Workshop Penggunaan TikTok Shop untuk Meningkatkan Pendapatan Usaha pada Anggota Desa PRIMA Kelurahan Wedomartani
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i2.695Kata Kunci:
penjualan daring, pasar digital, strategi pemasaran, TikTok shopAbstrak
Produk-produk yang dihasilkan oleh anggota Desa PRIMA Kelurahan Wedomartani hanya dipasarkan secara terbatas, seperti pada saat pameran-pameran dan melalui penjualan pribadi. Pendekatan ini belum memanfaatkan potensi pasar secara optimal. Kelompok Desa PRIMA perlu meningkatkan strategi pemasaran agar produk-produk unggulannya dapat dikenal dan diakses oleh lebih banyak konsumen. Pengabdian masyarakat ini dirancang dengan metode diskusi terarah dan workshop untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertukaran gagasan dan keterampilan praktis. Keputusan mengundang pelaku usaha yang telah sukses berjualan di TikTok Shop sebagai fasilitator memberikan nilai tambah signifikan pada kegiatan ini. Dengan pengalaman praktisnya, pelaku usaha dapat memberikan wawasan yang berharga terkait dengan hambatan dan peluang di dunia penjualan daring melalui TikTok. Diskusi terarah yang menjadi bagian utama dari agenda kegiatan memberikan platform bagi anggota Desa PRIMA Kelurahan Wedomartani untuk berbagi pengalaman, mengeksplorasi solusi bersama, dan memahami secara lebih mendalam tentang pasar digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta kegiatan menunjukkan antusiasme yang tinggi dan berpartisipasi aktif dalam diskusi terkait cara berjualan di platform TikTok. Para peserta tampak sangat tertarik dan bersemangat, sebagaimana tercermin dari banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait strategi dan praktik berjualan di TikTok. Selain itu, antusiasme peserta juga terlihat dari langkah konkret yang diambil, di mana mereka secara langsung melakukan pendaftaran untuk membuat akun TikTok Shop dan mengikuti panduan serta langkah-langkah yang diuraikan oleh fasilitator
Unduhan
Referensi
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, “Punya banyak Potensi, Perempuan Mampu kembangkan Kiprah di Dunia Bisnis dan Digital,” Publikasi dan Media. Accessed: Sep. 06, 2022. [Online]. Available: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2947/punya-banyak-potensi-perempuan-mampu-kembangkan-kiprah-di-dunia-bisnis-dan-digital
Yayasan Insan Sembada, “Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan,” Yayasan Insan Sembada. Accessed: Feb. 10, 2024. [Online]. Available: https://yis.or.id/?section=detailartikel&mslink=146
BPS Provinsi D.I. Yogyakarta, “Yogyakarta Dalam Angka 2023, Indikator Sosial dan Kependudukan,” Yogyakarta Dalam Angka 2023. Accessed: Feb. 11, 2024. [Online]. Available: https://yogyakarta.bps.go.id/subject/40/gender.html#subjekViewTab3
Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk, “Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019 DP3AP2 Yogyakarta,” dp3ap2.jogjaprov.go.id. Yogyakarta, Feb. 2020. Accessed: Feb. 10, 2024. [Online]. Available: https://dp3ap2.jogjaprov.go.id/download?nama_seo=3-dokumen-kinerja
A. Utama et al., “Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten,” Jurnal Penelitian Humaniora, vol. 19, no. 2, Feb. 2014, doi: 10.21831/HUM.V19I2.8041.
B. Bentian, “Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Taraf Hidup Keluarga di Desa Kalawat Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara,” Jurnal Administrasi Publik, vol. 2, no. 30, May 2015, Accessed: Sep. 06, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/8019
D. Anita, “Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, vol. 2, no. 3, pp. 60–64, Dec. 2018, doi: 10.36057/JIPS.V2I3.338.
A. Alfian et al., “Pengembangan Strategi dan Program Bisnis UMKM Berbasis Digital Dalam membuka Peluang Pasar: Momentum Pandemi Covid-19,” Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, vol. 12, no. 2, pp. 262–273, 2023.
N. Juniarti, “Edukasi Kewirausahaan Masyarakat tentang Pengemasan dan Pemasaran Produk Wirausaha di Desa Cilengkrang Kabupaten Bandung,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 42–45, 2020.
A. M. Kaplan and M. Haenlein, “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media,” Bus Horiz, vol. 53, no. 1, pp. 59–68, Jan. 2010, doi: 10.1016/j.bushor.2009.09.003.
D. Chaffey and P. Smith, “Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing, and Integrating Online Marketing,” books.google.co.id. Routledge, pp. 1–64, 2023. Accessed: Feb. 10, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=GmmdEAAAQBAJ&pg=PA1&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=2#v=onepage&q&f=false
W. G. Mangold and D. J. Faulds, “Social media: The new hybrid element of the promotion mix,” Bus Horiz, vol. 52, no. 4, pp. 357–365, Jul. 2009, doi: 10.1016/j.bushor.2009.03.002.
Y. E. B. Mawartika, R. Kuswandhie, E. Etriyanti, Ahmadi, V. Amalia, and Y. PRIMAdasa, “Pelatihan Pemanfaatan Teknologi untuk Bisnis Online bagi Ibu Rumah Tangga Kelurahan Ponorogo,” Jurnal Pustaka Mitra, vol. 4, no. 1, pp. 1–5, Jan. 2024.
I. Indriani, A. A. Azmi, T. Eliyanti, and A. Varentina, “Pendataan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Menuju Go Digital Marketplace di Padukuhan Jowah Kel Sidoagung, Kapanewon Godean, Sleman,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 3, no. 6, pp. 877–884, Dec. 2023, doi: 10.52436/1.jpmi.1959.
D. Trisna Yuniarti et al., “Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 121–126, Jun. 2022, doi: 10.55382/JURNALPUSTAKAMITRA.V2I2.202.
M. D. Rusmana, Z. R. Septia, H. Putri, R. Rifa’i, R. S. Pangestuti, and H. Khatimah, “Digital Marketing Socialization for Entrepreneurs in Babakan Banten Village Karawang Regency,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 363–368, 2023, doi: 10.32815/jpm.v4i2.1.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.