Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Berhitung Siswa TK Melalui Jigsaw Puzzle

Penulis

  • Restu Hendriyani Magh'firoh Institut Informatika Indonesia
  • Briantito Adiwena Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya
  • Swesti Anjampiana Bentri Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya
  • Arjuna Bangsawan Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya
  • Benny Rahmawan Noviadji Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i3.406

Kata Kunci:

pelatihan, belajar, bermain, Jigsaw Puzzle, siswa TK

Abstrak

Bermain merupakan kegiatan yang memberi banyak manfaat bagi anak-anak khususnya usia dini untuk melatih sensor motorik,. Melalui proses bermain, anak-anak juga dapat belajar hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan diri, penggalian potensi, dan pembentukan karakter. Menurut hasil wawancara dengan Kepala TK Golden Sun School Driyorejo  dan  observasi di  dalam  kelas, diketahui bahwa para siswa membutuhkan media belajar dan bermain yang menyenangkan sekaligus dapat meningkatkan kemampuan belajar khususnya membaca dan berhitung. Puzzle merupakan salah satu permainan yang dapat digunakan sebagai alat mendidik anak, dimana di dalamnya terdapat pengenalan angka, huruf, bentuk dan masih banyak lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari beberapa Dosen Program Studi Desain Produk Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya melaksanakan kegiatan pelatihan kepada para siswa TK Golden Sun School Driyorejo tentang belajar dan bermain khusunya membaca dan berhitung menggunakan Jigsaw Puzzle. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode diskusi dan praktek langsung yaitu memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan tentang topik materi yang disampaikan dan dilanjutkan dengan praktek langsung yang dibimbing oleh tim pelaksana pengabdian. Kegiatan pelatihan ini telah berjalan dengan baik dan lancar serta mendapat respon yang positif dari guru maupun dari para siswa selaku peserta kegiatan pelatihan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

J. H. Flavell, “The developmental psychology of Jean Piaget.,” 1963.

R. Moeslichatoen, “Meode Pengajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PT,” Asdi Mahasatya, 2004.

D. Mutiah, Psikologi bermain anak usia dini. Kencana, 2015.

C. Eliyawati, “Pemilihan dan pengembangan sumber belajar untuk anak usia dini,” Jakarta: Depdiknas, 2005.

E. Yuniati, “Puzzle Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di TK At Taqwa Mekarsari Cimahi,” J. Kesehat., vol. 11, no. 2, 2019, doi: 10.32763/juke.v11i2.55.

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini,” Jakarta, Sep 2009.

K. Davis dan W. B. Werther Jr, Human resources and personnel management. McGraw Hill, 2022.

A. A. G. Agung, “Metodologi Penelitian; Suatu Pengantar,” Singaraja Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Pendidik. Ganesha, 2012.

I. M. Tegeh dan I. M. Kirna, “Metode penelitian pengembangan pendidikan,” Singaraja Univ. Pendidik. Ganesha, 2010.

A. A. G. Agung, “Pengantar Evaluasi Pendidikan,” Univ. Pendidik. Ganesha, 2010.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-30

Cara Mengutip

Hendriyani Magh’firoh, R., Adiwena, B. ., Bentri, S. A., Bangsawan, A. ., & Noviadji, B. R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Berhitung Siswa TK Melalui Jigsaw Puzzle. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(3), 110–116. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i3.406