Peningkatan Kompetensi Siswa pada Network Security di SMKN 6 Padang
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i3.476Kata Kunci:
Security, Network, Wireshark, Kompetensi, SiswaAbstrak
Dalam jaringan komputer perlu adanya manajemen jaringan seperti konfigurasi, topologi, dan proteksi keamanan jaringan (security network). Keterampilan siswa SMK khususnya jurusan TKJ terkait dengan jaringan sangat dibutuhkan, untuk itu perlu mempelajari sistem jaringan komputer secara intensif. Kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran komputer dasar dan jaringan kelas X telah dilaksanakan secara baik sesuai kurikulum yang berlaku, namun dari segi waktu praktikum sangat terbatas sehingga siswa kurang memahami bagaimana manajemen jaringan yang ideal sesuai prosedur dan standar. Dengan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan upaya peningkatan pemahaman di bidang keamanan jaringan melalui beberapa cara, salah satu cara yang akan dilakukan adalah menyesuaikan metode pengajaran yaitu melibatkan siswa secara langsung teori dan langsung dipraktikkan. Kegiatan ini dilakukan terkait dengan tuntutan perguruan tinggi melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Salah satu alternatif solusi yang ditawarkan oleh tim PkM adalah memberikan pelatihan keamanan jaringan secara intensif menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan pengguna yaitu Wireshark. Hasil dari kegiatan ini memberikan peningkatan kompetensi siswa di bidang keamanan jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan. Dan telah dipublikasikan pada media online dan jurnal pengabdian.
Unduhan
Referensi
Agus Wibowo, (2020), “Keamanan Sistem Jaringan
Komputer”, Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.
An’ars, M. G., Wahyudi, A. D., Hendrastuty, N., Damayanti, D., Hutagalung, S., & Mahendra, A. (2022). Pelatihan Jaringan Microtik Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Di Smk Negeri 2 Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 218.
Bambang Kelana, (2020), “Penanganan Keamanan Jaringan Komputer”, Jakarta: Teknosain
Fadia, S., & Fitri, N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. 5, 1617–1620.
Hastutik, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Ttw (Think-Talk-Write) Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Menulis Teks Deskriptif. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 62–68.
Jenderal, J., Yani, A., Baru, T., Timur, K. B., & Network, K. K. (2021). PELATIHAN NETWORK ADMINISTRATOR MUDA PADA SISWA SMK SENTOSA BHAKTI BATURAJA Abstrak Network administrator merupakan profesi dibidang informatika yang berperan mengatur jaringan komputer pada suatu instansi atau perusahaan . Salah satu tugasnya , seorang n. 04(02), 113–117.
Sidiq Syamsul Hidayat, (2021), “Pembuatan Jaringan Nirkabel Menggunakan Simulator Cysco Packet Tracer”, Jakarta : Graha Ilmu.
Sulistiani, H., Hamidy, F., Suaidah, S., Mersita, R., Yunita, Y., & Ismi HS, Y. (2022). Pelatihan Penerapan Accurate Accounting Software Bagi Siswa Jurusan Akuntansi Di Smk N 1 Padang Cermin. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 192.
Sumardi, S., & Zaen, M. T. A. (2018). Perancangan Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik Router OS Pada SMAN 4 Praya. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik, 1(1), 50.
Tangkowit, A. E., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2021). Analisis Dan Perancangan Jaringan Komputer Di Sekolah Menengah Pertama. Edutik?: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 69–82.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.