Pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah dengan Mengimplementasikan Teknologi Sebagai Strategi Pemasaran

Penulis

  • Anwar Sadat Universitas Muhammadiyah Buton
  • Herman Lawelai Universitas Muhammadiyah Buton
  • Askal Basir Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i2.537

Kata Kunci:

Pemberdayaan IKM, Teknologi Digital, Pelatihan, Efisiensi Produksi, Strategi Pemasaran

Abstrak

Industri kecil dan menengah (IKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, namun seringkali menghadapi tantangan dalam hal pengelolaan produksi dan teknologi. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan Sentra IKM Kota Baubau dengan mengimplementasikan teknologi sebagai strategi pemasaran, yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, kualitas, dan daya saing produk. Program ini melibatkan pelatihan berbasis teknologi digital, yang mencakup penggunaan perangkat lunak desain untuk pengembangan produk, otomatisasi dalam proses produksi, serta pengelolaan data produksi yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini terdiri dari ceramah, tanya jawab, dan pelatihan praktikum yang memungkinkan peserta untuk langsung mempraktikkan teknologi yang diajarkan. Teknologi yang diperkenalkan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dengan cara yang lebih efisien, mengurangi biaya operasional, serta meningkatkan konsistensi dan kualitas produk. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan pemahaman peserta terhadap penggunaan teknologi dalam produksi, serta dampak langsung pada peningkatan kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan oleh Sentra IKM Kota Baubau. Selain itu, diharapkan adanya pengurangan biaya yang dapat memperbesar margin keuntungan dan meningkatkan daya saing produk di pasar lokal maupun global. Program ini tidak hanya memberi manfaat bagi peserta, tetapi juga menjadi model untuk pengembangan IKM lainnya yang ingin memanfaatkan teknologi untuk memperbaiki proses bisnis. Dengan demikian, pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan ekonomi berbasis IKM yang lebih berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Badan Pusat Statistik, “Statistik Indonesia 2024,” 2024.

Badan Pusat Statistk Kota Baubau, Kota Baubau Dalam Angka-2024. 2024.

Badan Pusat Statistik Kota Baubau, “PROFIL INDUSTRI MIKRO DAN KECIL KOTA BAUBAU 2020,” 2020.

E. Triana Putri et al., “Pelatihan Strategi Pemasaran secara Digital dan Peningkatan Penjualan,” Community Services Journal (CSJ), vol. 6, no. 2, pp. 76–81, 2024, doi: 10.22225/csj.6.2.2024.76-81.

BADAN PUSAT STATISTIK KOTA BAUBAU, “Perkembangan Indeks Harga Konsumen Kota Baubau April 2024,” 2024.

I. Ningsi Amalia Rachmna, M. Dwi Parista, E. Wibawa, and U. Pendidikan Mandalika, “PELATIHAN PEMASARAN BERBASIS DIGITALISASI DI DESA SEKOTONG,” 2024. [Online]. Available: http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/issue/archive

J. Stephanie Nange et al., “Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pada Masyarakat Desa Tanah Merah,” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 1874–1878, 2024, doi: 10.31949/jb.v5i2.8804.

Verend Sirlya and Maharani Ikaningtyas, “Implementasi Pemberdayaan UMKM melalui Pengembangan Digitalisasi Teknologi dan Pemanfaatan Sumber Daya Lokal ‘Pisang’ di Desa Saringembat Tuban,” Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, vol. 4, no. 1, pp. 119–125, Jan. 2025, doi: 10.58192/sejahtera.v4i1.2978.

M. Al Ikshsan Safilin, I. Kadir, and D. Nurhayati Yusuf, “Determining Industrial Area Location in Baubau City Through Score Analysis and Weighting,” JURNAL PERENCANAAN WILAYAH, vol. 9, no. 1, 2024, doi: 10.33772/jpw.v9i1.453.

N. Kamisah, J. Almahirah, N. Fadillah, S. Nur Kusumawati, and P. Studi Ekonomi Syariah, “SOSIALISASI PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, no. 3, 2024.

X. Li, C. Bao, and S. Wu, “Mixed Methods: New Trends in Applied Linguistics Research Methods,” Scientific Journal Of Humanities and Social Sciences, vol. 6, p. 2024, 2024.

A. Sadat, Nastia, and Hartuti, “Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Desa Wisata Di Kabupaten Buton Selatan,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 03, pp. 261–268, 2021, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/article/view/4095

M. Irfan Al Qohirie et al., “Sosialisasi Penggunaan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Era Digitalisasi,” MEJUAJUA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022, doi: 10.52622/mejuajuajabdimas.v2i1.66.

Aprillia Pratiwi Putri, “Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 2022.

N. W. L. R. P. E. D. J. G. V. M. O. Dicky Ardiansyah Aceh, “Pelatihan Dan Pendampingan Pemasaran Umkm Berbasis Digital Desa Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang,” JNB?: Jurnal Nusantara Berbakti, 2023.

H. E. T. F. A. T. Simadi; Samanto, “Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Pentingnya Pemasaran Digital Dan Protokol Kesehatan Pada Pelaku Umkm Di Desa Trucuk Klaten,” Jurnal BUDIMAS, 23AD.

A. Arjang, H. Harwin, W. Hamid, and A. R. Jaya, “Pelatihan Marketing Strategi Tenaga Pemasaran Guna Pencapaian Target Penjualan,” BAKTIMAS?: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 1, no. 4, pp. 212–217, Dec. 2019, doi: 10.32672/btm.v1i4.1723.

L. Judijanto et al., “PENGEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) BERBASIS INOVASI TEKNOLOGI UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI LOKAL,” Communnity Development Journal, vol. 4, no. 6, pp. 12500–12507, 2023.

A. Zhao, Fang; Collier, “Digital Entrepreneurship: Research and Practice,” 9th Annual Conference of the EuroMed Academy of Business, no. September, pp. 2173–2182, 2017, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/309242001_Digital_Entrepreneurship_Research_and_Practice

Bunga Aditi, Entrepreneurship & Startup Entrepreneur Yang Unggul. 2018.

D. I. Hasanah, “Membangun Jiwa Entrepreneur Birokrasi Pemerintah Dalam Era Otonomi Daerah,” Jurnal JISIPOL Ilmu Pemerintahan Universitas Bale Bandung, vol. 4, no. 1, pp. 1–14, 2020.

Musnaini, H. Wijoyo, I. Indrawan, and Syahtriatna, Digipreneurship (Kewirausahaan Digital), no. July. 2020.

Neliyanti and M. Heriyanto, “Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakata Pesisir,” Jurnal Kebijakan Publik, vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2013.

Y. Wang et al., “Rapid socioeconomic change represented by catering industry contributes to poverty eradication in China,” Habitat Int, vol. 138, 2023, doi: 10.1016/j.habitatint.2023.102876.

M. Askal Basir, A. Sadat, and L. Hanifa, “Strategy Increase The Productivity Of Small and Medium Enterprises in Kamali Beach Kota Baubau,” Mamangan Social Science Journal, vol. 11, no. 2, pp. 212–220, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/jurnal-mamangan/index

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-31

Cara Mengutip

Sadat, A. ., Lawelai, H. ., & Basir, A. . (2025). Pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah dengan Mengimplementasikan Teknologi Sebagai Strategi Pemasaran. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(2), 70–76. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i2.537