Pelatihan Strategi Branding untuk Membangun Identitas Brand dalam Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM di Desa Jayamekar

Penulis

  • I Gede Adiputra Universitas Tarumanagara
  • Ani Global Karuna Sunarja Universitas Tarumanagara
  • Felicia Susanto Universitas Tarumanagara
  • James Declan Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1400

Kata Kunci:

Strategi Branding, Identitas Brand, Strategi Pemasaran, UMKM

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sendiri merupakan tulang punggung perekonomian bangsa Indonesia. Kesuksesan UMKM dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pemasaran, teknologi, sumber daya manusia, dan modal. Jadi, salah satu hal yang harus dimanfaatkan oleh UMKM adalah kemajuan teknologi, yaitu sosial media. Sosial media ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemasaran UMKM. Melibatkan teknologi informasi dalam menciptakan branding merupakan salah satu bentuk usaha memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan sektor ekonomi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya potensi wisata alam yang didukung ekonomi kreatif di Desa Jayamekar Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Namun dapat disayangkan pengelolaan produk pada ekonomi kreatif belum cukup membangun brand awareness konsumen. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaku ekonomi kreatif khususnya UMKM akan pentingnya brand atau merek karena melalui itulah produk memiliki jati diri untuk dipasarkan lebih luas. Selain itu melibatkan media sosial sebagai media untuk melakukan branding di era serba digital merupakan jalan pintas untuk pelaku usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yaitu metode pendidikan masyarakat yang dimana metode ini akan digunakan dalam setiap kegiatan penyuluhan atau pelatihan. Hasil pengabdian pada masyarakat menjelaskan bahwa sosialisasi dalam membangun branding bagi pelaku usaha terbukti efektif memberikan pemahaman strategi branding isu seperti membuat desain logo, target pasar yang tepat, partnership dan konsistensi. Analisis branding pada skala mikro mampu meningkatkan penjualan sebesar 20% dari penjualan sebelumnya, bentuk penjualan juga tidak hanya menggunakan teknik open pre order, namun juga dapat diterima langsung di toko oleh-oleh untuk menyasar target wisatawan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kotler, & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran (13 ed.). (B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Pt Indeks Kelompok Gramedi

Mc.Carthy, E. Jemore. (1985). Dasar-dasar Pemasaran, Alih Bahasa Gunawan Hutauruk, Jakarta: Penerbit Erlangga. Stanton,

William J. (1997). Prinsip Pemasaran. (terjemahan Yohanes Lamarto). Jakarta: Erlangga.

Rufaidah, P., Padjadjaran, U., & Rufaidah, P. (2015). Branding Strategy Berbasis Ekonomi Kreatif : Triple Helix vs . Quadruple Helix Branding Strategy Berbasis Ekonomi Kreatif : Triple Helix vs . Quadruple Helix. In Researchgate. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4132.7208

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 125–136. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Horan, G., O’Dwyer, M., & Tiernan, S. (2011). Exploring management perspectives of branding in service SMEs. Journal of Services Marketing, 25(2), 114–121. https://doi.org/10.1108/08876041111119831

Mindrut, S., Manolica, S. & Roman, C. T. 2015. Building Brands Identity. Procedia Economics and Finance 20 ( 2015 ) 393 – 403. 7th International Conference on Globalization and Higher Education in Economics and Business Administration, GEBA 2013

Hamid, A dan M. Haryanto. 2012. Untung Besar Dari Bertanam Cabai Hibrida. PT Agromedia Pustaka. 96 hal.

Sepri, D., & Hidayat, D. (2020). Branding produk memasuki masa new normal. Journal of Digital Communication and Design, 1(1), 13-21.

Auliya, Laily. "Pengaruh Keragaman Produk dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian pada Public Space Coffee Corner Bandung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas”, 2017.

Apriliani, Yuni, Asep Saepul Alam, and R. Selfi Nendris Sulistiawan. "Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian tomat di Pasar Muka Cianjur." Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) 1.2 (2021): 73-82.

Dayat, Muhammad. "Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan." Jurnal Mu’allim 1.2 (2019).

Edy Suryadi, Doni Hutomo, 2010, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Kartu Prabayar IM3 DI kota Pontianak, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 3 No.1. Erlangga. 2008

Nizamuddin, dkk. (2021). Metodologi Penelitian (Kajian Teoritis dan Praktis Bagi Mahasiswa). Bengkalis-Riau: DOTPLUS Publisher.

Shi, D., Wang, M., & Li, X. (2021). Strategic introduction of marketplace platform and its impacts on supply chain. International Journal of Production Economics, 242(September), 108300. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2021.108300

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-26

Cara Mengutip

Adiputra, I. G., Sunarja, A. G. K. ., Susanto, F. ., & Declan, J. . (2025). Pelatihan Strategi Branding untuk Membangun Identitas Brand dalam Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM di Desa Jayamekar. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(6), 462–469. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1400