Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan

Penulis

  • Trisna Yuniarti Politeknik APP Jakarta
  • Firdhani Faujiyah Politeknik APP Jakarta
  • Muhammad Alde Rizal Politeknik APP Jakarta
  • Fajar Ciputra Daeng Bani Politeknik APP Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202

Kata Kunci:

digitalisasi pemasaran. pelatihan, pendampingan, UMKM, media sosial

Abstrak

Digitalisasi pemasaran merupakan salah satu alternatif solusi dalam membantu memulihkan keterpurukan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19.  Keterbatasan kompetensi dan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) pada UMKM sendiri merupakan tantangan yang cukup besar dalam penerapannya. Sehingga, kegiatan pengabdian ini  difokuskan untuk memberikan pemahaman, keterampilan dan pendampingan terkait kompetensi pemasaran digital  kepada UMKM dalam upaya meningkatkan penjualan dan brand awareness. Kegiatan dilaksanakan selama lima bulan dan terlaksana dengan baik, dimana dihasilkan minimal 3 platform media pemasaran digital untuk setiap UMKM, yaitu google bisnisku, instagram bisnis, dan whatsapp bisnis. Manfaat dari kegiatan ini dapat dirasakan oleh UMKM sehingga dapat mengembalikan siklus penjualan mereka menjadi lebih baik dan juga meningkatkan brand awareness masyarakat terkait produk mereka karena akan menjadi lebih mudah untuk di akses.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-28

Cara Mengutip

Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121–126. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202