Pelatihan Literasi Digital bagi Anak Putus Sekolah: Menyiapkan Generasi Siap Teknologi

Penulis

  • Septiana Vratiwi Universitas Negeri Padang
  • Fakhriyah Annisa Afroo Universitas Negeri Padang
  • Sinta Westika Putri Universitas Negeri Padang
  • Dino Adi Putra STKIP Pesisir Selatan

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1414

Kata Kunci:

literasi digital, anak putus sekolah, pelatihan teknologi

Abstrak

Fenomena putus sekolah menyebabkan anak-anak kehilangan kesempatan untuk memperoleh pendidikan secara optimal, termasuk dalam penguasaan literasi dasar. Kondisi ini berdampak pada rendahnya kemampuan mereka dalam memahami dan memanfaatkan informasi, terutama di era digital yang menuntut keterampilan teknologi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi anak-anak putus sekolah dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan di bidang literasi digital. Melalui program ini, peserta diperkenalkan serta dilatih menggunakan berbagai perangkat digital gratis yang bermanfaat luas, seperti Google Tools dan Canva. Kegiatan dilaksanakan dengan metode pelatihan dan praktik langsung, di mana peserta tidak hanya mempelajari dasar penggunaan aplikasi, tetapi juga diarahkan untuk membuat proyek desain sederhana berupa spanduk atau brosur menggunakan Canva. Hasil evaluasi proyek akhir menunjukkan 100%, peserta (16 orang) berhasil membuat desain dan 14 orang (87,5 persen) mampu mengunggah dan membagikan link tanpa pendampingan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Septiana Vratiwi, Universitas Negeri Padang

 

 

Referensi

Bulya, B., & Izzati, S. (2024). Indonesia’s Digital Literacy as a Challenge for Democracy in the Digital Age. The Journal of Society and Media, 8(2), 640–661. https://doi.org/10.26740/jsm.v8n2.p640-661.

Nayla Meilany Putri, Widya Listiawati, & Ichsan Fauzi Rachman. (2024). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM KONTEKS SDGS 2030. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 349-360. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.1208

Audrin, C., & Audrin, B. (2022). Key factors in digital literacy in learning and education: A systematic literature review using text mining. Education and Information Technologies, 27(7), 7395–7419. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10832-5

Halid, I. S. (2022). Covid-19 pandemic and school dropout rates: Empirical evidence from Indonesia. Journal of Economics Research and Social Sciences, 6(2), 149-155. https://doi.org/10.18196/jerss.v6i2.15316

Umasugi, M., Sultrayansa, S., Lestari, D. T., & Sarinah, S. (2025). Pelatihan literasi digital untuk meningkatkan kualitas belajar siswa SMAN 3 Konawe Selatan. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.57218/jompaabdi.v4i3.1817

Safitri, D., Sendratari, L. P., & Margi, I. K. (2020). Fenomena putus sekolah pada jenjang SMP di Pejarakan, Gerokgak, Buleleng, Bali. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 1(2), 194-205. https://doi.org/10.23887/jpsu.v1i2.26838

Vratiwi, S., Afroo, F. A. ., Slipilia, I., & Wialdi, P. F. (2024). Desain dan Implementasi E-Konseling (Media Bimbingan Online) menggunakan Pemrograman PHP dan Database MySQL. Journal of Practical Computer Science, 4(1), 20-30. https://doi.org/10.37366/jpcs.v4i1.4607

vratiwi, septiana. (2024). Penerapan Metode Naïve Bayes Pada Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Bibit Unggul Kelapa Sawit . Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 4(2), 31–37. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v4i2.763

Vratiwi, S. (2023). Perancangan Sistem Pakar Analisa Masalah Pada Kulit Wajah Menggunakan Metode Forward Chaining. JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 7(1), 001–008. https://doi.org/10.46961/jommit.v7i1.735

vratiwi, septiana. (2024). Implementasi Media Pengukuran pada Uji Efektifitas Proses Pembelajaran Daring menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Pustaka AI (Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v4i1.762

Muzayyin, A., & Handayani, D. (2023). The Effect of Digital Literacy on the Risks of Children Dropping Out of School During the Covid-19 Pandemic. JTP – Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2), 190-204. DOI:10.21009/jtp.v25i2.34477

Halim, U., Febrina, D., Agustina, A., Hidayat, N., & Ningsih, W. (2024). Digital Inequality: E-learning Outcomes among Youth in Indonesia. Journal Transnational Universal Studies, 2(1). DOI:10.58631/jtus.v2i1.74

Yosita R., & Aviyanti L. (2025). Unlocking Digital Literacy in Indonesia: Insights from the Use of Social Media Platforms. Jurnal Prima Edukasia, 13(1). DOI:10.21831/jpe.v13i1.83433

Alvis, Y., & Handoyo, R. D. (2024). Inequality of Educational Opportunities and Digital Literacy of School-Age Children In Sumatra. Media Trend

Apriliyana, N. P. (2024). Children and Digital Literacy: 21st Century Education Challenges and Strategies. Journal of Islamic Elementary Education, 3(1). DOI:10.32806/islamentary.v3i1.807

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-14

Cara Mengutip

Vratiwi, S., Annisa Afroo, F. ., Westika Putri, S. ., & Adi Putra, D. (2025). Pelatihan Literasi Digital bagi Anak Putus Sekolah: Menyiapkan Generasi Siap Teknologi. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(6), 413–418. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1414