Edukasi Strategi Diskon dalam Memenuhi Minat dan Kepuasan Pelanggan pada Umkm Abyan Kosmetik dan Aksesoris
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i4.552Kata Kunci:
UMKM, Tujuan, Metode, Komunikasi, PendapatanAbstrak
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi pemilik UMKM terkait diskon dalam mencapai kepuasan konsumen pada UMKM abyan kosmetik dan aksesoris. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah kegiatan pada usaha yang dilakukan untuk memperluas lapangan kerja, serta menyediakan pelayanan ekonomi yang luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat,serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Peran penting UMKM dapat mendorong Kota Padang untuk terus berupaya meningkatkan daya saing pada UMKM dalam menghadapi interaksi Masyarakat. Strategi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui edukasi pada diskon dan minat masyarakat terhadap kepuasan konsumen pada UMKM Abyan Kosmetik dan Aksesoris. Penyususnan artikel ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada pemilik UMKM Abyan Kosmetik dan Aksesoris yang menunjukkan bahwa UMKM Abyan dapat meningkatkan daya saing.
Unduhan
Referensi
P. & Kotler and K. L. Keller, “Manajemen pemasaran. Edisi Dua Belas Jilid 1. Alih Bahasa Benyamin Molan,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 1, no. 1, pp. 77–84, 2007.
A. Afida and M. T. Zamzami, “Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Menggunakan Potongan Harga (Diskon) Dengan Berjangka Waktu di Pusat Perbelanjaan Ramayana Kota Salatiga,” J-HES J. Huk. Ekon. Syariah, vol. 04, no. 2, pp. 96–111, 2020.
N. E. Ermida, S. Ghalib, and N. Wahyuni, “Pengaruh Diskon dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi Tix ID di Kota Banjarmasin,” Smart Bus. J., vol. 1, no. 1, p. 41, 2022, doi: 10.20527/sbj.v1i1.12790.
E. W. Putra, S. Kumadji, and E. Yulianto, “KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang ),” J. Ilmu Adm., vol. 38, no. 2, pp. 184–193, 2016.
L. Cucu Sumartini and D. Fajriany Ardining Tias, “Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja,” J. E-Bis, vol. 3, no. 2, pp. 111–118, 2019, doi: 10.37339/e-bis.v3i2.124.
A. Sari and R. Ramayanti, “Analisis Biaya Produksi Pada Umkm Rini Catering Kebon Baru Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Pemberian Diskon,” Ikraith-Ekonomika, vol. 5, no. 1, pp. 248–261, 2021.
Ary Dwi Anjarini, Aria Mulyapradana, Aria Elshifa, and Khafidzin, “Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Madu Pada Umkm Jamaluddin,” J. Ilmu Manajemen, Ekon. dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 3, pp. 66–77, 2022, doi: 10.55606/jimek.v1i3.154.
L. Setyowati, “Pengaruh Pemasaran Online Dan Minat Pelanggan Terhadap Peningkatan Laba Kharisma Studio,” MINISTAL J. Ekon. dan Bisnis Digit., vol. 1, no. 1, pp. 19–28, 2022, doi: 10.54259/ministal.v1i1.334.
N. Sutrisno and A. D. Haryani, “Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency,” J. Lentera Bisnis, vol. 6, no. 1, p. 85, 2017, doi: 10.34127/jrlab.v6i1.169.
A. Firdaus, “Pengaruh strategi pemasaran terhadap minat konsumen membeli produk perumahan (kasus pada Perumahan Surya Mandiri Teropong PT Efa Artha Utama),” Jom Fisip UNRI, vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2017, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/130504/pengaruh-strategi-pemasaran-terhadap-minat-konsumen-membeli-produk-perumahan-kas
I. D. Ghristian, “Citra Merek , Dan Iklan Terhadap Minat Beli,” 2016, doi: 10.14414/jbb.v5i2.552.
D. K. Gultom, M. Arif, and Muhammad Fahmi, “Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek,” MANEGGGIO J. Ilm. Magister Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 273–282, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
D. Solihin, “Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Mowen, J. C., & Micheal, M. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga,” J. Mandiri, vol. 4, no. 1, pp. 38–51, 2020.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.