Evaluasi Kepuasan Kerja Karyawan Pada Perusahaan Untuk Memahami Faktor Faktor Kepuasan Kerja Dan Solusi Peningkatan Kepuasan Kerja Pada Umkm

Penulis

  • Marta Widian Sari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Adila Rahmatul Khaira Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Nabila Sovia Hendra Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Marshela Septika Putri Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Tiara Annisya Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i5.547

Kata Kunci:

Evaluasi Kepuasan Kerja, Faktor Faktor Kepuasan Kerja, Peningkatan Kepuasan Kerja

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi pemilik UMKM terkait diskon dalam mencapai kepuasan konsumen pada UMKM abyan kosmetik dan aksesoris. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah kegiatan pada usaha yang dilakukan untuk memperluas lapangan kerja, serta menyediakan pelayanan ekonomi yang luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat,serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Peran penting UMKM dapat mendorong Kota Padang untuk terus berupaya meningkatkan daya saing pada UMKM dalam menghadapi interaksi Masyarakat. Strategi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui edukasi pada diskon dan minat masyarakat terhadap kepuasan konsumen pada UMKM Abyan Kosmetik dan Aksesoris. Penyususnan artikel ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada pemilik UMKM Abyan Kosmetik dan Aksesoris yang menunjukkan bahwa UMKM Abyan dapat meningkatkan daya saing.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

V. Nila Sari, M. Widian Sari, D. Anggraini, dan A. Novrianto, “Penerapan Pelatihan Kerja Karyawan pada Tingkat Kualitas Produksi Usaha Tempe dan Toge (Berkah)Parak Karakah Padang Timur,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2, hal. 62–65, 2022, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.155.

I. M. Putri, M. Iken, B. Anju, dan N. A. Mey, “Pengaruh Penerapan Manajemen Risiko Bisnis pada UMKM Cafe Garis Langit,” J. Manage., vol. 5, no. 3, hal. 447–453, 2022, doi: 10.37531/yume.vxix.356.

P. S. T. Mawuntu dan R. C. Aotama, “Pengukuran Kinerja UMKM Berdasarkan Key Performance Indicators (KPI) Metode Balanced Scorecard,” WACANA Ekon. (Jurnal Ekon. Bisnis dan Akuntansi), vol. 21, no. 1, hal. 72–83, 2022, doi: 10.22225/we.21.1.2022.72-83.

S. F. Insani, A. W. Wijayanti, dan B. N. Cahyaningrum, “Pendampingan Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Pada Coffee Shop Cekopi di Mendungan, Kartasura,” War. LPM, vol. 23, no. 2, hal. 94–104, 2020, doi: 10.23917/warta.v23i2.9332.

F. Wibowo dan H. K. Tjahjono, “Optimalisasi kinerja organisasi melalui gaya kepemimpinan yang efektif untuk mencapai kepuasan kerja: sebuah studi literatur,” Entrep. Bisnis Manaj. Akunt., vol. 4, no. 1, hal. 129–142, 2023, doi: 10.37631/ebisma.v4i1.929.

K. Di dan P. Dazzel, “218-827-1-Pb,” vol. 14, no. 2, hal. 50–61, 2021.

A. Noviardy dan T. Trisninawati, “Analisis Person-Organization Fit (P-O Fit) Dan Kinerja Extra Role Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada UMKM Produk Olahan Kuliner di Kota Palembang),” Mbia, vol. 21, no. 2, hal. 224–235, 2022, doi: 10.33557/mbia.v21i2.1887.

N. Laura, P. Marbun, N. Octaviani, S. Pertiwi, dan H. Sandi, “Kepuasan Kerja Pada Karyawan Toko Grosir Artha,” vol. 1, no. 5, hal. 1007–1011, 2023.

J. Jurnal, I. Mea, P. Lingkungan, K. Dan, dan K. Kerja, “Meningkatkan Kinerja Pegawai Intraco Penta Tbk,” vol. 7, no. 1, hal. 381–398, 2023.

G. R. Pranazhira dan A. Sukmawati, “Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Work Engagement Karyawan UKM Susu Kambing Kabupaten Bogor,” J. Manaj. dan Organ., vol. 8, no. 1, hal. 60–74, 2017, doi: 10.29244/jmo.v8i1.18601.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Widian Sari, M., Rahmatul Khaira, A., Hendra, N. S. ., Putri, M. S. ., & Annisya, T. (2023). Evaluasi Kepuasan Kerja Karyawan Pada Perusahaan Untuk Memahami Faktor Faktor Kepuasan Kerja Dan Solusi Peningkatan Kepuasan Kerja Pada Umkm. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(5), 206–210. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i5.547