Pelatihan Preventif Intervention bagi Guru BK SMA untuk Mencegah Keinginan Bunuh Diri pada Siswa SMA di Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i5.1287Kata Kunci:
intervensi preventif, guru BK, percobaan bunuh diri, siswa SMA, KaranganyarAbstrak
Kegiatan Pelatihan Preventif Intervention bagi Guru BK SMA untuk Mencegah Keinginan Bunuh Diri pada Siswa SMA di Karanganyar diselenggarakan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, pada tanggal 23 Juli–7 Agustus 2025. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesiapan guru BK dalam melakukan deteksi dini, memberikan Psychological First Aid (PFA), serta merancang program preventif untuk mencegah keinginan bunuh diri pada siswa. Metode pelatihan mengombinasikan sesi daring dan luring, dengan bentuk kegiatan berupa penyampaian materi, diskusi interaktif, penugasan mandiri, dan presentasi karya. Materi yang diberikan mencakup pemahaman suicidal thought, faktor risiko, dukungan sosial, konflik teman sebaya, resiliensi, hingga strategi kampanye pencegahan. Peserta menghasilkan produk nyata berupa RPP/modul ajar bimbingan klasikal serta media kampanye kreatif yang dapat langsung diimplementasikan di sekolah. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam aspek pemahaman konseptual, keterampilan preventif, dan sikap proaktif peserta. Tingkat kehadiran dan partisipasi peserta rata-rata di atas 85%, dengan antusiasme tinggi baik pada tahap daring maupun luring. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu praktik, perbedaan kemampuan teknologi, dan gangguan jaringan internet. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil membekali guru BK dengan kompetensi preventif yang relevan terhadap kebutuhan nyata di sekolah. Ke depan, kegiatan serupa direkomendasikan untuk diperluas cakupannya ke guru mata pelajaran, wali kelas, dan orang tua, sehingga tercipta ekosistem sekolah yang lebih suportif terhadap kesehatan mental remaja.
Unduhan
Referensi
M. S. Gould, T. Greenberg, D. M. Velting, and D. Shaffer, “Youth suicide risk and preventive interventions: A review of the past 10 years,” J Am Acad Child Adolesc Psychiatry, vol. 42, no. 4, 2003, doi: 10.1097/01.CHI.0000046821.95464.CF.
A. H. Mokdad, M. H. Forouzanfar, and F. Daoud, “World Health Organization. Preventing suicide: a global imperative. Geneva: World Health Organization,” Am J Psychiatry, vol. 10, no. 7, 2016.
K. Bennett et al., “A youth suicide prevention plan for Canada: A systematic review of reviews,” 2015. doi: 10.1177/070674371506000603.
Y. I. Jayadi, F. Malappiang, and K. Utiya, “Pencegahan Bullying Pada Siswa Sd Inpres Balang-Balang,” PIRAMIDA?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, 2022.
M. E. Marraccini et al., “School Risk and Protective Factors of Suicide: A Cultural Model of Suicide Risk and Protective Factors in Schools,” School Psych Rev, vol. 51, no. 3, 2022, doi: 10.1080/2372966X.2020.1871305.
P. K. H. Mo, T. T. Ko, and M. Q. Xin, “School-based gatekeeper training programmes in enhancing gatekeepers’ cognitions and behaviours for adolescent suicide prevention: A systematic review,” 2018. doi: 10.1186/s13034-018-0233-4.
D. Dadun, R. M. H. Peters, W. H. van Brakel, J. G. F. Bunders, I. Irwanto, and B. J. Regeer, “Assessing the Impact of The Twin Track Socio-Economic Intervention on Reducing Leprosy-Related Stigma in Cirebon District, Indonesia,” Int J Environ Res Public Health, vol. 16, no. 3, 2019, doi: 10.3390/ijerph16030349.
S. I. Liljedahl, C. Hellner, A. Pettersson, and A. Ghaderi, “School-based self-harm prevention programs: A systematic review with implications for international implementation,” 2023. doi: 10.1111/sjop.12945.
Sri Ernawati, Ikbal Irawan, M. Fauzi, ST Sarah A, and Adelia Mariam F, “Penyuluhan Stop Bullying Dan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Dasar Negeri Panda,” ADM?: Jurnal Abdi Dosen dan Mahasiswa, vol. 1, no. 3, 2023, doi: 10.61930/jurnaladm.v1i3.337.
S. Divinubun, S. Mahaly, and Jumail, “Pelatihan Penggunaan DCM (Daftar Cek Masalah) Bagi Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengidentifikasi Masalah Siswa,” Jurnal Pustaka Mitra, vol. 1, no. 1, 2021.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sesya Dias Mumpuni, Mitta Kurniasari, Budi Astuti, Indriyana Rachmawati, Rizqi Lestari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.