Sosialisasi Pajak untuk Siswa SMA Sinar Dharma sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran dan Tanggung Jawab Warga Negara
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1428Kata Kunci:
Pajak, Siswa SMA, Kepedulian Sosial, Tanggung Jawab Warga NegaraAbstrak
Hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia masih kurang percaya akan manfaat dari membayar pajak, selain itu juga dianggap menjadi beban tambahan bagi setiap wajib pajak dan juga proses pembayaran dan pelaporannya yang sulit. Masalah yang terjadi bisa disebabkan karena kesadaran sebagai wajib pajak yang patuh masih sangat minim. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, kita mulai melakukan sosialisasi terhadap generasi muda mengenai perpajakan. Siswa SMA sebagai generasi muda harus mulai diberikan pemahaman mengenai pajak sejak dini, sebagai bekal untuk mempersiapkan mereka untuk tanggung jawab keuangan di masa depan. Studi inklusi kesadaran pajak dapat digunakan untuk mengembangkan pencapaian pembelajaran tentang kesadaran pajak sebagai program pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pajak untuk generasi muda yaitu para pelajar khususnya tingkat SMA dan membantu siswa SMA memiliki gambaran mengenai jurusan perpajakan yang ada di perguruan tinggi. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan secara luring dan dikemas dalam bentuk diskusi interaktif. Para peserta kegiatan ini adalah siswa kelas 11 dan 12. Secara keseluruhan, kegiatan ini dinilai berhasil dalam meningkatkan minat siswa terhadap perpajakan melalui survei kepuasan, evaluasi, dan pengawasan yang dilakukan oleh tim pengabdian. Sebaiknya kegiatan ini juga dilaksanakan di sekolah-sekolah lainnya.
Unduhan
Referensi
Qosim, Nataliawati, R., &Pertiwi, D. (2021). Pengenalan Pajak pada Siswa SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 53–57. https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i1.1421
Handoko, E. A. (2023). Pengaruh Pengetahuan Pajak Dan Penyuluhan Edukasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak . Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4292–4299. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4044
Ramadhani, M.H.ZK., Rinaldi, M., Fitria, Y., & Abadan Syakura, M. (2024). Bimbingan Teknis Pelaporan Keuangan Yayasan Isak 35 Pada Yayasan Pendidikan Kutai Timur. AMMA?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 234–237.
Rinaldi, M., Ariandi, M. A., Fitria, Y., & Ramadhani, M. A. (2024). Tax-Aware Generation: Membentuk Kesadaran Perpajakan Siswa SMK Melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi, 3(2), 65–75. https://doi.org/10.35912/jpe.v3i2.4427
Embu, W.S. (2018). liputan6. 12 Mei. Diakses Desember 16, 2018. https://www. liputan6.com/bisnis/read/3523006/ pesan-sri-mulyani-kepada-generasi milenial-soal-bayar-pajak.
Suharsono, A., & Galvani, S. (2020). Optimalisasi Edukasi Perpajakan Bagi Generasi Milenial Melalui Video. Scientax: Jurnal Kajian Ilmiah Perpajakan Indonesia, 2(1), 123–139. https://doi.org/10.52869/st.v2i1.63
Widyasari, Kurniawan, A., & Agrata, M. (2025). PENGENALAN PAJAK SECARA DINI KEPADA SISWA SMA BHK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(3), 704–710. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i3.31462
Nataherwin, & Mareni, E. (2021). Pengetahuan Pajak Kepada Siswa-Siswi SMA Kristen Almasih. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 Pengembangan Ekonomi Bangsa Melalui Inovasi Digital Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 495-501. https://journal.untar.ac.id/index.php/PSENAPENMAS/article/view/15033
Mardetini, E., Hasmidyani, D., & Amrina, D.E. (2023). Pengetahuan Awal Materi Pajak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(1), 34-43. https://doi.org/10.31851/neraca.v7i1.11045
Poniman, P., Ompusunggi, H., & Sitorus, D. H. (2025). Pengenalan Perpajakan Di Indonesia Pada Siswa-Siswi SMK Putra Jaya. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina , 4(1), 17-23. https://doi.org/10.36352/j-pis.v4i1.1030
Suripto, B. J., Berutu, J.S., Wulandari, A., Redonoarsi, R.R., Widodo, & Ardianto, D. (2024). Sosialisasi Kesadaran Pajak Sejak Dini Pada Siswa Pada Siswa Madrasah Aliyah Soebono Mantofani Jombang, Ciputat – Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kolaborasidan Inovasi IPTEKS, 2(2) 418-426.
Iskandar, F. N. (2023). Sosialisasi Membangun Kesadaran Pajak Sejak Milenial Pada Siswa SMP, SMA, dan MA Plus Intan Al-Sali. Jurnal Pengabdian West Science, 2(09), 798-805. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i09.675
Damanik, D. N., & Susilawaty, T. E. (2022). Meningkatkan Kesadaran Kaum Muda Dengan Memahami Penghasilan Tidak Kena Pajak ( PTKP ) Bagi Siswa/Siswi SMA N 3 Medan . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2), 597-601. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i2.411
Susilawaty, T. E., & Damanik, D. N. (2022). Deseminasi Pembelajaran Kesadaran Pajak Kepada Siswa/I SMAN 3 Medan . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 73-77. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v2i2.289
Valianti, R.M., Lilianti, E., Darwin, J., & Saladin, H. (2021). Sadar Pajak Sejak Dini Dalam Pendidikan. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 130-137. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i2.6215
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nataherwin, Nessia, Alvis Edrik Defin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.







