Pelatihan Tenis Meja sebagai Media Edukasi dan Pengembangan Keterampilan Motorik bagi Anggota Klub Olahraga Tenis Meja

Penulis

  • Acep Rohmat Nurhidayat Univeristas Pamulang
  • Ilona Pratiwi Hutabarat Universitas Pamulang
  • Wendri Maryadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1354

Kata Kunci:

pelatihan, tenis meja, edukasi, keterampilan motorik, klub olahraga

Abstrak

Pelatihan tenis meja memiliki potensi sebagai media edukasi sekaligus pengembangan keterampilan motorik anggota klub olahraga. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan penguasaan teknik dasar dan koordinasi motorik melalui pelatihan terstruktur. Program dilaksanakan selama 4 minggu dengan 8 kali pertemuan yang diikuti oleh 20 anggota klub tenis meja. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, praktik teknik dasar, simulasi taktik, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan motorik (wall rally test dan footwork test), observasi kehadiran, serta kuesioner kepuasan. Tingkat kehadiran peserta rata-rata mencapai 95,6%, menunjukkan antusiasme tinggi terhadap kegiatan. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan: wall rally test meningkat dari 28,4 menjadi 47,9 pukulan (68,7%), sedangkan footwork test meningkat dari 15,2 menjadi 25,7 langkah (69,1%). Evaluasi kepuasan peserta menggunakan skala Likert (1–5) menghasilkan skor rata-rata 4,6 (kategori sangat puas), dengan aspek metode praktikum memperoleh nilai tertinggi (4,8). Berdasarkan hasil ini, pelatihan tenis meja terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik sekaligus memberikan pengalaman edukatif bagi peserta. Kegiatan ini berimplikasi pada peningkatan kualitas pembinaan olahraga di tingkat klub dan dapat direplikasi untuk konteks pengembangan keterampilan motorik dalam cabang olahraga lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

G. Gallahue, D. Ozmun, and J. Goodway, Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults, 7th ed. New York: McGraw-Hill, 2012.

R. Bompa and G. Haff, Periodization: Theory and Methodology of Training, 5th ed. Champaign, IL: Human Kinetics, 2009.

ITTF, Table Tennis Coaching Manual. Lausanne: International Table Tennis Federation, 2016.

A. S. Smit, “Health benefits of table tennis: An overview,” Journal of Sports Sciences, vol. 34, no. 7, pp. 523–530, 2018.

T. Baechle and R. Earle, Essentials of Strength Training and Conditioning, 4th ed. Champaign, IL: Human Kinetics, 2016.

R. Weinberg and D. Gould, Foundations of Sport and Exercise Psychology, 6th ed. Champaign, IL: Human Kinetics, 2014.

B. Kirk, D. O’Sullivan, and P. Hughes, “The educational value of sport: Developing character and skills,” Sport, Education and Society, vol. 20, no. 5, pp. 610–626, 2015.

C. Payne and L. Isaacs, Human Motor Development: A Lifespan Approach, 9th ed. New York: Routledge, 2016.

J. Haywood and N. Getchell, Life Span Motor Development, 6th ed. Champaign, IL: Human Kinetics, 2014.

J. Wang, “Skill acquisition in table tennis: A motor learning perspective,” International Journal of Table Tennis Sciences, vol. 12, pp. 41–52, 2019.

T. Bompa, Theory and Methodology of Training. Champaign, IL: Human Kinetics, 1999.

S. Bailey, Youth Sport in Context: An International Perspective. New York: Routledge, 2005.

L. Holt and M. Neely, “Positive youth development through sport: A review,” International Review of Sport and Exercise Psychology, vol. 4, no. 1, pp. 19–39, 2011.

D. Kirk, Physical Education Futures. New York: Routledge, 2010.

A. Smith, “Challenges in community sports club development,” Journal of Sport Management, vol. 30, no. 2, pp. 117–130, 2016.

R. Bailey et al., “The educational benefits claimed for physical education and school sport: An academic review,” Research Papers in Education, vol. 24, no. 1, pp. 1–27, 2009.

S. Côté and J. Gilbert, “An integrative definition of coaching effectiveness and expertise,” International Journal of Sports Science & Coaching, vol. 4, no. 3, pp. 307–323, 2009.

M. Lawson, “Sport, recreation and community development,” Community Development Journal, vol. 45, no. 4, pp. 497–512, 2010.

P. Eime et al., “A systematic review of the psychological and social benefits of participation in sport for children and adolescents,” International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, vol. 10, no. 98, pp. 1–21, 2013.

WHO, Global Action Plan on Physical Activity 2018–2030. Geneva: World Health Organization, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-27

Cara Mengutip

Nurhidayat, A. R., Hutabarat, I. P. ., & Maryadi, W. . (2025). Pelatihan Tenis Meja sebagai Media Edukasi dan Pengembangan Keterampilan Motorik bagi Anggota Klub Olahraga Tenis Meja. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(6), 475–480. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1354