Pelatihan Pemanfaatan Teknologi untuk Bisnis Online bagi Ibu Rumah Tangga Kelurahan Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i1.648Kata Kunci:
Teknologi, Pemasaran Digital, Ibu Rumah TanggaAbstrak
Proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi saat ini semuanya dapat dilakukan melalui teknologi. Semua kegiatan tersebut termasuk dalam bagian dari e-business. Kegiatan e-business bisa dilakukan oleh kalangan manapun, dari pekerja kantoran hingga ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga terkesan hanya berdiam diri di rumah, padahal sebenarnya ibu rumah tangga bisa melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan uang, yaitu melalui e-business. Namun rata-rata ibu rumah tangga belum memiliki pengetahuan terkait pelaksanaan e-business dikarenakan kurangnya informasi atau pengalaman dari e-business. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilakukan di lingkungan Kelurahan Ponorogo Kecamatan Lubuklinggau Utara II Kota Lubuklinggau diperuntukkan khusus untuk ibu rumah tangga. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini memberikan pelatihan kepada ibu rumah tangga mengenai bagaimana memanfaatkan teknologi untuk bisnis online. Diharapkan dari pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini mampu memberikan informasi dan pengetahuan kepada ibu rumah tangga mengenai pemanfaatan teknologi untuk bisnis online.
Unduhan
Referensi
Y. E. B. Mawartika, H. Juliansa, R. Kuswandhie, and A. Ahmadi, “Workshop Pemanfaatan Internet Sebagai Media Belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Taqwallah,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 4, pp. 214–217, 2022
P. Nugrahaningsih et al., “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, p. 8, 2021.
U. Ni’mah, A. B. Tjahjono, and G. Shidiq, “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam,” Conf. Islam. Stud., pp. 326–340, 2019.
O. Y. Yuliana, “Penggunaan Teknologi Internet,” J. Akunt. Dan Keuang., vol. 2, no. 1, pp. 36–52, 2000.
R. Yacub and W. Mustajab, “Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce,” J. MANAJERIAL, vol. 19, no. 2, pp. 198–209, 2020.
F. Reken, B. Modding, and R. Dewi, “Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar,” Tata Kelola, vol. 7, no. 2, pp. 248–253, 2020.
K. Albi, “Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko,” J. Manaj. Strateg. dan Apl., vol. 3, no. 1, pp. 21–30, 2020.
L. B. Hasiholan and D. Amboningtyas, “Model Pemasaran Digital Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Kota Semarang,” J. Sains Sosio Hum., vol. 5, no. 1, pp. 45–48, 2021.
L. D. Septiningrum, K. Sadiyah, J. M. Hasan, D. R. Gustiasari, and I. Darsita, “PENGENALAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGHASILAN IBU RUMAH TANGGA (IRT) MAJLIS TAKLIM Al AULADIYAH,” Dedik. Pkm, vol. 1, no. 3, p. 1, 2020.
P. P. Adina Dwijayanti, “Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19,” Ikra-Ith Abdimas, vol. 4, no. 2, pp. 68–73, 2021.
D. D. Fakhriyyah and Y. Wulandari, “Sosialisasi Digital Marketing dan Inovasi Produk pada UKM Gula Merah Guna Mempertahankan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19,” Jp2M, vol. 1, no. 4, pp. 311–317, 2020.
D. Apriadi and A. Y. Saputra, “E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian,” J. RESTI, vol. 1, no. 2, 2017.
A. Santosa, “Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang Di Masa Pandemi Covid-19,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 5, no. 11, p. 1257, 2020.
B. P. S. K. Lubuklinggau, Kota Lubuklinggau Dalam Angka: Lubuklinggau Municipality in Figures 2022. Lubuklinggau: Badan Pusat Statistik Kota Lubuklinggau, 2022.
H. A. Manap, Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media, 2016.
D. Sudaryono, Manajemen Pemasaran, Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2016.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.