Optimalisasi Pemasaran Usaha Dupa Satriya Perkasa untuk Menunjang Pemasaran Produk di Era Digitalisasi
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1341Kata Kunci:
Dupa, IRT, Pelatihan, Pemasaran DigitalAbstrak
Usaha Industri rumah Tangga (IRT) Dupa Satriya Perkasa merupakan usaha industri rumah tangga produktif yang berdiri pada tahun 2022, yang terletak di banjar dinas Kelod desa BusungBiu kecamatan Busungbiu kabupaten Buleleng Bali. Permasalahan utama dari produk dupa Satrya Perkasa adalah belum efektifnya pemasaran media sosial yang dilakukan dan hanya masih menyasar pasar lokal sekitar kecamatan Busungbiu. Solusi yang ditawarkan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pemasaran digital dan Neon Box untuk menunjang pemasaran produknya. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah melalui kegiatan sosialisasi, kegiatan inti berupa pelatihan pemasaran digital dan monitoring serta evaluasi. Dari hasil evaluasi yang telah kami lakukan dapat disimpulkan bahwa proses kegiatan pelatihan pemasaran digital berjalan dengan baik dengan hasil evaluasi yang yaitu terjadinya peningkatan nilai dari pretest dan posttest mengalami peningkatan dari nilai rata-rata saat kegiatan akan dilaksanakan sebesar 44 sampai pada saat kegiatan sudah dilaksanakan sebesar 82, dan penjualan meningkat sebesar 8 juta rupiah sampai dengan 10 juta rupiah dimana penjualan awal sebelum diadakan kegiatan pengabdian ini adalah kurang lebih 5 juta rupiah.
Unduhan
Referensi
Syaripulloh, I. Tanggok, B. Sulistiono, and F. A. Alfarauq, “Makna Dupa Dalam Tradisi Ziarah Makam Sunan Gunung Jati Cirebon, Jawa Barat,” PURBAWIDYA J. Penelit. dan Pengemb. Arkeol., vol. 13, no. 2, pp. 200–210, 2024, doi: 10.55981/purbawidya.2024.3587.
G. Das Prena, N. P. E. Y. Utami, and I. A. N. Yuliastuti, “PeningkatanPemasaran Dupa Bodhisattva Di Desa Lodtunduh, Ubud, Gianyar,” Dharma Jnana, vol. 2, no. 2, pp. 85–95, 2022.
I. B. K. S. Arnawa, I. A. G. W. Purnamayanti, and N. N. Supuwiningsih, “Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Media Pemasaran dan Manajemen Keuangan pada IRT Pengerajin Dupa,” WIDYABHAKTI Jurnal Ilm. Pop., vol. 4, no. 2, pp. 30–35, 2022, doi: 10.30864/widyabhakti.v4i2.282.
N. W. Deriani and T. Mahendra Kusuma, “Peningkatan Jangkauan Pasar Produk Dupa Wangi Gantari Melalui Pemanfaatan Instragram,” WIDYABHAKTI Jurnal Ilm. Pop., vol. 1, no. 3, pp. 108–112, 2019, doi: 10.30864/widyabhakti.v1i3.115.
I. G. N. S. Wijaya, R. Wulandari, A. B. B. S. M. Latanro, and N. N. A. R. Sugianitri, “Marketing Strategy for Facing Changes in Consumer Behavior in Disruption Era,” J. Nusant. Apl. Manaj. Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 459–472, 2023.
Nur Rofiddatul Rofikoh, Dwi Ratna Pranatawati, Sekar Apriliana Kusumawati, Septa Fiqri Rizmawan, Dimas Setyanto, and Ambar Istiyani, “Optimalisasi Visualisasi Produk Dapur 80 melalui Katalog Menu, Sticker dan Neon Box,” Karunia Jurnal Has. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 155–164, 2025, doi: 10.58192/karunia.v4i1.3088.
T. Andrian, M. Sirat, A. Murwiati, Z. Emalia, and U. Lampung, “Inisiasi Pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Kelompok Tani Sidodadi di Desa Bumi Agung Tegineneng Kabupaten Pesawaran,” ARSY Apl. Ris. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 89–97, 2022, [Online]. Available: http://journal.al-matani.com/index.php/arsy/article/view/298
I. G. N. S. Wijaya, K. G. O. Ciptahadi, N. P. M. Ayuningsih, I. G. D. Yasa, and N. K. E. P. Adnyani, “Pelatihan Media Pembelajaran Canva Bagi Guru Sdn Tulangampiang Denpasar Di Masa Pandemi Covid-19,” INTEGRITAS J. Pengabdi., vol. 5, no. 2, p. 248, 2021, doi: 10.36841/integritas.v5i2.1143.
C. Larashati, “Redesain Logo ‘Hadimu Home Bakery’ Sebagai Identitas Visual Pada Usaha Kue di Kota Bandung,” Besaung J. Seni Desain dan Budaya, vol. 9, no. 2, pp. 275–288, 2024, doi: 10.36982/jsdb.v9i2.4261.
P. L. Putri and R. N. Salsabela, “Optimalisasi Strategi Omnichannel?: Membangun Keterampilan Pemasaran Digital Siswa SMK Negeri 1 Purwojati,” J. Inov. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 26–34, 2025.
R. Alfiansyah, “Strategi Peningkatan Brand Awareness Untuk Membentuk Brand Recognition dan Brand Identity Pada UMKM Di Desa Kebonturi,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 5, no. 1, pp. 625–632, 2024, doi: 10.55338/jpkmn.v5i1.2765.
C. El Dirrah, S. Simanungkalit, and Z. M. Nawawi, “Peran Strategis Pengembangan Marketing Skill Dalam Membangun Brand Awareness Dan Daya Saing Umkm Di Era Persaingan Digital Yang Semakin Kompetitif,” J. Rumpun Manaj. dan Ekon., vol. 2, no. 3, pp. 455–465, 2025, [Online]. Available: https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4593
T. Terttiaavini, L. Hertati, Y. Yulius, and T. S. Saputra, “Pelatihan Digital Marketing Dan Inovasi Produk Guna Meningkatkan Daya Saing Umkm Ikan Pedo Serbuk,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 8, no. 2, p. 2405, 2024, doi: 10.31764/jmm.v8i2.21836.
I. W. A. Agustina, N. K. Murdani, and N. P. A. D. Laksmi, “Analisis Kelayakan Usaha Dupa di Tengah Pandemi Covid 19 Di Kabupaten Tabanan Ditinjau Dari Aspek Pemasaran Dan Aspek Keuangan,” J. Ekon. MANAJEMEN, BISNIS, DAN Sos., vol. 3, no. 1, pp. 11–18, 2022.
K. Adi Tresna Putra et al., “Pendampingan Pengolahan Serbuk Kayu menjadi Dupa di Desa Sukawati Assistance in Processing Wood Powder into Incense in Sukawati Village,” vol. 8, no. 2, pp. 333–343, 2024, [Online]. Available: http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Gusti Ngurah Satria Wijaya, Ketut Gus Oka Ciptahadi, I Wayan Karang Utama

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.







