Evaluasi Kepuasan Kerja Karyawan Pada Perusahaan Untuk Memahami Faktor Faktor Kepuasan Kerja Dan Solusi Peningkatan Kepuasan Kerja Pada Umkm
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i5.547Kata Kunci:
Evaluasi Kepuasan Kerja, Faktor Faktor Kepuasan Kerja, Peningkatan Kepuasan KerjaAbstrak
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi pemilik UMKM terkait diskon dalam mencapai kepuasan konsumen pada UMKM abyan kosmetik dan aksesoris. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah kegiatan pada usaha yang dilakukan untuk memperluas lapangan kerja, serta menyediakan pelayanan ekonomi yang luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat,serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Peran penting UMKM dapat mendorong Kota Padang untuk terus berupaya meningkatkan daya saing pada UMKM dalam menghadapi interaksi Masyarakat. Strategi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui edukasi pada diskon dan minat masyarakat terhadap kepuasan konsumen pada UMKM Abyan Kosmetik dan Aksesoris. Penyususnan artikel ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada pemilik UMKM Abyan Kosmetik dan Aksesoris yang menunjukkan bahwa UMKM Abyan dapat meningkatkan daya saing.
Unduhan
Referensi
V. Nila Sari, M. Widian Sari, D. Anggraini, dan A. Novrianto, “Penerapan Pelatihan Kerja Karyawan pada Tingkat Kualitas Produksi Usaha Tempe dan Toge (Berkah)Parak Karakah Padang Timur,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2, hal. 62–65, 2022, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.155.
I. M. Putri, M. Iken, B. Anju, dan N. A. Mey, “Pengaruh Penerapan Manajemen Risiko Bisnis pada UMKM Cafe Garis Langit,” J. Manage., vol. 5, no. 3, hal. 447–453, 2022, doi: 10.37531/yume.vxix.356.
P. S. T. Mawuntu dan R. C. Aotama, “Pengukuran Kinerja UMKM Berdasarkan Key Performance Indicators (KPI) Metode Balanced Scorecard,” WACANA Ekon. (Jurnal Ekon. Bisnis dan Akuntansi), vol. 21, no. 1, hal. 72–83, 2022, doi: 10.22225/we.21.1.2022.72-83.
S. F. Insani, A. W. Wijayanti, dan B. N. Cahyaningrum, “Pendampingan Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Pada Coffee Shop Cekopi di Mendungan, Kartasura,” War. LPM, vol. 23, no. 2, hal. 94–104, 2020, doi: 10.23917/warta.v23i2.9332.
F. Wibowo dan H. K. Tjahjono, “Optimalisasi kinerja organisasi melalui gaya kepemimpinan yang efektif untuk mencapai kepuasan kerja: sebuah studi literatur,” Entrep. Bisnis Manaj. Akunt., vol. 4, no. 1, hal. 129–142, 2023, doi: 10.37631/ebisma.v4i1.929.
K. Di dan P. Dazzel, “218-827-1-Pb,” vol. 14, no. 2, hal. 50–61, 2021.
A. Noviardy dan T. Trisninawati, “Analisis Person-Organization Fit (P-O Fit) Dan Kinerja Extra Role Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada UMKM Produk Olahan Kuliner di Kota Palembang),” Mbia, vol. 21, no. 2, hal. 224–235, 2022, doi: 10.33557/mbia.v21i2.1887.
N. Laura, P. Marbun, N. Octaviani, S. Pertiwi, dan H. Sandi, “Kepuasan Kerja Pada Karyawan Toko Grosir Artha,” vol. 1, no. 5, hal. 1007–1011, 2023.
J. Jurnal, I. Mea, P. Lingkungan, K. Dan, dan K. Kerja, “Meningkatkan Kinerja Pegawai Intraco Penta Tbk,” vol. 7, no. 1, hal. 381–398, 2023.
G. R. Pranazhira dan A. Sukmawati, “Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Work Engagement Karyawan UKM Susu Kambing Kabupaten Bogor,” J. Manaj. dan Organ., vol. 8, no. 1, hal. 60–74, 2017, doi: 10.29244/jmo.v8i1.18601.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.