Pelatihan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Bagi Guru-Guru di SDK St. Yoseph Noelbaki

Penulis

  • Konradus Silvester Jenahut Universitas San Pedro
  • Osniman Paulina Maure Universitas San Pedro
  • Angelina Christin O. R. Lake Universitas San Pedro
  • Chamelya V. C. Sene Universitas San Pedro
  • Timoteus Ajito Universitas San Pedro
  • Mansuetus Mola Universitas San Pedro
  • Rince S. M. Benu Universitas San Pedro
  • Rozita Y. Lodo Universitas San Pedro

Kata Kunci:

Pelatihan, Pembelajaran Daring, Google Classroom, Covid-19

Abstrak

Kegiatan PKM ini didasari oleh fenomena banyaknya guru yang belum dapat memanfaatkan platform Google Classroom dalam pembelajaran daring semasa pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas San Pedro berinisiatif untuk melaksanakan pelatihan pembelajaran daring dengan menggunakan Google Classroom kepada seluruh guru SDK St. Yoseph Noelbaki. Tujuan yang diharapkan melalui pelaksanaan kegiatan PKM ini, yaitu para guru dapat mengimplementasikan Google Classroom dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan PKM yang telah dilakukan oleh Tim PKM, dapat disimpulkan bahwa pelatihan pelaksanaan pembelajaran daring berbasis Google Classroom bagi guru-guru di SDK St. Yoseph Noelbaki memberikan dampak positif bagi guru-guru. Para guru dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan Google Classroom sebagai platform atau media belajar dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Gusty et al., Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis, 2020.

M. Zhou and David Brown, Educational Learning Theories: 2nd Edition, vol. 51, no. 4. 2015.

M. H. Assidiqi and W. Sumarni, “Pemanfaatan platform digital di masa pandemi covid-19,” in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2020, pp. 298–303, [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519.

M. Mastur, M. Afifulloh, and L. N. A. B. Dina, “Upaya Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19,” JPMI J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 3, pp. 72–81, 2002.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-29

Cara Mengutip

Jenahut, K. S., Maure, O. P. ., Lake, A. C. O. R. ., Sene, C. V. C. ., Ajito, . T., Mola, M. ., Benu, R. S. M. ., & Lodo, R. Y. . (2021). Pelatihan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Bagi Guru-Guru di SDK St. Yoseph Noelbaki. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 1(1), 60–64. Diambil dari https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/558