Penerapan Sistem Antrian dan Booking Produk Pengadilan Secara Online di Pengadilan Agama Jambi
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i4.739Kata Kunci:
layanan publik, produk, antrianAbstrak
Pelayanan publik adalah salah satu bentuk pengabdian negara kepada masyarakat. Layanan publik yang baik dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan terhadap pemerintah. Salah satu lembaga publik yang memberikan layanan publik adalah Pengadilan Agama. Pengadilan Agama merupakan lembaga peradilan yang memiliki kewenangan mengadili perkara-perkara yang berhubungan dengan hukum Islam, seperti pernikahan, waris, dan wakaf. Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik di Pengadilan Agama, perlu dilakukan inovasi dalam penyediaan layanan publik. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasikan sistem antrian dan booking produk pengadilan secara online. Hasil dari penerapan system antrian ini adalah masyarakat dapat memilih jadwal dan jenis layanan yang tersedia secara online dan menghindari antrian panjang. Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan efisiensi pelayanan dan mengurangi waktu tunggu masyarakat dalam memperoleh layanan publik di Pengadilan Agama.
Unduhan
Referensi
Bambang Suryantoro, "Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya," Jurnal Baruna Horizon, vol. 3, no. 2, pp. 1-7, 2020.
Mahsyar, Abdul, "Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik," Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, vol. 1, no. 2, pp. 81-90, 2011.
Fridyatama, Ollyvia, "Aplikasi Sistem Booking Antrian Pelanggan Menggunakan Algoritma First in First Out (Fifo) Pada Nanda Teknik Berbasis Website," Pengembangan Rekayasa, vol. 18, no. 1, pp. 80-93, 2022.
Meryuni Siddik, Muhammad, "Perancangan Sistem Antrian Booking Servis Menggunakan Multiple Channel Model Berbasis Web," Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, vol. 2, no. 3, pp. 134 -138, 2021.
Sarif, Muhammad, "The Implementation of The Religious Court Decisions in Matters of Divorce in Malang (Study in a Region of Malang Religious Court)," Jurnal Humanity, vol. 9, no. 1, pp. 187-194, 2014.
Wadi, Hamzan, "Produk Hukum Institusi Hukum Islam Indonesia:," Maqosid: Jurnal Studi Keislaman dan Hukum Ekonomi Syariah, vol. 9, no. 01, pp. 83-99, 2021.
Susanto, Susanto Iqbal, Muhamad Supriyatna, Wawan, "Menciptakan Sistem Peradilan Efisien Dengan Sistem E-Court Pada Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Agama Se-Tangerang Raya," JCH (Jurnal Cendekia Hukum), vol. 6, no. 1, p. 104, 2020.
Wiyanto, Hana Maria, "Peradilan Khusus Di Dalam Sistem Peradilan Di Indonesia," Jurnal Hukum Progresif, vol. 10, no. 1, pp. 76-85, 2022.
Trijoko, Arif Kristiani, Dwi Sanjaya, Wisnu, "Aplikasi Sistem Antrian Pengadilan Agama Boyolali Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Umum Berbasis Web dan Android," JITU : Journal Informatic Technology And Communication, vol. 5, no. 2, pp. 71-77, 2021.
Aris Pasigai, Moh Nur Abdi, Muhammad, "Analisis Penerapan Sistem Antrian Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Unit Pallangga Kabupaten Gowa," Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 31-47, 2019.
Ary, Maxsi, "Analisis Model Sistem Antrian Pada Pelayanan Administrasi," Jurnal Tekno Insentif, vol. 13, no. 1, pp. 9-15, 2019.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.