Inovasi Smart Card dan Apoteker Cilik untuk Pengenalan Dunia Frmasi dan Tanaman Obat pada Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i5.1303Kata Kunci:
Smart Card, Tanaman obat, Farmasi, Sekolah Dasar, Apoteker CilikAbstrak
Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah, namun pengetahuan tentang tanaman obat semakin berkurang akibat pengaruh budaya asing, gaya hidup instan, dan kurangnya edukasi. Apoteker, sebagai tenaga kesehatan yang ahli di bidang obat, berperan penting dalam memulihkan pemahaman ini melalui edukasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang tanaman obat dan mengenalkan profesi apoteker menggunakan media smart card dan program Apoteker Cilik (APOCIL). Kegiatan dilaksanakan di SDN 1 Gading Rejo Utara dengan melibatkan 33 siswa kelas 5. Metode yang digunakan meliputi presentasi edukatif, smart card berisi informasi tanaman obat, serta praktik meracik obat sederhana. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai post-test (86,88) dibandingkan pre-test (76,4). Media smart card terbukti efektif sebagai alat pembelajaran interaktif, sementara program APOCIL berhasil memperkenalkan peran apoteker secara nyata. Pendekatan ini dapat menjadi metode edukasi yang kreatif dan menyenangkan bagi anak-anak.
Unduhan
Referensi
N. Bamola, P. Verma, and C. Negi, "A Review on Some Traditional Medicinal Plants," International Journal of Life-Sciences Scientific Research, vol. 4, 01/01 2018, doi: 10.21276/ijlssr.2018.4.1.7.
M. Sabilu, S. G. Ede, L. Kolaka, L. Darlian, and N. Rayani, "Pengenalan Tumbuhan Berkhasiat Obat Bagi Masyarakat," Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 109-117, 2023.
N. Ermawati, N. Oktaviani, and M. U. Abab, "Edukasi Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional Dalam Rangka Self Medication Di Masa Pandemi Covid-19," ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 148-156, 2022.
F. I. Windadri, M. Rahayu, T. Uji, and H. Rustiami, "Uses of plants as medicine by Muna People, Sub District Wakarumba, District Muna, Province of SoutheastSulawesi," Biodiversitas Journal of Biological Diversity, vol. 7, no. 4, 2006.
T. B. Julianti and S. S. Ressandy, "Program Edukasi “TOLUNI”(Tanaman Obat Keluarga Usia Dini) di SDN 015 Kota Samarinda," Abdi Geomedisains, pp. 33-38, 2020.
E. Sulistiyana, E. S. Utami, H. Azzahra, and S. Maizora, "TAMAN HERBAL SEBAGAI WAHANA EDUKASI DAN APRESIASI ALAM DI TK LANGIT BIRU," Jurnal Abdimas Bencoolen, vol. 2, no. 3, pp. 126-131, 2024.
M. Yamin, A. D. T. Gau, Y. E. Yunus, U. K. SC, and S. N. Qadri, "Pengenalan Manfaat TOGA di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Jampue Kabupaten Pinrang," MALLOMO: Journal of Community Service, vol. 3, no. 1, pp. 19-27, 2022.
I. Ismail, K. Khaerati, Y. Yuliet, and Y. Yuyun, "Edukasi Pengenalan Apoteker Cilik dan DAGUSIBU Pada Siswa SDN 4 di Desa Bahomoleo Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali," Jurnal Pengabdian Farmasi dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 38-43, 2024.
Z. Salim and E. Munadi, "Tanaman Obat," Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, 2017.
H. A. Hariana, 262 tumbuhan obat dan khasiatnya. Penebar Swadaya Grup, 2013.
S. Dalimartha, Atlas tumbuhan obat Indonesia. Niaga Swadaya, 2008.
L. Ariani, N. Miftahurrohmah, and W. Winarti, "Peningkatan pengetahuan tentang tanaman obat keluarga kepada siswa sekolah dasar melalui konseling, flash card, dan berkebun bersama," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), vol. 6, no. 1, pp. 63-67, 2020.
Y. O. Wijaya, "Game Pengenalan Obat Herbal Sebagai Media Pembelajaran Untuk Jenjang Pendidikan Dasar," Unika Soegijapranata Semarang, 2016.
A. Febriani, S. Z. Waelauruw, N. A. Triatmojo, A. Sinaga, and A. Y. Puspita, "Pengenalan Tanaman Obat Kepada Anak-Anak Dengan Media Buku POP-UP," 2019.
R. S. Pambudi, K. Khusna, O. P. Dewi, and H. R. Rini, "Upaya Pengenalan Apoteker Cilik Kenal Obat (ACIKO) Pada Siswa SDN 2 Gonilan, Sukoharjo," RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 220-225, 2023.
W. X. Huang, M. C. Chong, L. Y. Tang, and X. X. Liu, "Child-friendly healthcare: A concept analysis," Journal of Pediatric Nursing, vol. 80, pp. e7-e15, 2025/01/01/ 2025, doi: https://doi.org/10.1016/j.pedn.2024.10.035.
D. M. Pada, B. Sakina, and J. F. Bobby Saragih, "Implementation of Child-Friendly School Concept in Elementary School as Early Education Environment," IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, vol. 794, no. 1, p. 012209, 2021/07/01 2021, doi: 10.1088/1755-1315/794/1/012209.
J. Ali, A. Khan, M. A. Raza, and G. Jilani, "Activity-Based Learning as a Tool for Promoting Critical Thinking Skills in Elementary Education," The Critical Review of Social Sciences Studies, vol. 3, no. 3, pp. 1263-1275, 2025.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Putri Amelia Rooswita, Dewi Damayanti Abdul Karim, Rizky Hidayaturahmah, Nisa Yulianti Suprahman, Dirga

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.