Pelatihan Literasi Digital bagi Anak Putus Sekolah: Menyiapkan Generasi Siap Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1414Kata Kunci:
literasi digital, anak putus sekolah, pelatihan teknologiAbstrak
Fenomena putus sekolah menyebabkan anak-anak kehilangan kesempatan untuk memperoleh pendidikan secara optimal, termasuk dalam penguasaan literasi dasar. Kondisi ini berdampak pada rendahnya kemampuan mereka dalam memahami dan memanfaatkan informasi, terutama di era digital yang menuntut keterampilan teknologi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi anak-anak putus sekolah dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan di bidang literasi digital. Melalui program ini, peserta diperkenalkan serta dilatih menggunakan berbagai perangkat digital gratis yang bermanfaat luas, seperti Google Tools dan Canva. Kegiatan dilaksanakan dengan metode pelatihan dan praktik langsung, di mana peserta tidak hanya mempelajari dasar penggunaan aplikasi, tetapi juga diarahkan untuk membuat proyek desain sederhana berupa spanduk atau brosur menggunakan Canva. Hasil evaluasi proyek akhir menunjukkan 100%, peserta (16 orang) berhasil membuat desain dan 14 orang (87,5 persen) mampu mengunggah dan membagikan link tanpa pendampingan.
Unduhan
Referensi
Bulya, B., & Izzati, S. (2024). Indonesia’s Digital Literacy as a Challenge for Democracy in the Digital Age. The Journal of Society and Media, 8(2), 640–661. https://doi.org/10.26740/jsm.v8n2.p640-661.
Nayla Meilany Putri, Widya Listiawati, & Ichsan Fauzi Rachman. (2024). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM KONTEKS SDGS 2030. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 349-360. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.1208
Audrin, C., & Audrin, B. (2022). Key factors in digital literacy in learning and education: A systematic literature review using text mining. Education and Information Technologies, 27(7), 7395–7419. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10832-5
Halid, I. S. (2022). Covid-19 pandemic and school dropout rates: Empirical evidence from Indonesia. Journal of Economics Research and Social Sciences, 6(2), 149-155. https://doi.org/10.18196/jerss.v6i2.15316
Umasugi, M., Sultrayansa, S., Lestari, D. T., & Sarinah, S. (2025). Pelatihan literasi digital untuk meningkatkan kualitas belajar siswa SMAN 3 Konawe Selatan. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v4i3.1817
Safitri, D., Sendratari, L. P., & Margi, I. K. (2020). Fenomena putus sekolah pada jenjang SMP di Pejarakan, Gerokgak, Buleleng, Bali. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 1(2), 194-205. https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i2.26838
Vratiwi, S., Afroo, F. A. ., Slipilia, I., & Wialdi, P. F. (2024). Desain dan Implementasi E-Konseling (Media Bimbingan Online) menggunakan Pemrograman PHP dan Database MySQL. Journal of Practical Computer Science, 4(1), 20-30. https://doi.org/10.37366/jpcs.v4i1.4607
vratiwi, septiana. (2024). Penerapan Metode Naïve Bayes Pada Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Bibit Unggul Kelapa Sawit . Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 4(2), 31–37. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v4i2.763
Vratiwi, S. (2023). Perancangan Sistem Pakar Analisa Masalah Pada Kulit Wajah Menggunakan Metode Forward Chaining. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 7(1), 001–008. https://doi.org/10.46961/jommit.v7i1.735
vratiwi, septiana. (2024). Implementasi Media Pengukuran pada Uji Efektifitas Proses Pembelajaran Daring menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v4i1.762
Muzayyin, A., & Handayani, D. (2023). The Effect of Digital Literacy on the Risks of Children Dropping Out of School During the Covid-19 Pandemic. JTP – Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2), 190-204. DOI:10.21009/jtp.v25i2.34477
Halim, U., Febrina, D., Agustina, A., Hidayat, N., & Ningsih, W. (2024). Digital Inequality: E-learning Outcomes among Youth in Indonesia. Journal Transnational Universal Studies, 2(1). DOI:10.58631/jtus.v2i1.74
Yosita R., & Aviyanti L. (2025). Unlocking Digital Literacy in Indonesia: Insights from the Use of Social Media Platforms. Jurnal Prima Edukasia, 13(1). DOI:10.21831/jpe.v13i1.83433
Alvis, Y., & Handoyo, R. D. (2024). Inequality of Educational Opportunities and Digital Literacy of School-Age Children In Sumatra. Media Trend
Apriliyana, N. P. (2024). Children and Digital Literacy: 21st Century Education Challenges and Strategies. Journal of Islamic Elementary Education, 3(1). DOI:10.32806/islamentary.v3i1.807
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Septiana Vratiwi, Fakhriyah Annisa Afroo, Sinta Westika Putri, Dino Adi Putra

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.







