Pendampingan Kegiatan Fun English Melalui Sanggar Sastra “Kawe Mose” Bagi Siswa-siswi Sekolah Dasar di Manggarai Barat-Flores

Penulis

  • Ely Heldydiana Selamat Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Paskalia Dwisuciandri Janor
  • Maria Olga Jelimun
  • Yustus Sentus Halum
  • Stofiani Susana Lima

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i5.796

Kata Kunci:

Pembelajarna, Fun English, Sanggar Sastra

Abstrak

Kegiatan Fun English ini merupakan kegiatan Pegabdian kepada Masyrakat (PkM) hasil kolaborasi dosen dan mahasiswa/I yang bertujuan untuk menjawab kebutuhan peserta didik akan penggunaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa yang harus dikuasai di era kemajuan teknologi saat ini. Pengabdi berinisiatif untuk membantu siswa/di salah satu SDI Kabupaten Manggarai Barat yang mengalami kesulitan untuk belajar bahasa Inggris karena kondisi mereka yang selalu terpaku dengan menggunakan bahasa ibu dan kesulitan berbicara. Hal ini mendorong pengabdi untuk mendirikan sanggar sastra yang akan menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas anak-anak, terutama dalam pengembangan bahasa Inggris. Hasil dari kegiatan pendampingan ini terlihat sangat berdampak terhadap anak-anak yang sangat antusias mengikuti kegiatan Bahsa Inggris dalam sanggar sastra yang terbentuk.

Referensi

Hastuti, N., & Roviati, E. Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Inggris Menyenangkan Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid 19. Al-Khidmat, 3(2), 24–30. (2021). https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9303

Wati, N. S., Anggaira, A. S., Sari, Y. A., & Andianto, A. Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Digital untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(1), 8–12. (2021). https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i1.179

Selamat, E. H., Ekalia, Y. J., & ... English Virus Environment: Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Games dan Songs. Jurnal Pustaka …, 2(2), 113–120. (2022). http://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/198

Warohma, E. Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda (PPNH) Sukaraja. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 10(1), 91. (2021). https://doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4046

Nasution, D.S., Harahap, S.D., Siregar, S.D., & Hasibuan, A.). Pendampingan Bahasa Inggris Pada Anak- Anak Setingkat Sekolah Dasar Di Desa Wisata Pagaran Gala- Gala, Mandailing Natal- Sumut, Dalam Mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Melalui Metode Drilling Dan Repetition. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2) 63-72. (2021 https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/Indexing_Site

Rahmawati, A. Pendampingan Belajar Bahasa Inggris (Basic English) Pada Anak Usia Sekolah Dasar. 1(4), 256–262. (2022).

Maryani & Arroyyani, R. Pendampingan Belajar Bahasa Inggris Di Oemah Ngaji, Desa Turi, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(6),1077-1084. (2022). https://bajangjournal.com/index.php/JPM

Aliah, H., Iksan, M., Ramadhana, M. A., & Syukur, A. Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar bagi Anak di Taman Pendidikan Al-Quran Perumahan Harmoni Kota Palopo. Madaniya, 3(3), 637–644. (2022). https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/256

Barustyawati, A.A.S., Suarcaya, P., Ngurah, Myartawan, I.P.N.W. Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak- Anak Sekolah Dasar Di Kawasan Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENADIBA). 59-69. (2021).

Noge, M. D., Wau, M. P., & Lado, R. R. R. Pelaksanaan Program Bimbingan Belajar Bahasa Inggris “English Is Fun” Sebagai Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak-Anak Dalam Menguasai Bahasa Inggris Di Sd. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 120–127. (2020). https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.113

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Selamat, E. H., Janor, P. D., Jelimun, M. O., Halum, Y. S. ., & Lima, S. S. . (2024). Pendampingan Kegiatan Fun English Melalui Sanggar Sastra “Kawe Mose” Bagi Siswa-siswi Sekolah Dasar di Manggarai Barat-Flores. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(5), 165–170. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i5.796