Mengembangkan Minat Membaca Pelajar terhadap Karya Sastra Amerika
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i6.635Kata Kunci:
karya sastra, pelajar, minat membaca, sastra AmerikaAbstrak
Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini mengangkat tema tentang minat membaca karya sastra berbahasa Inggris di kalangan pelajar. Sastra yang berbahasa Inggris tidak selalu merujuk kepada sastra dari negara Inggris, tetapi juga mencakup sastra dari negera Amerika Serikat atau negara-negara lainnya yang berbahasa Inggris. Pembahasan ini dianggap menarik sekaligus penting karena selain dapat membantu pelajar meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, juga dapat membantu para pelajar untuk menganalisis dan memahami pesan yang terkandung dalam karya sastra tersebut. Program ini disusun dalam bentuk forum diskusi yang diikuti oleh pelajar-pelajar SMP dan SMA dari Yayasan Pendidikan Winfield di Kota Medan. Kegiatan ini bermanfaat untuk peningkatan pengetahuan terhadap pentingnya menumbuhkan minat membaca pelajar remaja terhadap karya sastra agar mereka dapat menikmati dan menghargai keindahan dan keunikan karya sastra. Pembahasan ini memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa selain dapat meningkatkan perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris membaca karya sastra Amerika juga dapat melatih kemampuan analisis murid-murid dalam mengkaji karya sastra agar dapat mengungkapkan pesan-pesan atau nilai-nilai yang ada dalam karya sastra.
Unduhan
Referensi
Ahyar, J. (2019). Apa itu Sastra: Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah cara menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Anafia, S. (2015). “Pemanfaatan Sastra Anak sebagai Media Penumbuhan Budi Pekerti”. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 2 (1): 267-271. https://jurnal.ustjogj.ac.id/index.php/trihayu/article/view/800.
Dewi, A. A. I. B. F & N. K. R. D. Prawita. (2019). “Improving Young Learners’ Interest in Reading”. Yavana Bhasha Journal of English Language Education 2 (2): 46-54. htpps://doi,org/10.25078/yb.v212.578.
Friantary, H. (2019). “Budaya Membaca sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat”. Disastra 1 (1): 66-70. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485.
Gong, X. (2021). “Role of Literature in Teaching English as Foreign Language Context”. Advances in Social Science, Education and Humanities Research 598: 577-579. https://www.atlantispress.com/proceedings/icsshe-21/125964078.
Hermawan, R., N. Rumaf & Solehun. (2020). “Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong”. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 2 (1): 56-62. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411.
Hidayati, A., Atmazaki & Abdurahman. (2016). “Hubungan Pengalaman Membaca Sastra dengan Keterampilan Menulis Puisi”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5 (2) Seri A: 17-23. https://doi.org/10.24036/9830-019883.
Papadima-Sophocleous, S. (2009). “Can Teenagers be Motivated to Read Literature?”. The Reading Matrix 9 (2): 118-131. http://www.readingmatrix.com/archives/archives_vol9_no2.html.
Rao, D. V. & G. M. Charyulu. (2015). “Enhancing Communication Skills through Language & Literature”. Research Journal of English Language & Literature (RJELAL) 3 (1): 193-199. https://www.researchgat.net/publication/08110199_ENHANCING_COMMUNICATION_SKILLS_THROUGH_LANGUAGE _LITERATURE.
Rudy, R. (2021) "Film Amerika sebagai Media untuk Pendidikan Karakter". Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi terhadap Masyarakat 1 (2): 118-123. https://juranal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/artile/view/66.
Rudy, R. (2022). “Pentingnya Pemahaman Lintas Budaya (Cross-Cultural Understanding) bagi Pelajar”. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat 2 (4): 251-255. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i4.334.
Shannon, E. A. 2002. The Prentice Hall Pocket Guide: Writing about Literature. New Jersey: Prentice Hall.
Velandia, M. R., A. L. P. Torres & M. N. Ali. (2012). “Using Web-Based Activities to Promote Reading: An Exploratory Study with Teenagers”. PROFILE 14 (2): 11-27. https://revistas.unal.edu.co/index.php/profile/article/view/34034.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.