Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202Kata Kunci:
digitalisasi pemasaran. pelatihan, pendampingan, UMKM, media sosialAbstrak
Digitalisasi pemasaran merupakan salah satu alternatif solusi dalam membantu memulihkan keterpurukan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. Keterbatasan kompetensi dan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) pada UMKM sendiri merupakan tantangan yang cukup besar dalam penerapannya. Sehingga, kegiatan pengabdian ini difokuskan untuk memberikan pemahaman, keterampilan dan pendampingan terkait kompetensi pemasaran digital kepada UMKM dalam upaya meningkatkan penjualan dan brand awareness. Kegiatan dilaksanakan selama lima bulan dan terlaksana dengan baik, dimana dihasilkan minimal 3 platform media pemasaran digital untuk setiap UMKM, yaitu google bisnisku, instagram bisnis, dan whatsapp bisnis. Manfaat dari kegiatan ini dapat dirasakan oleh UMKM sehingga dapat mengembalikan siklus penjualan mereka menjadi lebih baik dan juga meningkatkan brand awareness masyarakat terkait produk mereka karena akan menjadi lebih mudah untuk di akses.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Trisna Yuniarti, Firdhani Faujiyah, Muhammad Alde Rizal, Fajar Ciputra Daeng Bani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.