di Kota Makassar”, Jurnal Pustaka Mitra, Vol. 3, No. 1, pp. 30-34.

Lindung, A; A. Yusdira; dan Mashadi, (2020), “Pendampingan dan Pelatihan Inovasi Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor”, Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, Vol 1, No 1, pp. 21-28.

Ainun, N. A; Wahida; dan Maming, R. (2023) “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun BrandingPada Umkm” Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), Vol. 6, no. 1, pp. 674–681. doi: 10.36778/jesya.v6i1.967

DiskopUKM, “Bimbingan Teknis Kurasi Produk UMKM 2022,” https://ppid.jemberkab.go.id/berita-ppid/detail/bimbingan-tekniskurasi-produk-umkm-2022, Jul. 21, 2021.

Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan. Penerbit Andi.

[8] Sa’diyah, H. (2020). Inovasi Pengemasan Dan Pelabelan Dalam Meningkatkan Daya Saing. Al-Iqtishady: Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 1, No. 2, pp. 56–67.

Irma Christiana, L. P. (2021). PKM Meningkatkan Nilai Jual Gula Aren Melalui Kemasan Yang Menarik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. 103-108.

Sant’Anna, A. C., Alves, M. J. D. S., Monteiro, C., Gagliardi, T. R., & Valencia, G. A. (2022). The influence of packaging colour on consumer expectations of coffee using free word association. Packaging Technology and Science, 35(8), 629–639. https://doi.org/10.1002/pts.2675

Rizal, M. A; Bani, F. C. D; Yuniarti, T; and Faujiyah, F. (2024), “Pengembangan Media Pemasaran Dan Digitalisasi Pemasaran Di PTNirwana Unggul Restu, Depok, Jawa Barat, Jurnal Pustaka Mitra, Vol. 4, No. 3, pp. 105-111.

Lindung, A; A. Yusdira; dan Mashadi, (2020), “Pendampingan dan Pelatihan Inovasi Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor”, Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, Vol 1, No 1, pp. 21-28

Aryani, M; B. H. Septika; T. Krisnahadi; R. R. Ilhamalimy; dan Supratman. (2022), “Pelatihan Pengemasan dan Labeling Produk untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Pemasaran bagi UKM Kale Cookies”, Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 3, pp. 577-583.

Tisya, V. A.and Prakosa, A. (2021), “Pelatihan Pengembangan Manajemen Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Usaha Catering Bu Parini di Kecamatan Danurejan DIY”, Abdimas Nusantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No, 1, pp. 42-50.

Saktiana, G. M. (2023), “PENDAMPINGAN UMKM LINA BATIK UNTUK PACKAGING, LOGO DAN LABEL”, Jurnal Serina Abdimas, Vol. 1, No. 4, pp. 1588-1595

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Mira Saktiana, G. (2024). Pendampingan Pembuatan Kemasan dan Logo untuk UMKM Jamu Merpati Jaga Raga. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(6), 211–216. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i6.817