Pendampingan Kegiatan Fun English Melalui Sanggar Sastra “Kawe Mose” Bagi Siswa-siswi Sekolah Dasar di Manggarai Barat-Flores
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i5.796Kata Kunci:
Pembelajarna, Fun English, Sanggar SastraAbstrak
Kegiatan Fun English ini merupakan kegiatan Pegabdian kepada Masyrakat (PkM) hasil kolaborasi dosen dan mahasiswa/I yang bertujuan untuk menjawab kebutuhan peserta didik akan penggunaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa yang harus dikuasai di era kemajuan teknologi saat ini. Pengabdi berinisiatif untuk membantu siswa/di salah satu SDI Kabupaten Manggarai Barat yang mengalami kesulitan untuk belajar bahasa Inggris karena kondisi mereka yang selalu terpaku dengan menggunakan bahasa ibu dan kesulitan berbicara. Hal ini mendorong pengabdi untuk mendirikan sanggar sastra yang akan menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas anak-anak, terutama dalam pengembangan bahasa Inggris. Hasil dari kegiatan pendampingan ini terlihat sangat berdampak terhadap anak-anak yang sangat antusias mengikuti kegiatan Bahsa Inggris dalam sanggar sastra yang terbentuk.
Referensi
Hastuti, N., & Roviati, E. Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Inggris Menyenangkan Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid 19. Al-Khidmat, 3(2), 24–30. (2021). https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9303
Wati, N. S., Anggaira, A. S., Sari, Y. A., & Andianto, A. Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Digital untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(1), 8–12. (2021). https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i1.179
Selamat, E. H., Ekalia, Y. J., & ... English Virus Environment: Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Games dan Songs. Jurnal Pustaka …, 2(2), 113–120. (2022). http://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/198
Warohma, E. Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda (PPNH) Sukaraja. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 10(1), 91. (2021). https://doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4046
Nasution, D.S., Harahap, S.D., Siregar, S.D., & Hasibuan, A.). Pendampingan Bahasa Inggris Pada Anak- Anak Setingkat Sekolah Dasar Di Desa Wisata Pagaran Gala- Gala, Mandailing Natal- Sumut, Dalam Mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Melalui Metode Drilling Dan Repetition. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2) 63-72. (2021 https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/Indexing_Site
Rahmawati, A. Pendampingan Belajar Bahasa Inggris (Basic English) Pada Anak Usia Sekolah Dasar. 1(4), 256–262. (2022).
Maryani & Arroyyani, R. Pendampingan Belajar Bahasa Inggris Di Oemah Ngaji, Desa Turi, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(6),1077-1084. (2022). https://bajangjournal.com/index.php/JPM
Aliah, H., Iksan, M., Ramadhana, M. A., & Syukur, A. Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar bagi Anak di Taman Pendidikan Al-Quran Perumahan Harmoni Kota Palopo. Madaniya, 3(3), 637–644. (2022). https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/256
Barustyawati, A.A.S., Suarcaya, P., Ngurah, Myartawan, I.P.N.W. Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak- Anak Sekolah Dasar Di Kawasan Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENADIBA). 59-69. (2021).
Noge, M. D., Wau, M. P., & Lado, R. R. R. Pelaksanaan Program Bimbingan Belajar Bahasa Inggris “English Is Fun” Sebagai Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak-Anak Dalam Menguasai Bahasa Inggris Di Sd. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 120–127. (2020). https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.113
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.