Pelatihan Variasi Asesmen Yang Menyenangkan Bagi Guru-Guru di MGMP Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i4.555Kata Kunci:
penilaian diri, portofolio, guru Bahasa inggrisAbstrak
Penggunaan penilaian portofolio dan penilaian diri semakin penting dalam meningkatkan kualitas pengajaran bahasa dan memotivasi siswa untuk belajar bahasa secara aktif. Oleh karena itu, para guru bahasa perlu mempertimbangkan penggunaan kedua metode ini sebagai bagian dari proses evaluasi dan penilaian dalam kelas mereka. Penerapan penilaian portofolio dan penilaian diri dalam pengajaran bahasa Inggris dapat memberikan manfaat bagi siswa, namun para guru juga menghadapi berbagai tantangan. Beberapa tantangan atau masalah yang dihadapi oleh para guru dalam menerapkan penilaian portofolio dan penilaian diri antara lain keterbatasan dalam menggunakan teknologi, minimnya keterampilan berpikir siswa, kesulitan dalam mengintegrasikan dengan kurikulum,standard penilaian, umpan balik. Guru- guru pada forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris di Wilayah Tengah, Kabupaten Jember menghadapi berbagai tantangan yang sama. Berkaitan dengan masalah tersebut maka tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari beberapa dosen Program Studi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Jember menyelenggarakan suatu “Pelatihan Asesmen dan Penilaian Diri dalam Pengajaran Bahasa Inggris”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode diskusi, demonstrasi, studi kasus dan praktek secara langsung untuk meningkatkan penguasaan materi tentang variasi assessment dan penilaian diri yang dapat diterapkan secara humanis dan menyenangkan bagi siswa- siswa di sekolah serta meningkatkan penguasaan ketrampilan dalam menerapkan berbagai variasi assessment dan penilaian diri yang humanis dan menyenangkan.
Unduhan
Referensi
P. Rahayu, D. I. Sensuse, B. Purwandari, I. Budi, and N. Zulkarnaim, “Review on e-Portofolio definition, model, type and system,” 2016 Int. Conf. Inf. Technol. Syst. Innov. ICITSI 2016 - Proc., pp. 7–12, 2017, doi: 10.1109/ICITSI.2016.7858204.
E. Eridafithri, The Application of Portfolios to Assess Progress in Writing of EFL Students at Secondary Schools in Banda Aceh, vol. 2, no. 1. 2015. doi: 10.24815/siele.v2i1.2231.
B. Mahardika, “Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Elem. J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, p. 33, 2018, doi: 10.32332/elementary.v4i1.1030.
H. Lotherington and J. Jenson, “Teaching multimodal and digital literacy in L2 settings: New literacies, new basics, new pedagogies,” Annu. Rev. Appl. Linguist., vol. 31, pp. 226–246, 2011, doi: 10.1017/S0267190511000110.
S. Wray, “Electronic Portfolios in a Teacher Education Program,” E-Learning Digit. Media, vol. 4, no. 1, pp. 40–51, 2007, doi: 10.2304/elea.2007.4.1.40.
N. Nurhayani, S. Syamsudduha, and A. Afiif, “Kesulitan Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas Xii Di Sma Negeri 2 Gowa,” J. Biotek, vol. 6, no. 1, p. 93, 2018, doi: 10.24252/jb.v6i1.5153.
S. Hajaroh and R. Adawiyah, “Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik,” ElmidadJurnal PGMI, vol. 10, no. No. 2, pp. 131–152, 2018, [Online]. Available: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/778
W. Wahyudi, “Assesment Pembelajaran Berbasis Portofolio di Sekolah,” J. Visi Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 288–297, 2012, doi: 10.26418/jvip.v2i1.370.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.